DESAIN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) PADA MATA KULIAH APLIKASI KOMPUTER

Ishaq Ishaq

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui prototipe pengembangan pembelajaran TIK pada mata kuliah aplikasi komputer, (2) untuk mengetahui apakah pengembangan pembelajaran berbasis TIK dapat meningkatkan efektivitas proses belajar pada mata kuliah aplikasi komputer, dan (3) untuk mengetahui apakah pengembangan pembelajaran berbasis TIK dapat meningkatkan efektivitas hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah aplikasi komputer. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan yang dilaksanakan di program studi Pendidikan Fisika FKIP Unismuh Makassar. Model pengembangan pembelajaran yang digunakan adalah hasil modifikasi model pengembangan Kemp, Dick dan Carey, Thiagarajan, dan PPSI, sehingga diperoleh model pengembangan pembelajaran berbasis TIK hasil modifikasi yang terdiri dari 3 (tiga) tahap, yaitu: (1) identifikasi, (2) pengembangan, dan (3) penyebaran dan penggunaan. dari prosedur sistematis yang dilakukan diperoleh perangkat pembelajaran, yaitu: (1) SAP, (2) materi aplikasi komputer dalam bentuk buku elektronik dan modul praktek, (3) media e-learning, (4) tes pendahuluan, (5) format penilaian hasil praktek, (6) tes ujian praktek, dan (7) tes hasil belajar, sedangkan sistem pembelajaran yang dilaksanakan adalah (1) pendekatan pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa, (2) strategi pembelajaran aktif dan individu, (3) metode pembelajaran tutorial, ceramah, diskusi, dan praktek. Analisis data hasil uji coba secara signifikan (meyakinkan) menunjukkan bahwa pengembangan pembelajaran berbasis TIK meningkatkan efektivitas proses dan hasil belajar mahasiswa.

Kata kunci: Efektivitas, hasil belajar, teknologi informasi dan komunikasi, pengembangan

The purpose of this study were: (1) to determine the prototype development of ICT in subject teaching computer applications, (2) to determine whether the development of ICT-based learning can improve the effectiveness of the learning process in a computer application course, and (3) to determine whether the development of learning based ICT can improve the effectiveness of student learning outcomes in computer application courses. This research includes the development of research carried out at the Department of Physics Faculty of Teacher Education Unismuh Makassar. Learning development model used is a modified version development model Kemp, Dick and Carey, Thiagarajan, and ITS, in order to obtain the development of ICT-based learning models modified consists of 3 (three) phases, namely: (1) identification, (2) development and (3) deployment and usage. of systematic procedures acquired learning device, namely: (1) SAP, (2) the material of computer applications in the form of electronic books and practice modules, (3) media e-learning, (4) preliminary tests, (5) the format of the assessment results practice, (6) test practice exams, and (7) achievement test, while the learning system is implemented are (1) approach to student-centered learning, (2) active learning strategies and individual, (3) methods of learning tutorials, lectures , discussion, and practice. Analysis of data from trials significantly (convincing) suggests that the development of ICT-based learning process and improve the effectiveness of student learning outcomes.

Keywords: Effectiveness, learning outcomes, information technology and communications, development




Full Text:

PDF

References


______________. (2004). Dick and Carey Model. Online. (http://www.instructionaldesign.org/models/dick_carey_model.html). Diakses 20 Mei 2009

______________. (2004). Kemp Design Model Online. (http://www.instructionaldesign.org/models/kemp_model.html). Diakses 20 Mei 2009

Arikunto, S. 1990. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Adri, M., Nelda A. 2008. Uji Validitas dan Reliabilitas Paket Multimedia

Interaktif. 2008. Online. (http://www.scribd.com/doc/6100085/Nelda-Adri-Makasemnas2008). Diakses 10 Januari 2009

Amirman, II., Arifin, Z. 1992. Penelitian dan Statistik Pendidikan. Bandung: Bumi Aksara

Ariasari, F. 2007. Pernaik-Pernik Blog Cantik, Atraktif, Fungsional. Jakarta Selatan: Media Kita.

Cooze, M., Barbour, M. 2005. Learning Styles: A Focus upon E-learning Practices and Pedagogy and their Implications for Designing E-learning for Secondary School Students in Newfoundland and Labrador. Malaysian Online Journal of Instructional Technology ISSN: 1823-1144.Vol. 2, No. 1. (CD-ROM InfoTrac 2005)

Emzir. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Ghufron, 2009. Model Pengembangan Sistem Pembelajaran bagi Penyiapan Sumber daya Manusia Era Informasi (http://www.teknologipendidikan.net/wp-content/uploads/2008/08/anikghufron_model_pengembangan_sistem_pembelajaran_era_informasi.pdf.) Diakses 11 November 2009.

Khaeruddin, Sudjiono EH. 2005. Pembelajaran Sains (IPA) Berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Makassar: State University of Makassar Press.

Kurniawan, Y. 2008. Pemrograman VBA Powerpoint 2007. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Kuswadi. 2005. Cara Mudah, Praktis, dan Menyenangkan Membuat Grafik dengan Microsoft Excel. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Madcoms, DPP. 2007. Microsoft Excel 2007 Membangun Rumus dan Fungsi. Yogyakarta – Madium: diterbitkan bersama Anda – Madcoms.

Mulyasa, E. 2008. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nelda, A. 2005. Pembelajaran Berbasis TIK. Online. (http://ilmukomputer.org/ /uploads/2008/03/adri_nelda2008.pdf). Diakses tanggal 5 Januari 2009.

R Development Core Team (2008). R: A language and environment for statistical computing. Online. (http://www.R-project.org) R Foundation for Statistical Computing,Vienna, Austria. ISBN 3-900051-07-0. Diakses 10 Juni 2009.

Sanjaya, Wina. (2008). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, Jakarta:Kencana Prenada Media Group

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharto, 1997. Pendekatan dan Teknik dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Tarsito




DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v1i1.191

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View JPF Stats

   Free counters!

Jurnal Pendidikan Fisika  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.