Peran Ganda Perempuan (Studi Pada Pedagang Kaki Lima di Laman Boenda Kota Tanjungpinang)

Desmayeti Arfa, Endri Bagus Prastiyo, Desrian Effendi, Novtianti Ramadhani

Abstract


Abstract: The women's double burden has become a very familiar phenomenon in today's era. Many women carry a double burden and we can find it in everyday life. We know that as social construction thrives in our society, married women will stay at home for a long time. However, in contrast to current developments, the economic needs that women must meet, require them to participate in the world of work. The women's double burden is found in married women, not only they have to take care of the household but also they have to work too. The women's double burden to carry are domestic roles and public roles. The purpose of this research is to know the women's double burden who are working and also being a housewife. This research has five informants who became the object of this research using qualitative descriptive with the focus of the research are the domestic and public role. The data sources used are primary data and secondary data sources using data collection  techniques carried out by passive participation observations, interviews, and documentation. After the data is collected, an analysis is carried out to obtain conclutions in testing the validity of the data. The result of this research is that women's double burden is not optimal. This can be seen from the domestic roles that are played in public, bringing the children while doing the public role. Mothers who work cannot be optimal in educating their children because it is out from the domestic role. The advice that can be given are women who have double burden must pay attention to their heallth for themself and for their children, especially from the strong nigh- wind of the sea. Working mothers must also be able to divide their time so that the double burden they carry can run optimally.

Abstrak: Peran ganda perempuan menjadi fenomena yang sangat tidak asing di zaman sekarang, banyaknya perempuan yang mengemban peran ganda di dalam kesehariannya yang bisa kita jumpai dimana saja. Kita tahu sendiri bahwa di dalam konstruksi sosial yang berkembang di masyarakat, seorang perempuan saat sudah menikah akan menghabiskan waktunya di rumah. Namun berbeda dengan perkembangan sekarang, kebutuhan ekonomi yang harus dipenuhi membuat banyak perempuan mengemban peran ganda dengan berpartisipasi dalam dunia kerja. Peran ganda perempuan terdapat pada seorang perempuan yang telah menikah menjadi istri atau ibu rumah tangga yang tidak hanya mengerjakan pekerjaan rumah tangga saja, tetapi juga bekerja di luar rumah. Peran ganda yang dimainkan meliputi peran domestik dan peran publik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peran ganda perempuan yang bekerja sebagai pedagang kaki lima dan sebagai seorang istri juga ibu rumah tangga. Penelitian ini memiliki 5 informan yang menjadi objek penelitian yang menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan fokus penelitian yaitu peran domestik dan peran publik. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi partisipasi pasif, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian dilakukan analisis untuk mendapatkan kesimpulan dalam menguji keabsahan data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran ganda yang dimainkan oleh pedagang kaki lima perempuan belum berjalan dengan optimal. Hal ini bisa dilihat dengan adanya peran domestik yang dimainkan diranah publik dengan membawa anak saat berdagang. Ibu yang bekerja tentu saja tidak bisa optimal dalam mendidik anak sehingga keluar dari ranahnya yang seharusnya mendidik anak di ranah domestik. Adapun saran yang dapat diberikan sehubungan dengan penelitian ini yaitu seorang perempuan yang memiliki peran ganda sekaligus ini harus bisa memperhatikan dan menjaga kesehatan baik untuk dirinya maupun anaknya terlebih lagi kuatnya angin malam dan angin dari laut yang berhembus. Ibu yang bekerja juga harus bisa membagi waktu dengan baik agar kedua peran yang diemban bisa berjalan dengan maksimal.

 

Keywords


double burden; women; merchants

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Adryanto, M. (1998). Psikologi Sosial. Jakarta: Erlangga.

Dalimoenthe, I. (2021). Sosiologi Gender. Jakarta Timur: PT Bumi Aksara.

Khairuddin. (2008). Sosiologi Keluarga. Yogyakarta: Liberty Yogyakarta.

Merinawati. (2018). Peran Ganda Perempuan (Studi Pada Dosen Stisipol Raja Haji Tanjungpinang). Skripsi: Stisipol Raja Haji Tanjungpinang.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2013). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

Relawati, R. (2011). Konsep dan Aplikasi Penelitian Gender. Bandung: CV. Muara Indah.

Sihite, R. (2007). Perepmpuan Kesetaraan dan Keadilan. Jakarta: PT RajaGrafindoa Persada.

Soekanto, S. (2005). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Soekanto, S. (2009). Sosiologi Keluarga. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kulaitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Winarni, E. W. (2018). Penelitian KUantitatif Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Yuliana. (2017). Peran Ganda Perempuan Dalam Meningkatkan Ekonomi Keluarga (Studi Kasus Buruh Pabrik di Takalar PTP Nusantara XIV Gula). Skripsi: Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Yuliana. (2018). Peran Ganda Perempuan (Studi Kasus Kajian Sosiologi Gender Masyarakat Bontobahari Kabupaten Bulukumba). Skripsi: Universitas Muhammadiyah Makassar.




DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v11i2.11149

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Equilibrium: Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan:

Program Studi Pendidikan Sosiologi 
Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Muhammadiyah Makassar 
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259 
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id   

Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Lihat Statistik Saya