KONTRIBUSI KREATIVITAS DAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Andi Alim Syahri

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto yang bertujuan untuk mengetahui kontribusi kreativitas belajar matematika dan minat belajar matematika terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sungguminasa.  Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sungguminasa yang terdaftar pada tahun ajaran 2013/2014. Pengambilan Sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tiga  instrumen, yaitu kuesioner kreativitas belajar matematika, kuesioner minat belajar matematika dan tes hasil belajar matematik. Hasil analisis statistika deskriptif menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sungguminasa dikategorikan sedang dengan skor rata-rata 66,29 dengan simpangan baku 14,11 dari skor ideal 100. Kreativitas belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sungguminasa dikategorikan tinggi dengan skor rata-rata 89,62 dengan simpangan baku 9,43 dari skor ideal 131,99. Sedangkan minat belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sungguminasa dikategorikan tinggi dengan skor rata-rata 86,78 dengan simpangan baku 11,74 dari skor ideal 125,25. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa kreativitas belajar matematika dan minat belajar matematika secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sungguminasa, dengan persamaan regresi Y = -24,318 + 0,762X1 + 0,257X2 dan koefisien determinasi  R2  = 0,372. Dari hasil analisis di atas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat kontribusi kreativitas belajar matematika dan minat belajar matematika terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sungguminasa.


Keywords


Kreativitas; Hasil Belajar; Minat Belajar

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono. 1999. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Ya-karta: Rineka Cipta

Agustin Wardiyati. 2006. Hubungan Antara Motivasi dengan Prestasi Belajar Bi-dang Studi Pendidikan Agama Islam. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sya-rif Hidayatullah. Jakarta

Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Anonim. 2003. Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang SISDIKNAS. Bandung: Citra Umbara

Anonim. 2011. http://luluvikar.wordpress.com/2010/12/05/minat/. Diakses pada tanggal 01 Januari 2013

Anonim. 2011. http://j3sra3l.wordpress.com/2010/11/30/menumbuhkan-motivasi-dan-minat-belajar-matematika/. Diakses pada tanggal 01 Januari 2013

Arikunto, S. 1999. Prosedur Penelitian. Rineka Cipta. Yogyakarta

Crow and Crow. 1988. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta

Darwis, M. 2007. Model Pembelajaran Matematika Yang Melibatkan Kecerdasan Emosional. Surabaya: Program Pascasarjana Program Studi Pendidikan Matematika UNS.

Dimyati, Mudjiono. 1989. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah, Syaiful Bahri dan Azwan Zain. 1994. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Djaali. 2006. Psikologi Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta

Hasbullah. 1996. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Hamalik, Oemar. 2003. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara

Hudoyo, Herman. 1990. Strategi Belajar Mengajar Matematika. Malang: IKIP Malang

Irfani, Muhammad. 2010. http://muhammadirfani.wordpress.com/2009/01/12 /menghilangkan-kejenuhan-dalam-belajar-matematika-2/. Diakses pada tanggal 02 November 2012

Loekmono, J.T Lobby. 1994. Belajar Bagaimana Belajar. Salatiga : BPK Gunung Mulia

Muhkal, M. 2009. Materi Kuliah Strategi Belajar Mengajar Matematika. Makassar: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar

Muhkal, M. 1994. Hubungan Antara Konsep Diri Matematika Dan Motivasi Berprestasi Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa-Siswa Kelas 1 SMA Negeri Di Kota Madya Ujung Pandang: Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Malang Program pasca Sarjana.

Muhkal, M dan Intang Baso. 1998. Pengaruh Antara Konsep Diri Matematika Dan Motivasi Berprestasi Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa-Siswa Kelas 1 SMA Negeri Di Kota Madya Ujung Pandang: Makassar: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar.

Paduppai, D. 2003. Respons Hasil Belajar Mahasiswa Atas Kecerdasan Emosional Berdasarkan Pola asuh Orang Tua. Laporan Penelitian Research Grant Semi-QUE V. Makassar: Jurusan Matematika FMIPA UNM Makassar.

Paduppai, D. 2003. Faktor-faktor Penentu Kecerdasan Emosi Dikaitkan Dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Berdasarkan Gender (Survei Korelasional pada Mahasiswa Jurusan Matematika FMIPA UNM Makassar). Laporan Penelitian Research Grant Semi-QUE V. Makassar: Jurusan Matematika FMIPA UNM Makassar.

Pasaribu, I. L. 1983. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Tarsito

Porter, Bobbi De dan Mike Hernacki. 2000. Quantum Learning. Bandung: Kaifa

Ruseffendi, E. T. 1990. Pengantar Kepada Guru Mengembangkan Kompetensinya Dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito

Sardiman, A. M. 1987. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers

Semiawan, Conny R. 2002. Belajar dan Pembelajaran Dalam Taraf Pendidikan Usia Dini. Jakarta: PT. Prenhallindo

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sudarsono, Joko. 2003. Menumbuhkan Minat Belajar Untuk Mencapai Sukses dalam Studi. Dalam Majalah Remaja Gen 2000. No. 04. Th. II.Tri Wulan IV 2003. Hal 28 dan 29

Sudjana, Nana. 1994. Dasar-dasar Penelitian pendidikan. Sinar Baru. Bandung

Gie, The Liang. 1995. Cara Belajar Yang Efisien. Yogyakarta: Liberty

Tiro, Muhammad Arif. 2008. Statistika Sebaran Bebas Edisi Kedua. Makassar: Andhira Publisher

Wahid, Abdul. 1998. Menumbuhkan Minat dan Bakat Anak. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Winkel, W.S. 1983. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v6i1.7243

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter


INDEXED BY: