MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECKS PADA SISWA KELAS VIIA SMP GUPPI SAMATA KABUPATEN GOWA
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas VIIA SMP Guppi Samata melalui pembelajaran kooperatif tipe pair checks pada semester ganjil tahun pelajaran 2009/2010 dengan jumlah siswa 30 orang. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan 2 siklus, siklus I terdiri 4 pertemuan dan siklus II terdiri dari 4 pertemuan. Teknik pengumpulan data adalah menggunakan lembar observasi dan tes dalam bentuk uraian pada setiap akhir siklus sesuai dengan materi yang diajarkan. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa, secara kualitatif terjadi beberapa perubahan. siswa menunjukan sikap antusias untuk mengikuti pelajaran, keberanian menyampaikan pendapat, tanggapan, bertanya mengenai materi yang belum dimengerti menjadi meningkat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adinawan, M Cholik. 2007. Matematika Untuk SMP. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Fahrul. 2007. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Inpres Batua II Bertingkat Makassar Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together. Skripsi UNISMUH Makassar.
Ibrahim, Muslimin dkk. 2005. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : Unesa University Press.
Junaedi, Syamsul. 2006. Matematika SMP. Surabaya: Gelora Aksara Permata.
Kunandar. 2008. Penelitian tindakan kelas. Jakarta : Rajawali Pers.
Nurhaini Dewi, 2008. Matematika Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: Pusat Pebukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Ratumanan. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Surabaya: Unesa University Press.
Rosnani. 2007. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Koopertif Model Missouri Mathematics Project Pada Siswa Kelas VIII SMP NEGERI 3 Herlang Kab.Bulukumba. skripsi UNISMUH Makassar.
Sagala, syaiful. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v2i1.7346
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View SIGMA Stats
INDEXED BY:
SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.