Pembuatan Modul Praktikum Sel Surya Pada Laboratorium UNISMUH Makassar

Ari Fadli, Adriani Adriani, Abdul Hafid

Abstract


Salah satu penelitian energi terbarukan yang tidak akan habis adalah sumber energi matahari yang berkembang dan banyak diteliti pada saat ini, sehingga pemanfaatan energi tersebut dibuatlah alat yang mampu merubah energi tersebut menjadi energi listrik. Oleh karena itu, dalam penelitian ini akan dibuat modul praktikum sel surya. Dengan sumber energi panel sel surya, yang bertujuan untuk mengetahui model rangkaian dan mengetahui kinerja rangkaian dengan iradiasi matahari yang berbeda-beda. Pada penelitian ini peneliti melakukan percobaan secara langsung dan pembuatan rangkaian alat system pengujjian output dan input, sehingga percobaan pengoprasian alat dapat dilakukan dengan baik dan benar. Pada rangkaian modul tersebut, lampu sebagai beban dan sinar matahri menjadi salah satu objek penelitian inii, segala variasi intensitas cahaya atau iradiasi matahari serta tegangan dan arus pada beban dipantau secara berkala dan manual. Dengan menggunakan lux meter, volt meter dan ampere meter sehingga dapat diketahui hubungan iradiasi matahari dengan arus dan tegangan pada rangkaian modul dapat diketahui bahwa rata-rata watt yang diperoleh adalah 120 W dengan tegangan tanpa beban yaitu rata-rata 20 V . Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa iradiasi matahari sangat berpengaruh terhadap tinggi rendahnya arus dan tegangan. Semakin banyak beban yang dirangkaian maka akan semakin rendah tegangan dan arus akan semakin tinggi. Sel surya juga dapat menjadi sumber energi terbarukan dengan beban tertentu.

Keywords


panel surya, modul praktikum; rangkaian beban; iradiasi matahari; daya

Full Text:

PDF

References


Adi, Satriyo Adam 2016. Analisa Performansi Pembangkit listrik Tenaga Surya Melalui Rancang Bangun Serta Pengukuran Dengan Sensor Solar Irradiance Dan Temperatur (Jurnal). Jurusan Teknik Fisika, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

Diputra, dan Wibeng, 2008. Simulator Algoritma Pendeteksi Kerusakan Modul Surya Pasa Rangkaian Modul Sel Surya. Tesis, Universitas Indonesia, Jakarta.

Hidayat, Rahmat, Akhmat, Kholid 2017. Pembangkit Listrik Tenaga Surya Untuk Daerah Terpencil (Jurnal). Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiayah Surakarta.

Purwoto, Hari Bambang (2018). Efisiensi Penggunaan Panel Surya Sebagai Sumber Energi Alternatif..

Ramadhan, Ilmar Anwar, Diniardi Ery, Mukti Hari Soni 2016. Analisis Desain Pembangkit Listrik Tenaga Surya Kapasitas 50 WP (Jurnal). Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jakarta..

Widayana, Gede 2012. Pemanfaatan Energi Surya (Jurnal). Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, FTK, UNDIKSHA..

Widiharsa, A. Fransiskus 2006. Karakteristik Panel Surya Dengan Variasi Intensitas Radiasi Dan Temperatur Permukaan Panel (Jurnal). Jurusan Mesin, Universitas Merdeka Malang.




DOI: https://doi.org/10.26618/jte.v13i1.7133

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 VERTEX ELEKTRO