Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Membentuk Profil Peserta Didik sebagai Pelajar Pancasila di SMP Negeri 1 Kota Serang
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui bagaimana implementasI projek penguatan profil pelajar Pancasila dalam membentuk profil peserta didik sebagai pelajar Pancasila di SMP Negeri 1 Kota Serang. Metode yang digunakan adalah deskriptif melalui pendekatan kualitatif, dilakukanya pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Saat observasi berlangsung peran peneliti sebagai pengamat sehingga menjadi instrument kunci pada penelitian ini. Perihal wawancara, peneliti menentukan informan sebagai narasumber yang dianggap mengetahui hal yang dimaksud peneliti selama penelitian, informan yang telah ditentukan ialah Kepala Sekolah, Wakasek Kurikulum dan Kesiswaan, Guru sebagai Koordinator Projek dan Peserta didik kelas VII. .Analisis data yang dipergunakan yaitu reduksi data, selanjutnya penyajian data, terakhir menarik kesimpulan, keabsahan data yang diperoleh atas metode triangulasi data. Hasil yang ditemui dari penelitian ini adalah 1) Kegiatan projek yang berjalan sesuai dengan gambaran pelaksanaan P5 yang ditetapkan Kemendikbudristek, 2) Peserta didik yang terbentuk karakter pada dimensi Profil pelajar Pancasila tercermin pada perilaku peserta didik SMP Negeri 1 Kota Serang. 3) Dapat menghadapi tantangan yang ada dengan melakukan beberapa upaya yang tepat. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini bahwa SMP Negeri 1 Kota Serang sudah dengan baik dan sesuai harapan berdasarkan pada tujuan pendidikan dan pedoman untuk pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila.
Full Text:
PDFReferences
Arief S. Sadiman, dkk. (2012). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Arikunto, Suharsimi. (2014). Prosedur penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta
Creswell.W.John,(2013). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta:Perpustakaan Pelajar.
Ismet, Sulila. (2015). Implementasi Dimensi Layanan Publik Dalam Konteks
Otonomi Daerah. Yogyakarta: Deepublish.
Muchlas Samani & Hariyanto. (2011). Konsep dan
Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mona Adha, Muhammad. Dayu Rika Perdana. (2020). Pendidikan Pancasila. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Mulyasa. (2009). Implementasi Kurikulum Tingkat
Satuan Pendidikan (Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah). Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif, Untuk penelitian yang bersifat: eksploratif, enterpretatif, interaktif dan konstruktif. Bandung : Alfabeta
Umar, dkk. (2016). Pengembangan kurikulum
Pendidikan Agama Islam Transformatif. Yogyakarta: Deepublish.
Hadian T, dkk. Implementasi Project Based
Learning Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMAN 1 Kota Sukabumi. Vol. 11, No. 6, Desember 2022:1661.
Irfani. Pendidikan Karakter Melalui Pendekatan
Habituasi. Vol. 13, No. 1, Juni 2017:133.
Junaedi, Ifan. Proses Pembelajaran Yang Efektif.
Vol. 3, No. 2, Mei 2019:20.
Mery, dkk. Sinergi Peserta Didik dalam Proyek
Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Volume 6 Nomor 5, 2022.
Rachmawati Nugraheni, dkk. Projek Penguatan
Profil Pelajar Pancasila dalam Implementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Vol.6, No. 3 2022:3613-3625.
Rusnaini, dkk. Intensifikasi Profil Pelajar
Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Vol. 27, No. 2, Agustus 2021:230-249.
Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Tersedia pada http://kurikulum.kemendikbud.go.id. Diakses pada 22 Mei 2022.
Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kemendikbud. (2020). Kajian Pengembangan Profil Pelajar Pancasila Edisi 1. Tersedia pada http://repositori.kemdikbud.go.id/24971/. Diakses pada 16 Mei 2020.
Kemendikbud. (2021). Program Sekolah Penggerak tersedia pada
https://sekolah.penggerak.kemendikbud.go.id/programskolahpenggerak/. Diakses pada 15 Mei 2022.
Kemendikbud. (2022). Kurikulum Merdeka tersedia pada
https://ditpsd.kemendikbud.go.id/hal/kurikulum-merdeka. Diakses pada 15 Mei 2022.
Pembukaan Undang – Undang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945 Alinea ke – 4
Undang - Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang
Sistem Pendidikan Nasional.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
Nomor 22 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024.
Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan
Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 008/H/KR/2022 Tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka.
Keputusan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan,
Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor No.56/M/2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran.
DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v11i3.11360
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Equilibrium: Jurnal Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Diterbitkan:
Program Studi Pendidikan Sosiologi
Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Makassar
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id
Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .