Subordinasi Anak Perempuan Dalam Keluarga

Muhammad Nawir, Risfaisal Risfaisal

Abstract


Setiap keluarga yang terdapat dalam masyarakat memiliki peran dan status yang berbeda antara satu dengan yang lain baik peran ayah, ibu dan anak. Namun biasa terjadi subordinasi antar jenis kelamin dalam keluarga antara anak laki-laki dengan anak perempuan.. Jenis penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, pengumpulan data digunakan dengan cara observasi, wawancara, teknik dokumentasi dari hasil foto dan arsip yang dimiliki oleh pemerintah setempat. Dalam penelitian ini, yang menjadi sasaran penelitian adalah pertama anak perempuan yang mengalami subordinasi, kedua masyarakat yang dianggap bisa memberikan informasi atau data yang sesuai dengan penelitian.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa,  perempuan yang mengalami subordinasi dalam keluarga disebabkan oleh  dua faktor yaitu faktor kodrat (nuture) yang merupakan perbedaan laki-laki dan perempuan yang  ketentuan dari tuhan dan faktor budaya atau konstruksi sosial (nurture) merupakan perbedaan laki-laki dan perempuan yang dibentuk oleh masyarakat dan lingkungan sekitar. Yang merupakan dampak negatif subordinasi perempuan yaitu  membatasi perempuan untuk mendapatkan akses dalam berkiprah di dunia publik sedangkan dampak positifnya yaitu memberikan semangat bagi kaum perempuan untuk memperjuangkan hak dan posisi yang sama seperti kaum laki-laki.

 

Kata Kunci : Ketidakadilan, Subordinasi, Anak Perempuan.


References


Fakih, Mansur.(1996). Analisis Gender dan Transformasi Sosial. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Ihromi, Tapi Omas dan Achie, S Luhulima,.(2007). Hak Azasi Perempuan Instrument Hukum Untuk Mewujudkan Keadilan Gender / Kajian Wanita dan Gender Edisi III.Jakarta : Yayasan Obor Indonesia

Jones, PIP. (2010). Pengntar Teori-Teori Sosial.Jakarta : Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Mosse, Julia, Cleves. (1996). Gender dan Pembangunan.Yogyakarta : pustaka Pelajar.

Narwoko, J.Dwi dan Bagong, Suyanto,.(2004). Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan.Surabaya : Kencana.

Nugroho, Riant. (2008). Gender dan Administrasi Publik.Yogyakarta : pustaka Pelajar.

Prambudi, Anas. (2012). Subordinasi Dalam Bias Gender. Skripsi tidak diterbitkan : Skripsi Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya UI.

Rachman, Deni. DKK.(2006). Jurnal Perempuan Untuk Pencerahan dan Kesetaraan.Jakarta : Yayasan Jurnal Perempuan.

Ritzer, George. (2012). Teori Sosiologi (Dari Sosiologi Klasik Sampai Perkembanagan Terakhir Postmodern). Yogyakarta: Pustaka belajar.

Rifai, Muhammad. (2011). Studi Tentang Makna Pekerjaan Juru Parkir Bagi Perempuandi Kota Makassar. Skripsi tidak diterbitkan.Skripsi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makaasar.

Sarderson, Stephenk. (2011). Makro Sosiologi.Jakarta : Rajawali Pers.

Soyomukti, Nurani. (2010). Pengantar Sosiologi.Trenggalek : Ar. Ruzz Media.

Sugihastuti dan Istana Hadi Saptiawan. (2007). Gender dan Inferioritas Perempuan.Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Sugiyono.(2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Syamsuri, Andi, Sukri. (2013). Pedoman Penulisan Skripsi. Makassar: Unismuh Makassar.

Usman, Husnaini dan Purnomo Setiady Akbar .(2009). Metodologi Penelitian Sosial.Jakarta : Bumi Aksara.

Widaningsih, Lilis. (2014).Relasi gender dalam keluarga:Internalisasi nilai-nilai kesetaraan Dalam memperkuat fungsi keluarga (http://kelompok9relasigender.blogspot.com/2014/12/ebook-relasi-gender-dalam-keluarga.html), diakses 12 Desember 2014).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.