PENGARUH METAKOGNISI DAN EFIKASI DIRI TERHADAP KE-MAMPUAN MENYELESAIAKAN SOAL MATA KULIAH PENGAN-TAR DASAR MATEMATIKA

Ma'rup Ma'rup, Syafaruddin Syafaruddin

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mendapat gambaran pengaruh metakognisi, efikasi diri terhadap kemampuan menyelesaikan soal mata kuliah pengantar dasar matematika. Metode yang digunakan adalah Penelitian ex-post facto yang dirancang untuk menerangkan adanya hubungan sebab akibat antar variabel dan menguji hipotesis yang telah dirumuskan. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh mahasiswa matematika, serta sampelnya ditentukan dengan menggunakan teknik sampling acak strata. Instrumen yang digunakan adalah angket dan tes hasil belajar. Pada tahap berikutnya yaitu tahap melakukan pengumpulan data berdasarkan instrumen yang telah diperoleh, diterapkan pada sampel yang dipilih dalam kegiatan  penelitian ini. Teknik analisis yang digunakan adalah statistika deskriptif, diperlukan untuk mendeskripsikan data dari variabel-variabel penelitian yang diajukan. Adapun penyelidikan mengenai pengaruh dari variabel-variabel dari penelitian ini digunakan analisis jalur (Path Analysis). Hasil pada penelitian ini yaitu rata-rata efikasi diri mahasiswa 70,17 dari skor ideal 97 sedangkan rata-rata skor metakognisi siswa adalah 76 dari skor ideal 97 dan rata-rata skor hasil belajar pengantar dasar matematika adalah 72,7 dari skor ideal 92 yang berarti efikasi diri dan metakognisi serta hasil belajar mahasiswa berada dalam kategori sedang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efikasi diri dan metakognisi berpengaruh positif terhadap kemampuan menyelesaikan soal mata Kuliah Pengantar Dasar Matematika. Hal ini dapat dilihat pada tabel signifikansi jalur dimana pengaruh langsung efikasi diri terhadap kemampuan menyelesaikan soal bernilai positif yaitu sebesar 0,213. Demikian halnya dengan metakognisi yang juga berpengaruh positif terhadap kemampuan menyelesaikan soal yaitu sebesar 0,693. Pengaruh efikasi diri terhadap kemampuan menyelesaikan soal sebesar 0,213 menunjukkan bahwa peningkatan efikasi diri sebesar satu satuan akan meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal sebesar 0,213. Pengaruh metakognisi terhadap kemampuan menyelesaikan soal sebesar 0,693 menunjukkan bahwa peningkatan metakognisi sebesar satu satuan akan meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal sebesar 0,693. Dengan kata lain mahasiswa yang mempunyai pengetahuan yang tinggi mengenai dirinya sendiri sebagai individu yang belajar maka kemampuan menyelesaikan soalnya juga akan semakin tinggi.

Keywords


Pengaruh, Metakognisi; Efikasi Diri; Kemampuan Menyelesaiakan Soal

Full Text:

PDF

References


Bandura, A. 1997. Self Efficacy: The Exercise of Control. New York. Freeman.

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Fokus Media.

Ghufron & Risnawita. 2011. Teori-teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hadi, S. 1997. Metodologi research. Jilid III. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Livingstone, Jennifer A. 1997 “Metacognition: An Overview” Tersedia pada: http: //www.gse.buffalo.edu/fas/shuell/CEP564/Metacog.html.) diakses: Pada 10 November 2011.

Muhiddin, S A & Abdurrahman, M. 2007. Analisis Korelasi Dan Regresi dan Jalur dalam Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.

Mulbar, Usman. 2008 “Metakognisi Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Ma-tematika”.Tersedia pada: http//www.usmanmulbar.files. wordpress. com. Diakses pada 10 November 2011.

Norwich, B. 1987. Self Efficacy and Mathematics Achievement: a Study of Their Relation. Journal of Educational Psychology, 79 (4), 384-387.

Nurdin. 2007. Model Pembelajaran Matematika yang Membutuhkan Kemampuan Metakognitif untuk Menguasai Bahan Ajar. Ringkasan Disertasi. Tidak Diterbitkan. Program Pascasarjana Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Negeri Surabaya.

Omrod, Ellis Jeane. 2008. Psikologi Pendidikan (Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang). Jakarta: Erlangga.

Slavin, E Robert. 2008. Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik. Jakarta: Indeks

Suherman, Herman., dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Tiro, M A, Sukarna, Aswi. 2010. Analisis Jalur. Makassar: Andira Publisher.

Woolfolk, A. 2009. Educational Psychology Active Learning Edition. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v6i1.7241

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter


INDEXED BY: