Iklan Televisi dan Perubahan Sosial Budaya Masyarakat Gunung Perak Kecamatan Sinjai Barat Kabupaten Sinjai
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menjelaskan faktor yang menyebabkan iklan televisi dalam mendorong perubahan sosial budaya masyarakat Gunung Perak Kecamatan Sinjai Barat. (2) Mediskripsikan bentuk-bentuk perubahan yang ditimbulkan oleh iklan televisi pada kehidupan sosial budaya masyarakat Gunung Perak Kecamatan Sinjai Barat Kabupaten Sinjai. Jenis penelitian ini adalah peenelitian kualitatif tipe deskrifitif dengan pendekatan fenomologi, penentuan informan dilakukan dengan tehnik purposive sampling. Dengan lokasi penelitian di Desa Gunung Perak Sinjai Barat. Informan dalam penelitian ini terdiri dari lima orang tua, dua remaja, dan satu tokoh masyarakat. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) faktor yang menyebabkan Iklan televisi mendorong perubahan sosial budaya masyarakat Gunung Perak disebabkan karena iklan televisi mempunyai karakteristik khusus, tingakat pendidikan (pengetahuan) yang masih rendah, budaya masyarakat gunung perak yang masih bersifat tradisional, iklan televisi sebagai sumber inspirasi dan media pembelajaran. (2) Bentuk perubahan sosial budaya yang disebabkan oleh iklan televisi perubahan dalam bahasa, gaya hidup, perubahan pola kepercayaan dan perkembangan pengetahuan, pergeseran pola tingkah laku, masyarakat cenderung bersikap konsumeristik dan serba instan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agussalim, A. M. 2004. Perspektif Sosiologi dalam Konteks Ilmu Sosial.
Arikonto, S. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: RinekaCipta
Baudrillard, Jean. 2006. Masyarakat Konsumsi. Jogjakarta : KreasiWacana
Berger, Peter, 1963. Invitation to Sociology, A Humanistic Perspective, Garden City, Doubleday,
Bungin, Burhan. 2008. Kontruksi Sosial Media Massa. Kencana Perdana Media Grup.
Bungin, B. 2007. Penelitian kualitatif: komunikasi, Ekonomi, kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Prenada Media Group.
Darwanto,2007. Televisi sebagai media pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Koentjaraningrat. 2000. Kebudayan Mentalitas dan Pembangunan. Jakarta: Gramedia.
Kuswandi, Wawan. 2008. Komunikasi Massa: Analisis Interaktif Budaya Massa. Jakarta: Rineka Cipta.
Soekanto, Soerjono. 2012. Sosiologi suatu Pengantar. Jakarta: P.T.Raja Grafindo.
Sugiyono. 2012. Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R &D. Bandung: Alfabetha
Sztompka, P. 2005 perubahan sosial budaya Kencana Jakarta
DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v11i2.10782
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Equilibrium: Jurnal Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Diterbitkan:
Program Studi Pendidikan Sosiologi
Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Makassar
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id
Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .