STUDI KOMPARASI SPEKTRUM HARMONIK GANGGUAN INTERNAL DAN INRUSH CURRENT PADA TRAFO DAYA MENGGUNAKAN PERANGKAT LUNAK PSCAD (POWER SYSTEM COMPUTER AIDED DESIGN)

Ayuni Mustika, Nursanti Ade Putri, Abdul Hafid, Andi Faharuddin

Abstract


Trafo merupakan salah satu peralatan dalam sistem tenaga listrik yang memiliki peran sangat penting, oleh karena itu keandalan transformator harus diperhatikan. Fenomena-fenomena tertentu dapat muncul dalam transformator yang dapat menyebabkan gangguan dan akan memengaruhi kinerja dan sistem keamanan pada transformator sehingga akan memengaruhi pula performa transformator tersebut, dalam hal ini, fenomena IC saat energisasi trafo. Besarnya nilai IC yang dihasilkan berpotensi menyebabkan sistem proteksi diferensial mengenali IC sebagai arus gangguan internal sehingga akan memerintahkan relai untuk beroperasi. Oleh karena itu, diferensiasi antara IC dan arus gangguan internal, sangat penting agar relai diferensial tidak mengalami malfungsi seperti itu. Penelitian ini dilakukan untuk membedakan keadaan gangguan internal dan IC berdasarkan fenomena harmoniknya. Penelitian ini terdiri dari dua pemodelan yaitu kondisi IC serta pemodelan kondisi gangguan internal pada trafo. Dalam penelitian ini, data trafo yang digunakan adalah Trafo merek GE Pauwels dengan daya 60 MVA bertegangan 150/20 kV dan koneksi Y-Y berbeban nol. Simulasi pada penelitian ini dibuat menggunakan Perangkat Lunak PSCAD Student Version 4.2. Kasus gangguan internal tidak menunjukkan adanya individu harmonik yang signifikan. Nilai THD secara esensial bernilai nol baik pada saat nilai resistansi gangguan 1 Ohm maupun 5 Ohm. Nilai THD yang rendah itu terkait dengan nilai spektrum yang juga secara esensial bernilai nol. Hal itu menunjukkan bahwa sinya gangguan adalah berbentuk sinyal sinusoidal murni. Sementara pada kasus IC, secara keseluruhan sangat terdistorsi yang tergambar dari nilai THD yang berada dari sekitar 13 % hingga di atas 100 %. Fakta itu didukung oleh nilai spektrum yang secara keseluruhan sangat tinggi, hingga mencapai nilai maksimum 77 %. Kedua parameter tersebut menunjukkan bahwa sinyal IC sangat terdistorsi (bukan sinusoidal murni), berbeda dengan sinyal gangguan

Keywords


Spektrum harmonik, Gangguan internal, Inrush Current, Trafo daya, Perangkat lunak PSCAD

Full Text:

PDF

References


Ksatria, A. B., & Ramadhan, A. W. (2020). Analisis Karakteristik Arus Inrush pada Transformator 3 Fasa dengan Leg yang Berbeda Berbasis Eksperimen. 2.

Siburian, J. (2019). Karakteristik transformator. Jurnal Teknologi Energi UDA, VIII(21), 21, 23.

Gultom, P., Danial, I., & Rajagukguk, M. (2018). Studi susut umur transformator distribusi 20 KV Akibat pembebanan lebih. Teknik Elektro.

Gaffar, A., Agussalim., & Arisandi, D. (2017). Analisis gangguan hubung singkat pada jaringan distribusi 20 kv di gardu induk panakkukang, 2, 156–162.

Behrendt, K., Fischer, N., Labuschagne, C., Behrendt, K., Fischer, N., & Labuschagne, C. (2011). Considerations for Using Harmonic Blocking and Harmonic Restraint Techniques on Transformer Differential Relays Considerations for Using Harmonic Blocking and Harmonic Restraint Techniques on Transformer Differential Relays. 2(3).

Wildi, Theodore. (2002). Electrical Machines, Drives, and Power System. United States of America: R.R. Donnelley & Sons Company.

Jamaah, A. (2013). Pengaruh Distorsi Harmonik Terhadap Penurunan Kapasitas Daya Trafo Distribusi 3 Fasa 400 kVA di Politeknik Negeri Semarang. Jtet, 2(1), 1–10.

Hodder, S., Kasztenny, B., Fischer, N., and Xia, Y., (2014). Low Second-Harmonic Content in Transformer Inrush Currents – Analysis and Practical Solutions for Protection Security, IEEE.

Muller, Craig. (2005). PSCAD User's Guide V 4.2. Canada: Manitoba HVDC.

Fauzan, M. I., Juningtyastuti, & Facta, M. (2016). Analisis Resetting Rele Arus Lebih Akibat Perubahan Tranformator Daya Dan Penambahan Penyulang Di Gardu Induk Srondol Semarang. Transient, 5(2302–9927), 9.

Blackburn, J. Lewis. (1987). Protective Relaying (Principles and Applications). New York: Marcel Dekker, INC.

Faharuddin, A. (2022). Formula Aproksimasi & Program MS-Excel untuk Relasi Nilai Efektif Sinyal dengan Nilai Efektif Spektrum Harmonik pada Software PSCAD/EMTDC

Edward (2019). Essential Fundamentals of Harmonics Distortion for Future Power Quality Wxperts, EEP.

Alstom (2011). Network Protection and Automation Guide: Protective Relays, Measurement and Control, Alstom Grid.




DOI: https://doi.org/10.26618/jte.v15i1.10275

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 VERTEX ELEKTRO