Eksistensi Pak Ogah Pada Ruang Publik Jalan Raya di Kota Makassar

Sopian Tamrin, Musfira Putri Irawan, Najamuddin Najamuddin, Arisnawawi Arisnawawi

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya Pak Ogah bermunculan di ruang publik jalan raya kota Makassar.  Mereka memiliki latar usia yang beragam, mulai dari kalangan anak-anak, remaja, dewasa hingga orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana eksistensinya di tengah ruang publik jalan raya di Kota Makassar. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Informan penelitian terdiri dari Pak Ogah pada beberapa titik di kota Makassar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan ruang publik jalan raya adalah pilihan eksistensi paling memungkinkan bagi pak ogah. Fenomena pak ogah juga menunjukkan masalah kelas bawah pada masyarakat perkotaan. Pak ogah sebagai pekerjaan yang cukup bersahabt dengan masyarakat kelas bawah  karena tidak memerlukan kualifikasi pendidikan yang tinggi, tidak membutuhkan keahlian yang khusus, dan dapat dilakukan dengan waktu yang longgar. Jalan raya sebagai ruang publik dipahami sebagai arena dimana mereka bisa mendapatkan penghidupan sekaligus mengekspresikan eksistensi dan aktualisasinya. Fenomena ini merupakan satu pertarungan eksistensi sekaligus bentuk ekspresi atas minimnya ruang publik yang ada di kota makassar.


Keywords


Eksistensi; Pak Ogah; Ruang Publik.

Full Text:

PDF

References


Arisnawawi. (2018). Kelas Lantas Pak Ogah untuk Lalu Lintas Makassar 2 x + v (Dua Kali Tambah Baik). Penalaran UNM.

Asrahmaulyana, A., Qarina, Q., & Edison, L. E. (2020). Kerugian Ekonomi Akibat Kemacetan Lalu Lintas Terhadap Masyarakat Muslim Yang Bermukim Di Kota Makassar. Jurnal Iqtisaduna, 6(2), 157–166.

Bourdieu, P. (1990). The Logic of Practice. Stanford University Press.

Creswell, J. W. (2017). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Pustaka Pelajar.

Dewi, R. P. (2019). Studi Kasus-Metode Penelitian Kualitatif. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Sorong.

Hajerni. (2015). PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KEBERADAAN PAK OGAH (STUDI PENELITIAN KEL.GUNUNG SARI KEC. RAPPOCINI KOTA MAKASSAR). Universitas Muhammadiyah Makassar.

Kartika, D., & Ramli, A. (2019). Analisis Premanisme Lalu Lintas di Kota Makassar. Jurnal Borneo Administrator, 15(2), 167–176.

Kurniawan, T. Y. (2017). Jumlah Kendaraan Bermotor di Makassar Tembus 1,46 Juta Unit. Warta Ekonomi. https://wartaekonomi.co.id/read148010/jumlah-kendaraan-bermotor-di-makassar-tembus-146-juta-unit

Lefebvre, H. (1991). The Production of Space. Blackwell University.

Lincoln, S. A. (1995). Metodologi Penelitian Untuk Ekonomi dan Bisnis. UPP AMPYKPN.

Lukra, I. A. H., & Eriyanti, F. (2019). Efektivitas Penertiban Aksi Pak Ogah Di Jalan Raya Oleh Satuan Polisi Pamong Praja Kota Padang. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 1(3), 464–472.

Marzuki, R. (2022). 1,7 Juta Kendaraan di Makassar, Penduduknya 1,5 Juta. Fajar. https://harian.fajar.co.id/2022/03/21/17-juta-kendaraan-di-makassar-penduduknya-15-juta/

Musthain. (2020). Jumlah Kendaraan Berlebih Biang Macet di Makassar. Makassar Metro. https://makassarmetro.com/2020/03/05/jumlah-kendaraan-berlebih-biang-macet-di-makassar

Nursalam, & Akhir, M. (2015). Persepsi Masyarakat Terhadap Eksistensi Pak Ogah. Jurnal Equilibrium Pendidikan Sosiologi, 3(2).

Rahardjo, M. (2017). Studi kasus dalam penelitian kualitatif: konsep dan prosedurnya.

Sari, N. H., Natsir, M., & Nur, M. (2020). Analisis Sosiologis tentang Praktik Premanisme Lalu Lintas di Kota Makassa. Jurnal Sosiologi Nusantara, 5(1), 29–41.

Sayidah, N. (2018). Metodologi Penelitian. Disertai dengan Contoh Penerapannya dalam Penelitian. Zifatama Jawara.

Siddiq, R., & Ashad, H. (2022). Kajian Biaya Tarif Penumpang dan Operasional Kendaraan terhadap Minat Masyarakat Menggunakan Bus Mamminasata di Kota Makassar. Jurnal Konstruksi: Teknik, Infrastruktur Dan Sains, 1(9), 12–23.

St Maryam, H., & Said, L. B. (2021). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kemacetan Persimpangan Jalan di Kota Makassar. Jurnal Flyover, 1(1), 41–49.

Stake, R. (1995). The Art Of Case Study Research. CA: Sage.

Yin, R. K. (2009). Case study research: Design and methods. CA: Sage.




DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v11i2.10619

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Equilibrium: Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan:

Program Studi Pendidikan Sosiologi 
Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Muhammadiyah Makassar 
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259 
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id   

Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Lihat Statistik Saya