Peran Sukarelawan Terhadap Anak Putus Sekolah di Kecamatan Pattallassang Kabupaten Gowa

Haeruddin Haeruddin, Muh Ilham, Mujizatullah Mujizatullah, Nur Inayati Saiful, Karina Arfany Arfah

Abstract


Studi ini mendiskripsikan peran sukarelawan terhadap anak putus sekolah di Kecamatan Pattallassang Kabupaten Gowa. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dalam menjelaskan secara komprehensif peran sukarelawan dengan mengambil lokasi penelitian di Kecamatan Patallassang. Data yang digunaka oleh peneliti adalah data primer dan data sekunder dan tekni yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) peran sukarelawan sangat membantu bagi anak yang putus sekolah dengan memberi pengetahuan, pemahaman untuk tidak melakukan tindak kejahatan karena ketika malakukannya anak putus sekolah akan bermasalah dengan hukum. 2) Sukarelawan berkoordinasi dengan pemerintah setempat agar nantinya jika menemukan masalah dalam hal pembinaan, pihak pemerintah juga dapat membantu baik itu bantuan materi ataupun bantuan tenaga dalam hal pembinaan anak putus sekolah. 3) Sukarelawan memberikan pembinaan psikologi untuk menumbuhkan rasa percaya diri bagi anak-anak yang putus sekolah. Karena anak-anak yang tidak terdaftar secara resmi di sekolah formal, setiap harinya mereka hanya bekerja. 4) Sukarelawan melakukan pembinaan kepada anak putus sekolah dengan mengadakan berbagai kegiatan positif. 

Keywords


Peran, Sukarelawan, Anak Putus Sekolah

Full Text:

PDF

References


Abidin, Zainal, Prodi Pendidikan, Luar Sekolah, and Universitas Muhammadiyah Kendari. 2021. “Pendidikan Non - Formal : Pembinaan Anak Peranan Keluarga Dalam.” Jurnal Ilmu Manajemen Sosial Humaniora (JIMSH) 3: 10–23.

Arsita, Elmi, Syafruddin Syafruddin, and Muhammad Ilyas. 2022. “Anak Putus Sekolah (Studi Di Masyarakat Desa Seteluk Kabupaten Sumbawa Barat).” Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman 9(1): 43–48.

Barus, Yuda Perkasa. 2023. “Kegiatan Anak Putus Sekolah Di Kampung Maredan Barat Kecamatan Tualang Kabupaten Siak.” Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal 5: 2490–96.

Deswita, Yolania, and Desri Nora. 2022. “Faktor Penyebab Anak Putus Sekolah Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Perspektif 5(2): 257–66.

Faizin, Moh et al. 2023. “Tujuan Pendidikan Perspektif Ibn Miskawaih Moh.” Equilibrium : Jurnal Pendidikan 1(April): 122–31. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/equilibrium/index.

Himayati, Himayati, and Muhammad Agus Hardiansyah. 2022. “Faktor Penyebab Anak Putus Sekolah Di Desa Pontang Kecamatan Pontang Kabupaten Serang Provinsi Banten.” Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora 13(2): 322.

Pandu, Kristian Trikurnianto, Aminuyati Aminuyati, and Thomy Sastra Atmaja. 2022. “Analisis Faktor Penyebab Anak Putus Sekolah Jenjang Sekolah Menengah Pertama Di Desa Maju Karya Kecamatan Parindu Kabupaten Sanggau.” Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora 13(2): 543.

Pratiwi, Endah Puspa, and Budhi Wibhawa. 2015. “Pengembangan Pendidikan Non Formal Melalui Program Keaksaraan Fungsional Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat.” Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat 2(2): 169–74.

Ririk, Ririk, Lilianti Lilianti, and Mujiati Mujiati. 2022. “Faktor-Faktor Yang Menyebabkan Anak Putus Sekolah Di SD Negeri Saponda Kecamatan Soropia Kabupaten Konawe.” Jurnal Pendidikan dan Pengajaran (JPP) 2(2): 112–22.

Sazali, Sazali, and Heru Dian Setiawan. 2022. “Pemberdayaan Terprogram Anak Terlantar Putus Sekolah Di Rumah Yatim Al Abqo Aziyadah Depok.” Populis : Jurnal Sosial dan Humaniora 7(1): 126.

Yahya, Hadiyanto, Nofik Afriko,. 2022. “Perekonomian Penyebab Anak Putus Sekolah.” Education Achievement: Journal of Science and Research 3(2): 69–83.

Yusrianto Sholeh, R. Zaiful Arief, and Romiftahul Ulum. 2022. “Analisis Faktor-Faktor Penyebab Anak Putus Sekolah Pada MA Al Mukhlisin Di Desa Kampao Kecamatan Blega Kabupaten Bangkalan.” PACIVIC: Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 2(1): 178–92.




DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v11i3.10795

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Equilibrium: Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan:

Program Studi Pendidikan Sosiologi 
Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Muhammadiyah Makassar 
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259 
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id   

Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Lihat Statistik Saya