Penerapan Information & Communication pada Pembelajaran TIK di Era Society 5.0 Terhadap Motivasi Siswa Kelas X SMA AL Mubarok Kota Serang

Ratna Suminar Suminar, Dewi Surani, Ade Fricticarani

Abstract


Abstrak.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi yang pesat pada era Society 5.0, baik dari sisi positif maupun negatif dalam penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Salah satu aspek yang menjadi fokus penelitian ini adalah kurangnya semangat dan motivasi belajar siswa kelas X di SMA Al Mubarok, Kota Serang, terutama dalam mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Para siswa belum sepenuhnya mengenal dan memahami perangkat lunak dan perangkat keras pembelajaran. Selain itu, adanya aturan larangan penggunaan handphone juga membuat siswa minim pengetahuan tentang Information & Communication Technology (ICT), sehingga penggunaan media pembelajaran masih bersifat konvensional. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif yang relatif mudah. Subyek penelitian adalah siswa di SMA Al Mubarok, Kota Serang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumentasi dan penyebaran angket atau kuesioner. Data hasil penelitian diolah menggunakan program statistik SPSS Versi 26. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash (X) berpengaruh secara signifikan sebesar 219% terhadap motivasi belajar siswa (Y), yang menandakan bahwa media pembelajaran tersebut berdampak positif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.

Kata kunci: Information & Communication Technology, Berbasis Macromedia Flash, Era Society 5.0, Motivasi Belajar Siswa.


Full Text:

PDF

References


Ade Fricticarani., H. A. (2023). Strategi Pendidikan Untuk Sukses di Era Teknologi 5.0 . Jurnal Inovasi Pendidikan dan Teknologi Informasi (JIPTI), 4(1), 56-68.

Frictricarani, A. (2023). "Strategi Pendidikan untuk Sukses di Era Society 5.0."

Idzhar, A. (2016). "Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa."

Indriyani, L. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kognitif Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA, 2(1).

Kartika, L. (2017). "Penerapan Media ICT dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Minat Belajar."

Nur, M. D. (2017). "Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran pada Hasil Belajar Sistem Komputer Kelas X SMA."

Pamungkas, R. V. (2020). Pengaruh E-Learning Berbasis Web terhadap Minat Belajar Anak Sekolah Dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2, 97-105.

Rubhan Masykur & Nofrizal. (2017). "Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash."

Ruhban Masykur., N. M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika.

Sabri, N. A. (2020). Fate of Antibiotics and Antibiotic Resistence Genes During Conventional and Additional Treatment Technologies in Wastewater Treatment Plants. Science of the Total Environment, 741, 140-199.

Sri Hardianti Sartika., D. D. (2018). Kompetensi Guru dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Melalui Kebiasaan Belajar Siswa. Jurnal Manajerial, 17(1), 39-51.

Sugito. (2022). "Transformasi Filosofi Pendidikan Islam pada Pondok Pesantren di Era Society 5.0."

Sulistia Wasni., S. H. (2022). Penerapan Media ICT dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Minat Siswa dalam Belajar Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNPM), 2(1).

Surani, D. (2022). "ICT Literacy and Self Directed Learning Through E-module."

Wardani., M. A. (2020). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis ICT Terhadap Pencapaian Hasil Belajar Sistem Komputer Siswa Kelas X SMK. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2), 99-106.




DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v11i3.11927

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Equilibrium: Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan:

Program Studi Pendidikan Sosiologi 
Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Muhammadiyah Makassar 
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259 
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id   

Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Lihat Statistik Saya