PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 5 MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.26618/sigma.v2i1.7345Keywords:
Pembelajaran Kooperatif, Pembelajaran make a match, Hasil Belajar MatematikaAbstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 5 Makassar dengan melaksanakan pembelajaran matematika melalui pembelajaran kooperatif tipe make a match. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 5 Makassar pada semester ganjil tahun pelajaran 2009/2010 dengan jumlah siswa 26 orang. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, masing-masing siklus dilaksanakan sebanyak 4 kali pertemuan. Data hasil belajar yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan data hasil observasi dianalisis dengan analisis kualitatif. Setelah dilakukan pembelajaran selama 2 siklus, diperoleh kesimpulan bahwa hasil belajar siswa meningkat.
References
Fahrul. 2007. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Inpres Batua II Bertingkat Makassar Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together. Skripsi UNISMUH Makassar.
Haling, Abdul. 2007. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.
Ibrahim, Muslim. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.
Kunandar. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rajawali Pers.
Ramadhan, Tarmizi. 2008. pembelajaran kooperatif “make a match”. Artikel (http://tarmizi.wordpress.com/2008/12/03/pembelajaran-kooperatif-make-a-match/). Diakses 11 april 2009.
Ratumanan. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Ambon: Unesa University Press.
Rosnani. 2007. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Koopertif Model Missouri Mathematics Project Pada Siswa Kelas VIII SMP NEGERI 3 Herlang Kab.Bulukumba. Skripsi UNISMUH Makassar.
Suherman, Erman. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Jurusan Matematika FMIPA Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.
Sulistianingsih, Murti. 2005. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif Number Heads Together (NHT) Pada Pokok Bahasan Pangkat Rasional Dan Bentuk Akar. Metodologi Penelitian Program Pasca Sarjan Pendidikan Matematika UNESA. Surabaya.
Widyaningsih, Wahyu. 2008. kel. 3 Cooperative Learning sebagai Model Pembelajaran Alternative untuk Meningkatkan Motivasi Siswa pada Mata Pelajaran Matematika. Makalah dipublikasikan melalui http://tpcommunity05. blogspot.com. diakses 11 April 2009.
Winkel, W.S. 2004. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by the SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika.
Universitas Muhammadiyah Makassar as the publisher of SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika hold the copyright regarding all the published articles in this journal.Universitas Muhammadiyah Makassar has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded ON THIS FORM.