Analisa Pembelajaran Bahasa Arab Menggunakan Al-Arabiyyah Lin Nasyiin; Studi Kasus Madrasah Putri Imam Malik Makassar
DOI:
https://doi.org/10.26618/almaraji.v6i1.8131Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh data hasil wawancara dengan guru bahwa beberapa siswa berasal dari Sekolah Dasar Negeri yang sebelumnya belum pernah belajar bahasa arab. Inilah yang menjadi permasalahan dalam proses pembelajaran bahasa Arab. Oleh karena itu, penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran bahasa arab di Madrasah Putri Imam Malik Makassar untuk tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan deskriptif. Subyek penelitian adalah guru bahasa Arab, TU, administrator dan beberapa siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan metode dokumentasi. Penelitian ini merupakan proses pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Putri Imam Malik Makassar dengan menggunakan kitab al-arabiyyah lin nasyiin , meliputi tiga tahap: kegiatan: pengenalan, kegiatan inti, dan penutup. Tujuan pembelajaran bahasa Arab adalah mengikuti Kompetensi Inti. Metode yang digunakan mengikuti materi yang akan dipelajari, adapun macam-macam metode yaitu : metode langsung, metode gramatikal terjemah, metode membaca, dan metode audiolingual. Media yang digunakan adalah media visual dan media audiovisual. strategi pembelajaran menggunakan pendekatan quantum learning dimana guru mengajak siswa merasa nyaman dan senang dalam belajar bahasa arab. Sedangkan, evaluasi pembelajaran dilaksanakan dengan melakukan tes lisan pada saat pembelajaran berlangsung, dan tes tertulis meliputi: tugas individu, ulangan harian dan Ujian Akhir Semester.
Kata Kunci: Pembelajaran, Bahasa Arab, Madrasah, Imam Malik
References
Abdul Mu’in. 2004. Analisis Kontratif Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia (Telaah Terhadap Fonetik dan Morfologi). Jakarta: Pustaka Al-Husna Baru.
Chaidar Alwasilah. 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Daryanto. 2010. Belajar dan Mengajar. Bandung: Cv. Yrama Widya.
Suja’i. 2008. Inovasi Pembelajaran Bahasa Arab, (Strategi dan Metode Pengembangan Kompetensi). Jakarta: Rineka Cipta.
Ulin Nuha, 2012. Metodologi Super Efektif Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta : Diva Press.
Wawancara dengan Ustadzah Fajriah (Pengajar Bahasa Arab), pada Tanggal 27 September 2019, pukul. 10.38 WIB
Downloads
Published
Issue
Section
License
Dalam hal artikel diterima oleh Tim Editorial Jurnal Al-Marãji’ Pendidikan Bahasa Arab, dengan nomor terdaftar ISSN 2579-8863 (print), ISSN 2656-6958 (Online) dan ada keputusan untuk menerbitkan artikel, hak cipta dari artikel akan ditransfer ke Jurnal Al-Marãji’ Pendidikan Bahasa Arab, dengan nomor terdaftar ISSN 2579-8863 (print), ISSN 2656-6958 (Online).
Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai penerbit Jurnal Al-Marãji’ Pendidikan Bahasa Arab, dengan nomor terdaftar ISSN 2579-8863 (print), ISSN 2656-6958 (Online) memegang hak cipta semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar memiliki hak untuk mereproduksi dan mendistribusikan artikel dan penulis tidak diizinkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Pernyataan Keaslian dan Naskah Hak Cipta dapat diunduh: di sini
Setelah mengisi surat pernyataan, silakan kirim via email: