Strategi Pengembangan Desa Wisata di Desa Cikolelet Kecamatan Cinangka Kabupaten Serang Banten

Siti Aminah, Herlina Siregar, Nandang Faturohman

Abstract


Di Desa Cikolelet, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang, Banten, penelitian ini berupaya memaparkan rencana pembentukan desa wisata. Strategi yang digunakan adalah strategi kualitatif yang menggunakan teknik deskriptif. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Dalam penelitian ini pengelola desa wisata berperan sebagai informan. Temuan studi menunjukkan bahwa pengembangan desa wisata Desa Cikolelet akan melibatkan fasilitas, aksesibilitas, dan atraksi; komunitas dan industri; sumber daya manusia; merek; dan menjual. Namun, penerapan strategi tersebut belum seefektif atau semenarik kampanye iklan untuk promosi saat ini, di mana Desa Cikolelet lebih banyak menggunakan media sosial. 

Keywords


Strategi, Desa Wisata, Cikolelet

Full Text:

PDF

References


Chaerunissa, S. F., & Yuniningsih, T. (2020). Analisis Komponen Pengembangan Pariwisata Desa Wisata Wonolopo Kota Semarang. Journal of Public Policy and Management Review, 9(4), 159-175.

Fitroh, S. K. A., Hamid, D., & Hakim, L. (2017). Pengaruh Atraksi Wisata dan Motivasi Wisatawan Terhadap Keputusan Berkunjung (Survei pada Pengunjung Wisata Alam Kawah Ijen). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 42(2).

Imaduddin, H. (2020). Persepsi Dan Preferensi Pengunjung Desa Wisata Cibuntu Kecamatan Pasawahan Kabupaten Kuningan (Doctoral dissertation, Univesitas Komputer Indonesia).

Jurnal, C. A. R. E., & Rahma, N. A. A. R. (2021). Kemampuan Masyarakat Dalam Mengungkap Potensi Desa (Sebuah Aksi Partisipatoris Dalam Perencanaan Desa Wisata Di Desa Tritik, Nganjuk). Jurnal Resolusi Konflik, CSR dan Pemberdayaan (CARE), 6(1), 82-90.

Krisnawati, I. (2021). Program Pengembangan Desa Wisata Sebagai Wujud Kebijakan Pemerintah Dalam Rangka Pemulihan Ekonomi Pasca Covid dan Implementasinya. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi, 4(2), 211-221.

Kusumastuti, R. (2020). Pengaruh Keberadaan Desa Wisata Terhadap Kesejahteraan Pelaku Usaha (Studi Empiris Pada Desa Wisata Di Kabupaten Ponorogo) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Ponorogo).

Nurhayati. (2018). Strategi Promosi Desa Wisata Kampung Badud oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran. Jurnal Unigal. Vol 5 No 4 Tahun 2018.

Putri, N. E., Silfeni, S., & Ferdian, F. (2018). Strategi Promosi Melalui Media Periklanan Desa Wisata Kubu Gadang Kota Padang Panjang. Jurnal Pendidikan Dan Keluarga, 9(2), 113-121.

Riskiyanto, M. (2021). Strategi Branding Desa wisata Kemiri, Kecamatan Panti, Kabupaten Jember (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember).




DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v11i3.11332

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Equilibrium: Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan:

Program Studi Pendidikan Sosiologi 
Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Muhammadiyah Makassar 
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259 
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id   

Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Lihat Statistik Saya