Pemanfaatan Media Sosial Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Unik Hanifah Salsabila, Lintang Ahmad Mustika, Sherin Dwi Utami, Muhammad Nurul Ikhsan, Nurjannah Boru Hasibuan

Abstract


Hidup dan tumbuh di era milenial, membuat banyak perubahan terjadi. Perubahan ini berlaku bagi seluruh aspek kehidupan, terutama penggunaan teknologi dalam pendidikan. Bagi tenaga pendidik, penggunaan teknologi dapat menunjang berlangsungnya proses pembelajaran yang lebih efisien. Hal ini selaras dengan tujuan penelitian, yaitu untuk menemukan bagaimana sejarah dan penggunaan media sosial dalam menunjang proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan library research. Dengan menggunakan pendekatan ini, penulis dapat menemukan sejarah singkat beberapa sosial media. Beberapa social media yang diteliti dalam penelitian ini adalah YouTube, Google, WhatsApp, dan Blog. Semua sosial media tersebut membawa bermacam dampak positif dan negative. Penggunaan berbagai macam sosial media terbukti dapat membantu proses belajar mengajar bagi siswa dan guru. 

Keywords : media sosial, teknologi, pendidikan agama islam

 


Keywords


media sosial; teknologi; pendidikan agama islam

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v11i2.10142

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Equilibrium: Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan:

Program Studi Pendidikan Sosiologi 
Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Muhammadiyah Makassar 
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259 
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id   

Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Lihat Statistik Saya