PENGARUH MOTIVASI DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Hasaruddin Hafid, Hardiani Hardiani

Abstract


Tinggi dan rendahnya hasil belajar matematika dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Beberapa faktor diantaranya adalah faktor motivasi dan minat belajar. Motivasi yang rendah dapat menimbulkan rasa malas untuk mengikuti pelajaran serta minat yang rendah dapat membuat siswa tidak aktif dalam pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh motivasi dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Negeri Kompleks IKIP Makassar baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersamaan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh motivasi dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Negeri Kompleks IKIP Makassar baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersamaan. Pendekatan yang digunakan dalam pelaksanaan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif deskriptif. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian ex-post facto. Sampel yang menjadi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Kompleks IKIP Makassar, dengan jumlah siswa sebanyak empat puluh sembilan orang, Data dalam penelitian dikumpulkan melalui angket, dokumentasi, uji validitas, dan uji reliabilitas. Selanjutnya diolah dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama: terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Negeri Kompleks IKIP Makassar. Motivasi belajar matematika berada pada kategori sedang. Kedua: terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara minat belajar terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Negeri Kompleks IKIP Makassar. Minat belajar matematika berada pada kategori cukup tinggi. Ketiga: terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan minat belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Negeri Kompleks IKIP Makassar. Hasil belajar matematika berada pada kategori sedang.

Keywords


Motivasi; Minat Belajar; Matematika

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono. 1996. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. De-partemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Ali Gunawan, Muhammad. 2013. Statistik Untuk Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Parama Publishing.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Bundu, Patta. 2012. Asesmen Pembelajaran. Makassar: Hayfa Press.

Dimyati & Mudjiono. 2006. Belajar Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djaali. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Kurniawan, Albert. 2009. Belajar Mudah SPSS Untuk Pemula. Yogyakarta: MediaKom.

Mamang, Etta dan Sopiah. 2010. Metodologi Penelitian (Pendekatan Praktis Da-lam Penelitian). Yokyakarta: Andi.

Mappasoro. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Universitas Negeri Makassar.

Runtukahu, Tombokan. 1996. Pengajaran Matematika Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Sahabuddin. 2007. Mengajar dan Belajar. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Salim. 2010. Pengaruh Minat dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas VIII Semester 1 SMP Negeri 1 GU. Proposal Penelitian. Tidak Diterbitkan. Kendari: FKIP Kendari.

Sinring, Abdullah, dkk. 2012. Pedoman Penulisan Skripsi Program S-1 Fakultas Ilmu Pendidikan UNM. Universitas Negeri Makassar.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung. Alfabeta.

___________Statistik Untuk Penelitian. Bandung. Alfabeta.

Syah, Muhibbin. 2009. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pen-didikan Nasional. Jakarta: Cemerlang.

Uno, Hamzah B. 2013. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v6i1.7242

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter


INDEXED BY: