MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN YANG MELIBATKAN METAKOGNISI PADA SISWA KELAS XI IPA 3 SMA NEGERI 9 MAKASSAR
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika yang melibatkan metakognisi siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 9 Makassar pada semester ganjil tahun pelajaran 2009/2010 dengan jumlah siswa 34 orang. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan 2 siklus, siklus I terdiri 4 pertemuan dan siklus II terdiri dari 4 pertemuan. Teknik pengumpulan data adalah menggunakan lembar observasi dan tes dalam bentuk uraian pada setiap akhir siklus sesuai dengan materi yang diajarkan. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa, secara kualitatif terjadi beberapa perubahan. siswa menunjukan sikap antusias untuk mengikuti pelajaran, keberanian menyampaikan pendapat, tanggapan, bertanya mengenai materi yang belum dimengerti menjadi meningkat. Sedangkan secara kuantitatif, terjadi peningkatan skor rata-rata hasil belajar siswa Kelas XI IPA 3 SMA Negeri 9 Makassar yaitu dari kategori sedang dengan skor rata-rata 54,02 setelah pelaksanaan tindakan Siklus I menjadi kategori tinggi dengan skor rata-rata 66,17 setelah pelaksanaan Siklus II. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya pembelajaran yang melibat metakognisi pada siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 9 Makassar dalam proses pembelajaran, maka hasil belajar matematika, kehadiran, kesiapan dan keaktifan siswa dapat meningkat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ma’ruf. 2006. Peningkatan Kualitas Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Remedial dengan Tutor Sebaya. Skripsi. FKIP Unismuh Makassar
Mulbar Usman. 2008. Meteodologi Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Artikal FMIPA UNM. Makassar. http://d/wikipedia.org/wiki/metakognisi
Mulbar Usman. Files. Wordpres.com/2008/makalah seminar-nasional-di Bandung.usman –Mulbar.doc
Mutmainnah. 2008. Efektifitas Pembelajaran Matematika Melalui Pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk pokok bahasan persamaan kuadrat pada Siswa kelas X SMA Negeri 9 Makassar
Patmawati. 2007 peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) pada siswa kelas VIIIA SMP NEGERI 33 MAKASSAR. Skipsi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.
Ratumanan. T.G 2004. Belajar dan Pembelajaran. Surabaya : Unesa
Rusni. 2008. Penerapan Strategi belajar Metakognitif untuk meningkatkan Pemahaman Matematika Siswa Kelas X SMU Negeri 1 Lembang, Kabupaten Pinrang. Skripsi. FKIP Unismuh Makassar
Slameto. 1995 Belajar dan factor-faktor yang mempengaruhimya. Jakarta : Rineka cipta
DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v2i1.7344
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View SIGMA Stats
INDEXED BY:
SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.