RANCANG BANGUN SISTEM MONITORING DAN CONTROLLING KEAMANAN KENDARAAN BERMOTOR BERBASIS IOT

Muh Erwan Zhetyawan, Tri Sakti, Rahmania Rahmania, Ridwang Ridwang, Asep Indra Syahyadi

Abstract


Di zaman modern seperti sekarang ini,kendaraan bermotor telah menjadi salah satu pelengkap kebutuhan primer. Produsen kendaraan bermotor saat ini telah banyak menciptakan alat keamanan untuk kendaraan bermotor,namun untuk sekarang ini masih ditemukan beberapa kelemahan sehingga tindak kejahatan pencurian kendaraan bermotor masih marak ditemukan.maka dari itu dibutuhkan sistem keamanan yang lebih memadai,salah satu tambahan teknologi yang dapat digunakan pada kendaraan bermotor adalah ”internet of things”.Jenis penelitian yang digunakan adalah library research dan pengujian dilakukan pada sebuah miniatur.Microcontroller NodeMCU ESP8266 berguna untuk mengontrol fungsi microcontroller beserta jaringan internet(wifi) yang kemudian di hubungkan dengan gpsneo6m yang mendapat jaringan seluler dari SIM800L.kemudian relay di fungsikan sebagai alat untuk memutus arus listrik motor dengan menggunakan perintah program dari SIM800L jika terjadi indikasi pencurian kendaraan bermotor Hasil dari penelitian ini telah dapat menghasilkan keakuratan titik koordinat dari lokasi kendaraan yang dikirimkan oleh gpsneo6m,dengan melakukan percobaan di beberapa titik lokasi yang ada di kota Makassar,dimana pada kawasan CPI menghasilkan titik koordinat lokasi yang akurat yakni hanya berselisih 1,29 meter dengan lokasi penelitian yang sebenarnya,sedangkan pada penelitian yang dilakukan di jembatan flyover,menghasilkan tingkat keakuratan yang kurang baik yakni memiliki selisih 26,85 meter dengan lokasi penelitian yang sebenarnya

Keywords


of things; kendaraan bermotor ; NodeMCU ESP8266

Full Text:

PDF

References


D. E. Putri.(2020)."Sistem Monitoring Keamanan Kendaran Bermotor Berbasis Mikrokontroler dan Android," Teknik Elektro Indonesia, vol. 1, no. 2, pp. 234-240.

Davit Nurhannavi,Fajar Yumono,Putri Nur Rahayu.(2021)”Rancang bangun alat keamanan sepeda motor berbasis IoT menggunakan NodeMCU dan GPS.

Irma Salamah, Ahmad Taqwa, Adi Tri Wibowo. 2020. Rancang Bangun Sistem Keamanan Sepeda Motor Berbasis IoT (Internet of Thing). Jurnal Fasilkom. Volume 10. Nomor 2. Halaman 103 – 112.

Andi Boy Panroy Manullang,Yuliarman Saragih,Rahmat Hidayat.(2021)” Implementasi NodeMCU ESP8266 Dalam rancang bangun sistem keamanan sepeda motor berbasi IoT.

Daniel Alexander Octavianus Turang (2015).”Pengembangan sistem relay pengendalian dan penghematan pemakaian lampu berbasis mobile.

Rizaldhi,Nindha Y,Santoso P.B.”Pelacakan lokasi sepeda motor menggunakan modul GPS U-Blox Neo6M dan GSM Sim800L”.Universitas Muhammadiyah Surakarta,2020.

Riyan Hamdani.”Pembuatan sistem pengamanan kendaraan bermotor berbasis radio frequency identification(RFID).

Deny Poniman Kosasih.(2020)”Pengaruh variasi larutan elektrolite pada accumulator terhadap arus dan tegangan.

Fatoni, A., Nugroho, D. D., & Irawan, A. (2015). Rancang Bangun Alat Pembelajaran Microcontroller Berbasis Atmega 328 di Universitas Serang Raya. Jurnal PROSISKO , 10-18.




DOI: https://doi.org/10.26618/jte.v14i2.10160

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 VERTEX ELEKTRO