Penerapan Metode Grand MBA Berbasis Abjadiyah Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Arab
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Ainin, Moh. 2017. “Efektifitas Penggunaan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Dalam Pembelajaran Matakuliah Metodologi Penelitian Bahasa Arab.” Bahasa Dan Seni: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni Dan Pengajarannya 45 (2): 197–207. https://doi.org/10.17977/um015v45i22017p197.
Denpasar, Hidayatullah, Tahun Pelajaran, Syamsul Arifin, and Achmad Qosim. 2020. “PENERAPAN METODE GRAND MBA PADA PEMBELAJARAN ALQURAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ALQURAN SISWA DI MTS Program Studi Pendidikan Agama Islam , Sekolah Tinggi Agama Islam Denpasar Bali , Denpasar , Indonesia Program Studi Pendidikan Agama Islam , Se,” 1–10.
Dihan, Wardah, Marzul Hidayat, and Ugi Nugraha. 2022. “Penerapan Metode Pq4R Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas Vi Sd.” Jurnal Pendidikan Tematik Dikdas 7 (1): 88–100. https://doi.org/10.22437/jptd.v7i1.19544.
Fath, Moh Jihadul, Edy Muslimin, and M. Yunan Hidayat. 2023. “Penerapan Metode Grand MBA Dalam Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Madrasah Tsanawiyah Al Burhan Semarang Tahun Ajaran 2022/2023.” Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam 7 (1): 144–62. https://doi.org/10.54437/alidaroh.v7i1.1271.
Febrianingsih, Dian. 2021. “Keterampilan Membaca Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” SALIMIYA: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam 2 (2): 2721–7078. https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/salimiya.
Fransiska, Fredina, and Zaim Elmubarok. 2015. “Efektivitas Metode Reading Guide Terhadap Keterampilan Membaca Bahasa Arab Siswa Kelas XI IPS MAN Demak.” Lisanul Arab 4 (10).
Hasanah, Hasyim. 2017. “TEKNIK-TEKNIK OBSERVASI (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-Ilmu Sosial).” At-Taqaddum 8 (1): 21. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163.
Mawardi, Mawardi, Mustafa Mustafa, and Musdalifah Tamin. 2022. “Metode Pembelajaran Mufradat Dalam Menghafal Kosakata Bahasa Arab Di Sekolah Menengah.” AL IBRAH: Journal of Arabic Languange Education 5 (1): 23. http://etheses.iainponorogo.ac.id/814/1/BAB I-V.pdf.
Millah, Ahlan Syaeful, Apriyani, Dede Arobiah, Elsa Selvia Febriani, and Eris Ramdhani. 2023. “Analisis Data Dalam Penelitian Tindakan Kelas.” Jurnal Kreativitas Mahasiswa 1 (2): 140–53.
Muradi, Ahmad. 2016. “Pengembangan Kompetensi Guru Bahasa Arab Melalui Imla Sebagai Organisasi Profesi.” Arabi : Journal of Arabic Studies 1 (2): 1. https://doi.org/10.24865/ajas.v1i2.2.
Mustafa, Mustafa. 2021. “Dinamika Metode Pembelajaran Bahasa Arab.” Loghat Arabi : Jurnal Bahasa Arab Dan Pendidikan Bahasa Arab 1 (2): 56. https://doi.org/10.36915/la.v1i2.17.
Nugraha, Rahmat Mulya, Mohammad Ridwan, Samsul Bahri, and Mohammad Wizdan Faiq Fadhillah. 2023. “Pelatihan Peningkatan Kemampuan Bahasa Arab Aktif Bagi Siswa SMP Terpadu Al-Amin Tasikmalaya.” JIPM: Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat 1 (2): 93–97. https://doi.org/10.55903/jipm.v1i2.100.
Pratama, Rizky Bagas. 2019. “Metodologi Penelitian.” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 28–55.
Rahma M. Naser. 2022. “Efektivitas Metode Reading Guide Terhadap Keterampilan Membaca Bahasa Arab Siswa Kelas X Ilmu Keagamaan 1 MAN 2 Kota Palu.” Jurnal Kolaboratif Sains 5 (10): 678–89. https://doi.org/10.56338/jks.v5i10.2832.
Ramadanti, Erfiani, and Zuhairansyah Arifin. 2021. “Strategi Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Kartu Bergambar Bagi Anak Usia Dini Dalam Bingkai Islami Dan Perspektif Pakar Pendidikan.” KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education 4 (2): 173–87.
Rani, Samsuar A. 2024. “ً ةمخضلا تناايبلاو ( IoT ) ءاي ش لا ، يملعتلا جذانم يريغتو ، ةيقمرلا ةيم لا ومحو ، ةيجولونكتلا ةيزهالجا لثم ، تيادحتلا نم ديدعلا ةقيرطلا هذه قيبطت هجاوي ، لكذ جمدلما لمعتلا رفوي ، ىرخ أ ةجه نم . ةيديلقتلا يملعتلا بيلاس أ لىع ظفاتح لازت لا تيلا تائيبلا ف” 14 (2): 267–86.
Raudatussolihah, Baiq. 2022. “Pengembangan Teknologi Audio-Visual Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” Education and Learning Journal 3 (1): 53. https://doi.org/10.33096/eljour.v3i1.150.
Rosyid, Moh. 2021. “Strategi Mengenalkan Al-Quran Sejak Pendidikan Dasar Di Lembaga Pendidikan Hidayatullah Kudus Jawa Tengah.” MUBTADI: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah 3 (1): 1–12. https://doi.org/10.19105/mubtadi.v3i1.4761.
Rumantiningsih, Dini Ken, Erni Puji Astuti, and Riawan Yudi Purwoko. 2020. “Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Tunanetra Melalui Pengembangan Media Pandikar Berkode Braille.” FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika 6 (2): 105. https://doi.org/10.24853/fbc.6.2.105-114.
Salim, Isran Rasyid, and Haidir. 2020. “Penelitian Tindakan Kelas.” Indonesia Performance Journal 4, 5.
Sauri, Sofyan. 2020. “Sejarah Perkembangan Bahasa Arab Dan Lembaga Islam Di Indonesia.” INSANCITA: Journal of Islamic Studies in Indonesia and Southeast Asia 5 (1): 73–88. https://journals.mindamas.com/index.php/insancita/article/view/1332.
Siregar, Isra Adawiyah. 2021. “Analisis Dan Interpretasi Data Kuantitatif.” ALACRITY : Journal of Education 1 (2): 39–48. https://doi.org/10.52121/alacrity.v1i2.25.
Sundari, Fitri Siti, and Elis Indrayani. 2019. “Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika.” JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar 2 (2): 72–75. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v2i2.1449.
Widodo, Slamet, Festy Ladyani, La Ode Asrianto, Rusdi, Khairunnisa, Sri Maria Puji Lestari, Dian Rachma Wijayanti, et al. 2023. Metodologi Penelitian. Cv Science Techno Direct.
DOI: https://doi.org/10.26618/almaraji.v9i1.17701
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Nurlatifa Binti B.husain

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats