MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECKS PADA SISWA KELAS VIIA SMP GUPPI SAMATA KABUPATEN GOWA
DOI:
https://doi.org/10.26618/sigma.v2i1.7346Keywords:
pembelajaran kooperatif, tipe pair check, hasil belajar matematikaAbstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas VIIA SMP Guppi Samata melalui pembelajaran kooperatif tipe pair checks pada semester ganjil tahun pelajaran 2009/2010 dengan jumlah siswa 30 orang. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan 2 siklus, siklus I terdiri 4 pertemuan dan siklus II terdiri dari 4 pertemuan. Teknik pengumpulan data adalah menggunakan lembar observasi dan tes dalam bentuk uraian pada setiap akhir siklus sesuai dengan materi yang diajarkan. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa, secara kualitatif terjadi beberapa perubahan. siswa menunjukan sikap antusias untuk mengikuti pelajaran, keberanian menyampaikan pendapat, tanggapan, bertanya mengenai materi yang belum dimengerti menjadi meningkat.
References
Adinawan, M Cholik. 2007. Matematika Untuk SMP. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Fahrul. 2007. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Inpres Batua II Bertingkat Makassar Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together. Skripsi UNISMUH Makassar.
Ibrahim, Muslimin dkk. 2005. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : Unesa University Press.
Junaedi, Syamsul. 2006. Matematika SMP. Surabaya: Gelora Aksara Permata.
Kunandar. 2008. Penelitian tindakan kelas. Jakarta : Rajawali Pers.
Nurhaini Dewi, 2008. Matematika Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: Pusat Pebukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Ratumanan. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Surabaya: Unesa University Press.
Rosnani. 2007. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Koopertif Model Missouri Mathematics Project Pada Siswa Kelas VIII SMP NEGERI 3 Herlang Kab.Bulukumba. skripsi UNISMUH Makassar.
Sagala, syaiful. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by the SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika.
Universitas Muhammadiyah Makassar as the publisher of SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika hold the copyright regarding all the published articles in this journal.Universitas Muhammadiyah Makassar has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded ON THIS FORM.