Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Membentuk Profil Peserta Didik sebagai Pelajar Pancasila di SMP Negeri 1 Kota Serang

Setia Susanti Indriani, Ria Yuni Lestari, Ronni Juwandi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui bagaimana implementasI projek penguatan profil pelajar Pancasila dalam membentuk profil peserta didik sebagai pelajar Pancasila di SMP Negeri 1 Kota Serang.  Metode yang digunakan adalah deskriptif melalui pendekatan kualitatif, dilakukanya pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Saat observasi berlangsung peran peneliti sebagai pengamat sehingga menjadi instrument kunci pada penelitian ini. Perihal wawancara, peneliti menentukan informan sebagai narasumber yang dianggap mengetahui hal yang dimaksud peneliti selama penelitian, informan yang telah ditentukan ialah Kepala Sekolah, Wakasek Kurikulum dan Kesiswaan, Guru sebagai Koordinator Projek dan Peserta didik kelas VII. .Analisis data yang dipergunakan yaitu reduksi data, selanjutnya penyajian data, terakhir menarik kesimpulan, keabsahan data yang diperoleh atas metode triangulasi data. Hasil yang  ditemui dari penelitian ini adalah 1) Kegiatan projek yang berjalan sesuai dengan gambaran pelaksanaan P5 yang ditetapkan Kemendikbudristek, 2)  Peserta didik yang terbentuk karakter pada dimensi Profil pelajar Pancasila tercermin pada perilaku peserta didik SMP Negeri 1 Kota Serang. 3) Dapat menghadapi tantangan yang ada dengan melakukan beberapa upaya yang tepat. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini bahwa SMP Negeri 1 Kota Serang sudah dengan baik dan sesuai harapan berdasarkan pada tujuan pendidikan dan pedoman untuk pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila.


Full Text:

PDF

References


Arief S. Sadiman, dkk. (2012). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Arikunto, Suharsimi. (2014). Prosedur penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta

Creswell.W.John,(2013). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta:Perpustakaan Pelajar.

Ismet, Sulila. (2015). Implementasi Dimensi Layanan Publik Dalam Konteks

Otonomi Daerah. Yogyakarta: Deepublish.

Muchlas Samani & Hariyanto. (2011). Konsep dan

Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mona Adha, Muhammad. Dayu Rika Perdana. (2020). Pendidikan Pancasila. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Mulyasa. (2009). Implementasi Kurikulum Tingkat

Satuan Pendidikan (Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah). Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif, Untuk penelitian yang bersifat: eksploratif, enterpretatif, interaktif dan konstruktif. Bandung : Alfabeta

Umar, dkk. (2016). Pengembangan kurikulum

Pendidikan Agama Islam Transformatif. Yogyakarta: Deepublish.

Hadian T, dkk. Implementasi Project Based

Learning Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMAN 1 Kota Sukabumi. Vol. 11, No. 6, Desember 2022:1661.

Irfani. Pendidikan Karakter Melalui Pendekatan

Habituasi. Vol. 13, No. 1, Juni 2017:133.

Junaedi, Ifan. Proses Pembelajaran Yang Efektif.

Vol. 3, No. 2, Mei 2019:20.

Mery, dkk. Sinergi Peserta Didik dalam Proyek

Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Volume 6 Nomor 5, 2022.

Rachmawati Nugraheni, dkk. Projek Penguatan

Profil Pelajar Pancasila dalam Implementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Vol.6, No. 3 2022:3613-3625.

Rusnaini, dkk. Intensifikasi Profil Pelajar

Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Vol. 27, No. 2, Agustus 2021:230-249.

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Tersedia pada http://kurikulum.kemendikbud.go.id. Diakses pada 22 Mei 2022.

Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kemendikbud. (2020). Kajian Pengembangan Profil Pelajar Pancasila Edisi 1. Tersedia pada http://repositori.kemdikbud.go.id/24971/. Diakses pada 16 Mei 2020.

Kemendikbud. (2021). Program Sekolah Penggerak tersedia pada

https://sekolah.penggerak.kemendikbud.go.id/programskolahpenggerak/. Diakses pada 15 Mei 2022.

Kemendikbud. (2022). Kurikulum Merdeka tersedia pada

https://ditpsd.kemendikbud.go.id/hal/kurikulum-merdeka. Diakses pada 15 Mei 2022.

Pembukaan Undang – Undang Dasar Negara

Republik Indonesia Tahun 1945 Alinea ke – 4

Undang - Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang

Sistem Pendidikan Nasional.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan

Nomor 22 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024.

Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan

Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 008/H/KR/2022 Tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka.

Keputusan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan,

Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor No.56/M/2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran.




DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v11i3.11360

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Equilibrium: Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan:

Program Studi Pendidikan Sosiologi 
Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Muhammadiyah Makassar 
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259 
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id   

Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Lihat Statistik Saya