Analisis Manajemen Sumberdaya Manusia Pendidikan Tinggi Berskala Kecil (Studi Kasus pada Sebuah Akademi Optometry di Jakarta)

Karla Sasia, Karla Sasia, Ferry Doringin

Abstract


Manajemen sumber daya manusia yang efektif sangat penting untuk setiap organisasi, dan ini sangat penting dalam pendidikan tinggi. Hal ini karena manajemen sumber daya manusia tidak hanya menunjukkan kualitas dan prestasi lembaga, tetapi juga memainkan peran yang menentukan dalam menghasilkan lulusan yang berilmu dan berketerampilan tinggi. Namun, institusi pendidikan skala kecil seringkali mengabaikan aspek ini. Untuk mengatasi masalah ini, studi kasus kualitatif dilakukan di Akademi Optometri skala kecil. Kajian ini bertujuan untuk menganalisis kecukupan dan tingkat kompetensi sumber daya manusia utama akademi (yaitu dosen), mengidentifikasi proses pengembangan sumber daya manusia yang ada, dan menganalisis kendala yang dihadapi lembaga. Kajian menemukan bahwa Akademi A cukup memperhatikan bidang SDM, memiliki dosen yang berkompeten (meski dalam jumlah terbatas), melakukan proses pengembangan kompetensi dosen (termasuk memberikan studi lanjutan), dan mampu menganalisis kendala pengembangan. Studi kasus ini memberikan wawasan berharga bagi institusi, peneliti, dan dosen tentang kebutuhan mendesak untuk mengembangkan sumber daya manusia pendidikan tinggi, terlepas dari ukuran institusi.


Keywords


Manajemen sumberdaya manusia, pendidikan tinggi, kompetensi, dosen

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. (2003). Undang-undang no. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. (2008). Permendiknas No.16 tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi dan Kompetensi Guru. Jakarta: Depdiknas.

Dessler, G. (2015). Dessler, G. (2015). Manajemen sumber daya manusia. Jakarta: Imprint.

Doringin, F., Prihanto, J. N., Dika, L. W., & Tarigan, N. M. (2020). Mengevaluasi Tata Kelola Lembaga Pendidikan Menggunakan Konsep Total Quality Management. Jurnal Humanipreneur, 1(1), 36–42.

Handoko, H. T. (2012). Manajemen Personalia & Sumberdaya Manusia. Yogyakarta: BPFE.

Hasibuan, M. S. (2016). Manajemen sumber daya manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Kemendikbud. (2016). Permendikbud No 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. 1–30. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Oey-Gardiner, M., Rahayu, S. I., Abdullah, M. A., Effendi, S., Darma, Y., Dartanto, T., & Aruan, C. D. D. P. A.-1. pdfaniel. D. (2017). ERA DISRUPSI: Peluang dan Tantangan Pendidikan Tinggi Indonesia. Retrieved from https://www.aipi.or.id/index.php?pg=detilpublikasi&pid=67&type=2#reserach-tool-tab

Priyono, P., & Darma, U. B. (2016). BUKU MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA ( 2 ).

Rivai, & Sagala, E. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Jakarta: Rajawali Press.

Setiaji, B., & Dinata, P. A. C. (2020). Analisis kesiapan mahasiswa jurusan pendidikan fisika menggunakan e-learning dalam situasi pandemi Covid-19. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 6(1), 59–70. https://doi.org/10.21831/jipi.v6i1.31562

Sumarni. (2018). Peran Dan Fungsi Yayasan Dalam Pengelolaan Pendidikan Madrasah. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 16(2), 218–231. https://doi.org/10.32729/edukasi.v16i2.490

Sunardi, S., & Doringin, F. (2020). The 4Cs Learning Model in Teacher Professional Development Program. Humaniora, 11(2), 151–157. https://doi.org/10.21512/humaniora.v11i2.6508

Suparyadi, H. (2015). MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA MSDM Menciptakan Keunggulan Bersaing Berbasis Kompetensi SDM. Yogyakarta: Andi.

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto. (2016). Transformasi pendidikan abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016, 1, 263–278. https://doi.org/ISSN 2528-259X

Yin, R. K. (2014). Case study research: Design and methods (5th ed.). California: Sage.




DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v11i3.10670

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Equilibrium: Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan:

Program Studi Pendidikan Sosiologi 
Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Muhammadiyah Makassar 
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259 
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id   

Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Lihat Statistik Saya