Implementasi Literasi Digital Dalam Pendidikan Islam : Tantangan dan Solusi

Uswatun Hasanah, Muhammad Sukri

Abstract


Era digital telah melahirkan banyak kemajuan dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya di bidang pendidikan. Besarnya pengaruh era digital juga menciptakan ruang terjadinya kejahatan baru termasuk dalam ranah Pendidikan Islam, karena kurangnya pengetahuan peserta didik tentang literasi digital sebagai prasyarat untuk menggunakan teknologi saat ini. Adanya literasi digitalmenjadi solusi untuk masalah ini. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi literasi digital dalam pendidikan Islam, tantangan dan solusinya. Penelitian ini merupakan Library Research menggunakan Teknik content analisys dan sumber data kepustakaan yang dikumpulkan dengan menggunakan metode dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan, implementasi literasi digital dalam Pendidikan Islam menghadapi berbagai tantangan meliputi tantangan sosial seperti kesadaran yang rendah, hoax, bullying, penipuan, perjudian online, kecanduan internet dan cyber crime. Selain itu, terdapat pula tantangan kurikulum dan tantangan teknis. Solusinya yaitu: menjadikan literasi digital sebagai media pembelajaran, penguatan infrastruktur dan teknologi, penyusunan kurikulum literasi digital yang tepat, pengembangan metode pembelajaran yang kreatif dan inovatif, peningkatan kompetensi guru dan tenaga pendidik, peningkatan kesadaran serta partisipasi orangtua dalam konteks pendidikan Islam. Kesimpulannya, implementasi literasi digital dalam Pendidikan Islam dapat menjadi sarana peserta didik dalam memahami informasi secara teliti dan hati-hati, menghindariinformasi dan konten negative dengan selalu melakukan Tabayyun berlandaskan ajaran Islam. Ketika peserta didik menggunakan media digital dengan bijak akan dapat membantu tercapainya tujuan Pendidikan Islam


Keywords


Literasi Digital, Pendidikan Islam

Full Text:

PDF

References


Agus Sulistyo, & Ismarti. (2022). Urgensi dan Strategi Penguatan Literasi Media dan Digital dalam Pembelajaran Agama Islam. At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 51–61. https://doi.org/10.51468/jpi.v3i2.75

Aji, M. Q. W. (2019). Mengembangkan Kecakapan Abad 21 Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri. Teknodika: Jurnal Penelitian Teknologi Pendidikan, 17(2), 70–84.

Akbar, M. F., & Anggraeni, F. D. (2017). Teknologi dalam Pendidikan : Literasi Digital dan Self-Directed Learning pada Mahasiswa Skripsi. Indigenous, 2(1), 28–38. https://doi.org/: https://doi.org/10.23917/indigenous.v1i1.4458

Aksin, N. (2016). Pandangan Islam Terhadap Pemanfaatan Media Sosial. Jurnal Informatika Upgris, 2(2), 119–126. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/jiu.v2i2.1262

Alfinnas, S. (2018). Arah baru pendidikan Islam di era digital. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 7(1), 803–817.

Alwan, M. (2021). Membudayakan Literasi Digital Pada Anak Sekolah Dasar di Desa Kalijaga Kecamatan Aikmel Lombok Timur. Jurnal Al Muta’aliyah: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(01), 1–18. https://doi.org/10.51700/jie.v7i01.150

Amri, C. O., Jaelani, A. K., & Saputra, H. H. (2021). Peningkatan Literasi Digital Peserta Didik: Studi Pembelajaran Menggunakan E-Learning. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 546–551. https://media.neliti.com/media/publications/433419-none-4ae3bdc8.pdf

Anggeraini, Y., & Faridi, A. (2019). Literasi Digital: Dampak dan Tantangan dalam Pembelajaran Bahasa. Semnas Pascasarjana UNILA, 386–389.

Asriadi. (2020). Analisis Kecanduan Judi Online (Studi Pada Siswa SMAK An Nas Mandai Maros Kabupaten Maros). Psikologi, 1(1). http://eprints.unm.ac.id/20023/1/JURNAL_Asriadi.pdf

Barnawi, & Arifin, M. (2013). Strategi dan Kebijakan Pembelajaran Pendidikan Karakter (1st ed.). Ar-ruz Media.

Dewayani, S., Retnaningdyah, P., & Holid, A. (2017). Suara dari Marjin : literasi sebagai praktik sosial. Remaja Rosdakarya.

Firman, F. M., Syakir, S. J., & Athaya, A. Z. (2021). Penggunaan Literasi Digital Dalam Pembelajaran Agama Islam Pada Asrama Mahasiswa Panrannuangku Takalar Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat, 448–458. https://doi.org/10.18196/ppm.33.152

Hasanah, I. F., Hadi, F. N., & Hasanah, U. (2022). Mobile Learning Media for Islamic History Studies: Evaluation and Shaping Futures. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 13(1), 1–18. https://doi.org/10.24042/atjpi.v13i1.12275

Iqbal, & Fradito, A. (2020). Pemahaman Mahasiswa Terhadap Media Pembelajaran Online E-Learning UIN Raden Intan Lampung. Idarah, 10(2), 157–180. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/alidarah.v10i2.7326

Kemendikbud. (2017). Materi Pendukung Literasi Digital. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kurdie, S. (2019). Pendidikan Agama Islam Berbasis Literasi Digital Bagi Generasi Milenial. SOSFILKOM : Jurnal Sosial, Filsafat Dan Komunikasi, 13(02), 48–62. https://doi.org/10.32534/jsfk.v13i02.1465

Kurnianingsih, I. (2017). Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Digital bagi Tenaga Perpustakaan Sekolah dan Guru di Wilayah Jakarta Pusat Melalui Pelatihan Literasi Informasi. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 62.

Muflihin, A. (2020). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Literasi Digital Siswa Sebagai Kecakapan Abad 21. TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 91. https://doi.org/10.30659/jpai.3.1.91-103

Nur, M. (2019). Literasi Digital Keagamaan Aktivis Organisasi Keagamaan Di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Di Kota Bandung. Jurnal SMART Studi Masyarakat, Religi Dan Tradisi, 5(1), 1–27. https://doi.org/https://doi.org/10.18784/smart.v5i1.745

Nurjannah. (2022). Tantangan Pengembangan Kurikulum dalam Meningkatkan Literasi Digital Serta Pembentukan Karakter Peserta Didik di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 6844–6854. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3328

Predy, M., Sutarto, J., Prihatin, T., & Yulianto, A. (2019). Generasi Milenial yang Siap Menghadapi Era Revolusi Digital ( Society 5 . 0 dan Revolusi Industri 4 . 0 ) di Bidang Pendidikan Melalui Pengembangan Sumber Daya Manusia.

Pusat PPAI. (2017). Survey Penggunaan TIK Tahun 2017. Komunikasi Publik Badan Penelitian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Komunikasi Dan Informatika.

Putra, P. H. (2019). Tantangan Pendidikan Islam dalam Menghadapi Society 5.0. Islamika : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 19(02), 99–110. https://doi.org/10.32939/islamika.v19i02.458

Rahayu, F. S. (2012). Cyberbullying Sebagai Dampak Negatif Penggunaan Teknologi Informasi. Journal of Information System, 8(1), 22–31.

Rahmat, H. K. (2019). Mobile Learning Berbasis Appypie Sebagai Inovasi Media Pendidikan Untuk Digital Natives Dalam Perspektif Islam. Jurnal Tarbawi, 16(1), 37. https://doi.org/https://doi.org/10.34001/tarbawi.v16i1.999

Restianty, A. (2018). Literasi Digital, Sebuah Tantangan Baru Dalam Literasi Media. Jurnal Gunahumas, 1(1), 72–87. https://ejournal.upi.edu/index.php/gunahumas/article/download/28380/12849

Rianto, P. (2019). Literasi Digital Dan Etika Media Sosial Di Era Post-Truth. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(2), 24–35. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/interaksi.8.2.24-35

Stefany, S. (2017). Literasi Digital Dan Pembukaan Diri. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Sosiologi, 2(1), 1–19.

Sulianta, F. (2020). literasi digital, riset dan perkembangannya dalam persfektif sosial studies (1st ed.). Published Press.

Wahidin, U. (2018). Implementasi Literasi Media Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti. Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam, 7(02), 229. https://doi.org/10.30868/ei.v7i2.284

Yukaristia. (2019). Literasi: Solusi Terbaik Untuk Mengatasi Problmatika Social Di Indonesia. CV Jejak.

Zaini. (2021). Antisapasi Hoax Di Era Informasi: Pendidikan Karakter Perspektif Al-Qurán Surah Al-Hujurat Ayat 6. Ngaji: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 1–24. http://www.ngaji.or.id/index.php/ngaji/article/view/5

Zed, M. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v11i2.10426

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Equilibrium: Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan:

Program Studi Pendidikan Sosiologi 
Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Muhammadiyah Makassar 
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259 
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id   

Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Lihat Statistik Saya