Penerapan Metode Grand MBA Berbasis Abjadiyah Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Arab

Nurlatifa Binti B.husain

Abstract


Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui penerapan metode GRAND MBA berbasis abjadiyah untuk meningkatkan keterampilan membaca arab pada siswa kelas VII SMP Integral Hidayatullah Palopo, (2) Untuk mengetahui peningkatan meningkatkan keterampilan membaca arab dengan menggunakan metode GRAND MBA berbasis abjadiyah pada siswa kelas VII SMP Integral Hidayatullah Palopo. Prosedur penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus dengan masing-masing siklus lima kali pertemuan dengan model Kemmis dan Mc Taggart yang setiap siklusnya memiliki empat tahapan yaitu; Tahap Perencanaan, Tahap Tindakan atau Pelaksanaan, Tahap Pengamatan dan Tahap Refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi tindakan, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Langkah penelitian ini yaitu peneliti memulai pembelajaran dengan memberikan salam dan mengabsen para siswa, kemudian peneliti menjelaskan materi penelitian, setelah itu peneliti menghadapi satu per satu para siswa dengan menyelesaikan materi tentang artikulasi pengucapan huruf, makhorijul huruf dan intonasi bacaan, (2) Peningkatan sikulus I dapat dilihat bahwa dari 14 siswa yang tuntas sebanyak 5 siswa dengan persentase 36%, sedangkan yang belum tuntas sebanyak 9 orang siswa dengan persentase 64%. Adapun pada siklus II siswa yang telah tuntas sebanyak 12 orang siswa dengan persentase 85% sedangkan yang belum tuntas sebanyak 2 orang dengan persentase sisa 15 %. Dari siklus I ke siklus II memang masih ada 2 orang siswa yang belum tuntas akan tetapi hasil belajar dari penelitian ini dianggap dan dikatakan tuntas.

Full Text:

PDF

References


Ainin, Moh. 2017. “Efektifitas Penggunaan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Dalam Pembelajaran Matakuliah Metodologi Penelitian Bahasa Arab.” Bahasa Dan Seni: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni Dan Pengajarannya 45 (2): 197–207. https://doi.org/10.17977/um015v45i22017p197.

Denpasar, Hidayatullah, Tahun Pelajaran, Syamsul Arifin, and Achmad Qosim. 2020. “PENERAPAN METODE GRAND MBA PADA PEMBELAJARAN ALQURAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ALQURAN SISWA DI MTS Program Studi Pendidikan Agama Islam , Sekolah Tinggi Agama Islam Denpasar Bali , Denpasar , Indonesia Program Studi Pendidikan Agama Islam , Se,” 1–10.

Dihan, Wardah, Marzul Hidayat, and Ugi Nugraha. 2022. “Penerapan Metode Pq4R Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas Vi Sd.” Jurnal Pendidikan Tematik Dikdas 7 (1): 88–100. https://doi.org/10.22437/jptd.v7i1.19544.

Fath, Moh Jihadul, Edy Muslimin, and M. Yunan Hidayat. 2023. “Penerapan Metode Grand MBA Dalam Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Madrasah Tsanawiyah Al Burhan Semarang Tahun Ajaran 2022/2023.” Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam 7 (1): 144–62. https://doi.org/10.54437/alidaroh.v7i1.1271.

Febrianingsih, Dian. 2021. “Keterampilan Membaca Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” SALIMIYA: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam 2 (2): 2721–7078. https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/salimiya.

Fransiska, Fredina, and Zaim Elmubarok. 2015. “Efektivitas Metode Reading Guide Terhadap Keterampilan Membaca Bahasa Arab Siswa Kelas XI IPS MAN Demak.” Lisanul Arab 4 (10).

Hasanah, Hasyim. 2017. “TEKNIK-TEKNIK OBSERVASI (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-Ilmu Sosial).” At-Taqaddum 8 (1): 21. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163.

Mawardi, Mawardi, Mustafa Mustafa, and Musdalifah Tamin. 2022. “Metode Pembelajaran Mufradat Dalam Menghafal Kosakata Bahasa Arab Di Sekolah Menengah.” AL IBRAH: Journal of Arabic Languange Education 5 (1): 23. http://etheses.iainponorogo.ac.id/814/1/BAB I-V.pdf.

Millah, Ahlan Syaeful, Apriyani, Dede Arobiah, Elsa Selvia Febriani, and Eris Ramdhani. 2023. “Analisis Data Dalam Penelitian Tindakan Kelas.” Jurnal Kreativitas Mahasiswa 1 (2): 140–53.

Muradi, Ahmad. 2016. “Pengembangan Kompetensi Guru Bahasa Arab Melalui Imla Sebagai Organisasi Profesi.” Arabi : Journal of Arabic Studies 1 (2): 1. https://doi.org/10.24865/ajas.v1i2.2.

Mustafa, Mustafa. 2021. “Dinamika Metode Pembelajaran Bahasa Arab.” Loghat Arabi : Jurnal Bahasa Arab Dan Pendidikan Bahasa Arab 1 (2): 56. https://doi.org/10.36915/la.v1i2.17.

Nugraha, Rahmat Mulya, Mohammad Ridwan, Samsul Bahri, and Mohammad Wizdan Faiq Fadhillah. 2023. “Pelatihan Peningkatan Kemampuan Bahasa Arab Aktif Bagi Siswa SMP Terpadu Al-Amin Tasikmalaya.” JIPM: Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat 1 (2): 93–97. https://doi.org/10.55903/jipm.v1i2.100.

Pratama, Rizky Bagas. 2019. “Metodologi Penelitian.” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 28–55.

Rahma M. Naser. 2022. “Efektivitas Metode Reading Guide Terhadap Keterampilan Membaca Bahasa Arab Siswa Kelas X Ilmu Keagamaan 1 MAN 2 Kota Palu.” Jurnal Kolaboratif Sains 5 (10): 678–89. https://doi.org/10.56338/jks.v5i10.2832.

Ramadanti, Erfiani, and Zuhairansyah Arifin. 2021. “Strategi Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Kartu Bergambar Bagi Anak Usia Dini Dalam Bingkai Islami Dan Perspektif Pakar Pendidikan.” KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education 4 (2): 173–87.

Rani, Samsuar A. 2024. “ً ةمخضلا تناايبلاو ( IoT ) ءاي ش لا ، يملعتلا جذانم يريغتو ، ةيقمرلا ةيم لا ومحو ، ةيجولونكتلا ةيزهالجا لثم ، تيادحتلا نم ديدعلا ةقيرطلا هذه قيبطت هجاوي ، لكذ جمدلما لمعتلا رفوي ، ىرخ أ ةجه نم . ةيديلقتلا يملعتلا بيلاس أ لىع ظفاتح لازت لا تيلا تائيبلا ف” 14 (2): 267–86.

Raudatussolihah, Baiq. 2022. “Pengembangan Teknologi Audio-Visual Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” Education and Learning Journal 3 (1): 53. https://doi.org/10.33096/eljour.v3i1.150.

Rosyid, Moh. 2021. “Strategi Mengenalkan Al-Quran Sejak Pendidikan Dasar Di Lembaga Pendidikan Hidayatullah Kudus Jawa Tengah.” MUBTADI: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah 3 (1): 1–12. https://doi.org/10.19105/mubtadi.v3i1.4761.

Rumantiningsih, Dini Ken, Erni Puji Astuti, and Riawan Yudi Purwoko. 2020. “Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Tunanetra Melalui Pengembangan Media Pandikar Berkode Braille.” FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika 6 (2): 105. https://doi.org/10.24853/fbc.6.2.105-114.

Salim, Isran Rasyid, and Haidir. 2020. “Penelitian Tindakan Kelas.” Indonesia Performance Journal 4, 5.

Sauri, Sofyan. 2020. “Sejarah Perkembangan Bahasa Arab Dan Lembaga Islam Di Indonesia.” INSANCITA: Journal of Islamic Studies in Indonesia and Southeast Asia 5 (1): 73–88. https://journals.mindamas.com/index.php/insancita/article/view/1332.

Siregar, Isra Adawiyah. 2021. “Analisis Dan Interpretasi Data Kuantitatif.” ALACRITY : Journal of Education 1 (2): 39–48. https://doi.org/10.52121/alacrity.v1i2.25.

Sundari, Fitri Siti, and Elis Indrayani. 2019. “Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika.” JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar 2 (2): 72–75. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v2i2.1449.

Widodo, Slamet, Festy Ladyani, La Ode Asrianto, Rusdi, Khairunnisa, Sri Maria Puji Lestari, Dian Rachma Wijayanti, et al. 2023. Metodologi Penelitian. Cv Science Techno Direct.




DOI: https://doi.org/10.26618/almaraji.v9i1.17701

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Nurlatifa Binti B.husain



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats