Menapaki Jejak Karakteristik Sosial Kultural Basis Sasaran Transmigrasi

Ashari Ismail

Abstract


Abstrak

Penelitian  ini  berupaya mengurai   jejak karakteristik sosiokultural  komunitas transmigran, saat awal program transmigrasi dicanangkan pada  salah satu daerah transmigrasi. Riset ini  adalah bagian urgen,  untuk memahami “relevansi” antara kebijakan pemerintah yang bersifat top down, dengan kesiapan komunitas transmigran dalam menerima dan melakukan pesan-pesan pembangunan transmigrasi. Penelitian mengambil setting riset pada komunitas Baras Sembilan, Mamuju Sulawesi Barat. Problem pokok riset ini,  tentang jejak  karakteristik sosial  kultural, lingkungan sosial (termasuk lingkungan fisik) komunitas Baras Sembilan, sebagai lokasi sasaran transmigran, dalam melihat terwujudnya transmigran yang berdayaguna dan sesuai dengan misi pembangunan.  Riset  ini menggunakan  penelitian kualitatif  deskriptif, ditunjang  dengan pendekatan historis.   Hasil riset    menunjukan bahwa karakteristik sosial kultural (termasuk fisik) komunitas Baras Sembilan, adalah pemukiman yang yang disetting dengan kondisi yang  terpencil, yang berjarak sekitar 19 Km, dari Bambaloka, dan jarak dari Mamuju sekitar lebih 270 km. Pemukiman Baras  Sembilan adalah lokasi trasmigran yang datar, bukan daerah ketinggian, yang amat cocok dengan perkebunan sawit. Canangan transmigran secara top down  dengan multi etnik  dan multi agama. Respon komunitas transmigran dengan canangan pembangunan secara top down adalah melakoni kehidupan para transmigran dengan bersinergi  dengan melakukan aktivitas yang berdayaguna, dan penuh kerukunan dalam pergaulan sesama para transmigran dan masyarakat lokal.Sinkronisasi antara pembangunan secara topdown dan botton up, cukup nampak,  dan sesuai dengan misi pembangunan transmigran, walaupun yang masih ada problematik kemasyarakatan yang perlu dibeinahi, demi terciptanya “masyarakat transmigran” yang berdaya guna.


Keywords


Characteristics; Social; Culture; Transmigration

Full Text:

PDF

References


Abidin Az., 2020. Waris Masyarakat Transmigrasi Di Kampung Arso Vii Kabupaten Keerom Propinsi Papua Perspektif Hukum Waris Islam Al-Syakhshiyyah: Jurnal Hukum Keluarga Islam dan Kemanusiaan Al-Syakhshiyyah: Jurnal Hukum Keluarga Islam Dan Kemanusiaan 2 (2).

Adhyn, A., Achmad, & Nurwanto, Rn (2019) . Intervensi Sosial Terhadap Pengembangan Masyarakat Lokal Di Daerah Transmigrasi Desa Topoyo . Jurnal Public Policy 5 (2).

Aldianto, R., (2015) Kesetaraan Gender Masyarakat Transmigrasi Etnis Jawa., Jurnal Equilibrium Pendidikan Sosiologi 3 (1)

Asrianti, N., Syamsuri. 2022. Penyuluhan Penguatan Kewirausahaan Pelaku Umkm Kelompok Himpunan Wirausaha Transmigrasi (Hw-Trans) Di Kecamatan Rasau Jaya . Jurnal Pengabdian 7 (2).

Budianto, A.,( 2020). Ketegangan Sosial Di Lampung Akibat ProgramTransmigrasi Di Era 1950. Jurnal Candi 20 (1).

Firmansyah, A., Superman., & Bayuardi., G. (2018) Pengalaman Transmigrasi Di Indonesia (Studi Di Desa Olak-Olak, Kecamatan Kubu, Kabupaten Kubu Raya) . Jurnal Historia 6 (2).

Fitriani, R., & Khairulyadi. (2019). Mobilitas Sosial Pada Keluarga Transmigrasi (Studi Deskriptif Kuantitatif di Kecamatan Singkohor Kabupaten Aceh Singkil) . Jurnal Mahasiswa FISIP Unsyiah 4 (2)

Herwangi, Y., Husin., M. (2018) Analisis Perubahan Penggunaan Lahan di Kawasan Perdesaan Eks Transmigrasi Kecamatan Wasile Kabupaten Halmahera Timur Jurnal Planoearth PWK FT UMMat 3 (2). p 72-77

Khoriyah, F., Fahri., A., Dan Bramantio, B. (2019). Sejarah Toponimi Daerah Transmigrasi Provinsi Lampung Melalui Tuturan Tradisi Lisan . Jurnal Agastya 9 (2).

Kohar, W., & Hasan., Y., (2018). Islam Transmigran: Studi Integrasi Budaya Masyarakat Transmigrasi di Sumatera Barat. Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam 9 (1)

Putra, P., (2019). Strategi Dan Bentuk-Bentuk Informasi Transmigrasi Pada Masa Orde Baru Dalam Rangka Mensukseskan Program Pembangunan Nasional. Jurnal Kepustakaan 35 (2).




DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v11i2.10849

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Equilibrium: Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan:

Program Studi Pendidikan Sosiologi 
Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Muhammadiyah Makassar 
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259 
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id   

Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Lihat Statistik Saya