Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Moodle terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran PPKn

Putri Sindiani, Ratna Sari Dewi, Febrian Alwan Bahrudin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh media pembelajaran Moodleterhadap hasil belajar peserta didik . Penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Kota Serang dengan menggunakan metode korelasional, pendekatan kuantitatif serta pengambilan sampel dengan mengadopsi teknik proportional random sampling . Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket untuk media pembelajaran Moodle dan tes untuk hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Teknik korelasi yang digunakan yaitu rank spearman . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: terdapat pengaruh yang signifikan antara media pembelajaran Moodle dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaranPendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dengan nilai sig. ( 2 tailed ) 0,000 < 0,05 dan hasil Coefficient Correlations 0,945 > 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahawa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran Moodle terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran P endidikan Pancasila dan Kewarganegaran

Keywords


Media Pembelajaran, Moodle, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Anisa, N., & Edriati, S. (2023). PENGEMBANGAN PLATFORM LEARNING MANAGEMENT SYSTEM ( LMS ) BERBASIS MOODLE PADA SMK NEGERI 1 RAO SELATAN. 6, 17–23.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (14th ed.). PT Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada.

Audie, N. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 589–590.

Gormantara, A., Tungadi, A. L., & Carolus, R. Y. (2023). Pengembangan Sistem E-Learning Berbasis Moodle. 10(1), 109–116. https://doi.org/10.30865/jurikom.v10i1.5527

Hakim, A. R. (2018). Pengembangan E-Learning Berbasis Moodle sebagai Media Pengelolaan Pembelajaran. Jurnal Penelitian Islam, 2(12), 167–183.

Junuarti, N., Bahari, Y., & Riva’ie, W. (2016). Faktor Penyebab Menurunnya Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sosiologi Di Sma. Laboratorium Penelitian Dan Pengembangan FARMAKA TROPIS Fakultas Farmasi Universitas Mualawarman, Samarinda, Kalimantan Timur, April, 5–24.

Muslimah, T., & Fauziah, M. N. (2021). PENSA E-JURNAL : PENDIDIKAN SAINS. 9(2), 234–241.

Nurrita. (2018). Kata Kunci : Media Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 03, 171–187.

Oktaviani, R., Legiani, W. H., & Bahrudin, F. A. (2022). Pengaruh Media Quizizz terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran PPKn. Journal of Civic Education, 5(3), 310–319. https://doi.org/10.24036/jce.v5i3.742

Pratiwi, I. T. M., & Meilani, R. I. (2018). Peran Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2), 33. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11762

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1707–1715.

Rahman, A., & I Nyoman, J. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 32. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.27049

Rusman. (2011). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Mengembangkan Profesionalitas Guru. Rajawali Pers.

Rusmana, Martha, I., & Isnaningrum, I. (2016). Efektivitas Penggunaan Media Ict Dalam. Jurnal Formatif, 2(3), 198–205.

Setiawan, B. (2015). Teknik Praktis Analisis Data Penelitian Sosial & Bisnis dengan SPSS. CV Andi Offset.

Setyorini Ririn. (2015). Pengembangan ICT dalam Pembelajaran Pemanfaatan Internet sebagai Implementasi ICT Pengembangan ICT dalam Pembelajaran. Pengembangan ICT Dalam Pembelajaran, 1(November), 89–101. https://media.neliti.com/media/publications/171819-ID-pemanfaatan-internet-sebagai-implementas.pdf

Sugiyono. (2001). Statistik Nonparametrik untuk Penelitian. Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v11i2.10584

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Equilibrium: Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan:

Program Studi Pendidikan Sosiologi 
Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Muhammadiyah Makassar 
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259 
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id   

Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Lihat Statistik Saya