PENERAPAN PEMANFAATAN LINGKUNGAN BELAJAR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SETTING KOOPERATIF PADA SISWA SMP DI TAKALAR

Ma'rup Ma'rup

Abstract


Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 3 Takalar dengan melaksanakan pembelajaran matematika melalui pemanfaatan lingkungan belajar sebagai media pembelajaran setting kooperatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 3 Takalar sebanyak 30 orang siswa yaitu 14 orang siswa laki-laki dan 16 orang siswa perempuan yang terdaftar pada tahun ajaran 2008/2009. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari 4 kali pertemuan yaitu 3 kali pertemuan untuk pembelajaran dan 1 kali pertemuan untuk tes siklus. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik statistik deskriptif. Setelah dilakukan pembelajaran selama dua siklus, diperoleh kesimpulan bahwa hasil belajar siswa meningkat.

Keywords


Lingkungan Belajar; Media; Kooperatif

Full Text:

PDF

References


Ahmadi Abu, dkk. 1997. Strategi Belajar Mengajar. Cet-I. Bandung: Pustaka Setia.

Arikunto, Suharsimi dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Cet-VI. Jakarta: Bumi Aksara.

Asman, Nur Ikhwan Rezki. 2008. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Komik Pada Siswa Kelas VI SD Negeri 195 Ekatiro Kabupaten Bulukumba. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Daud, Amir. 2007. Model-Model Pembelajaran. Makalah. Disajikan pada Kuliah Reguler Jurusan Pendidikan Matematika Univ. Muhammadiyah Makassar.

Depdiknas, 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Ed-3. Jakarta: Balai Pustaka.

Hamalik, Oemar. 1989. Media Pendidikan. Cet-VI. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Hidayah, Ashar. 2008. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Pendekatan Problem Posing Berlatar Kooperatif Pada Siswa Kelas II Akutansi 2 SMK Negeri 1 Sinjai. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Khaeruddin. 2008. Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Makalah. Disajikan pada Seminar Nasional Matematika Universitas Muhammadiyah Makassar, 10 Februari 2008.

Ratumanan, T.G. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Surabaya: Unesa University Press.

Sudjana, Nana dkk. 2001. Media Pengajaran. Cet-IV. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. 2006. Statistika Untuk Penelitian. Cet-IX. Bandung: Alfabeta.

Sukerti, 2007. Peningkatan Mutu Proses dan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Siswa Kelas VII 2 SMP Negeri 26 Makassar. Skripsi. Unismuh Makassar.

Sumarni, 2006. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Penemuan Terbimbing Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Herlang Kabupateng Bulukumba. Skripsi. Unismuh Makassar.




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v1i1.7341

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter


INDEXED BY: