PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 5 MAKASSAR
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 5 Makassar dengan melaksanakan pembelajaran matematika melalui pembelajaran kooperatif tipe make a match. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 5 Makassar pada semester ganjil tahun pelajaran 2009/2010 dengan jumlah siswa 26 orang. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, masing-masing siklus dilaksanakan sebanyak 4 kali pertemuan. Data hasil belajar yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan data hasil observasi dianalisis dengan analisis kualitatif. Setelah dilakukan pembelajaran selama 2 siklus, diperoleh kesimpulan bahwa hasil belajar siswa meningkat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Fahrul. 2007. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Inpres Batua II Bertingkat Makassar Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together. Skripsi UNISMUH Makassar.
Haling, Abdul. 2007. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.
Ibrahim, Muslim. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.
Kunandar. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rajawali Pers.
Ramadhan, Tarmizi. 2008. pembelajaran kooperatif “make a match”. Artikel (http://tarmizi.wordpress.com/2008/12/03/pembelajaran-kooperatif-make-a-match/). Diakses 11 april 2009.
Ratumanan. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Ambon: Unesa University Press.
Rosnani. 2007. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Koopertif Model Missouri Mathematics Project Pada Siswa Kelas VIII SMP NEGERI 3 Herlang Kab.Bulukumba. Skripsi UNISMUH Makassar.
Suherman, Erman. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Jurusan Matematika FMIPA Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.
Sulistianingsih, Murti. 2005. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif Number Heads Together (NHT) Pada Pokok Bahasan Pangkat Rasional Dan Bentuk Akar. Metodologi Penelitian Program Pasca Sarjan Pendidikan Matematika UNESA. Surabaya.
Widyaningsih, Wahyu. 2008. kel. 3 Cooperative Learning sebagai Model Pembelajaran Alternative untuk Meningkatkan Motivasi Siswa pada Mata Pelajaran Matematika. Makalah dipublikasikan melalui http://tpcommunity05. blogspot.com. diakses 11 April 2009.
Winkel, W.S. 2004. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.
DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v2i1.7345
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View SIGMA Stats
INDEXED BY:
SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.