PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS DAN KEMAMPUAN VERBAL TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA MELALUI KEMAMPUAN PENALARAN DAN KOMUNIKASI PADA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADI-YAH SE-KOTA MAKASSAR

Wahyuddin Wahyuddin

Abstract


Salah satu tolak ukur keberhasilan siswa adalah dengan melihat hasil belajar siswa, rendahnya kemampuan siswa dalam mengerjakan soal cerita terlihat dari banyaknya kesalahan siswa dalam mengerjakan soal-soal cerita sehingga prestasi matematika siswa rendah. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya kemampuan siswa dalam mengerjakan soal cerita matematika, namun dalam penelitian ini dibatasi pada kemampuan berpikir logis, kemampuan verbal, kemampuan penalaran dan komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan berpikir logis, kemampuan verbal, kemampuan penalaran dan komunikasi, dan kemampuan menyelesaikan soal cerita serta untuk mengetahui pengaruh kemampuan berpikir logis, kemampuan verbal, dan kemampuan penalaran dan komunikasi terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Se-Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto yang bersifat kausalitas. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Se-Kota Makassar Tahun Ajaran 2012-2013 sebanyak 1048 siswa yang tersebar di dalam 10 sekolah dan jumlah sampel sebanyak 145 siswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu stratified cluster random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes masing-masing variable dengan teknik analisis data yang digunakan adalah statistika deskriptif dan analisis jalur (Path Analisys). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) tingkat kemampuan berpikir logis, tingkat kemampuan verbal, tingkat kemampuan penalaran dan kominikasi, dan tingkat kemampuan menyelesaikan soal cerita siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Se-Kota Makassar berada pada kategori sedang; 2) kemampuan berpikir logis dan kemampuan verbal berpengaruh positif terhadap kemampuan penalaran dan komunikasi; 3) berpikir logis dan kemampuan verbal berpengaruh positif terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika baik secara langsung maupun melalui kemampuan penalaran dan komunikasi; 4) kemampuan penalaran dan komunikasi berpengaruh positif terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Se-Kota Makassar.


Keywords


Kemampuan berpikir logis; kemampuan verbal; kemampuan penalaran; komunikasi kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika

Full Text:

PDF

References


Armiati, 2011. Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis, Komunikasi Ma-tematis dan Kecerdasan Emosional Mahasiswa Melalui Pembelajaran Ber-basis Masalah. Disertasi UPI. Tidak diterbitkan.

Burhanuddin, 2012. Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif dan Kemampuan Verbal terhadap Hasil Belajar Ips Siswa MTS Ulumul Qur’an Langsa. Jurnal Tabularasa, PPS Unimed.

Dian Usdiyana, dkk. 2009. Meningkatkankemampuan Berpikir Logis Siswa SMP Melalui Pembelajaranmatematika Realistik, Jurnal Pengajaran MIPA, Vol. ISSN: 1412-0917 13 No. 1 .

Izzati, Nur. 2012. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Ke-mandirian Belajar Siswa SMP melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Disetasi. UPI Tidak Diterbitkan.

Okvita Margy Astuti. 2009. Pengaruh Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Materi Pokok Fungsi Melalui Model Pembelajaran Problem Posing pada Siswa Kelas VIII SMP N 10 Semarang.Tesis UNS.

Pakasi, S. (1985). Anak dan Perkembangannya. Jakarta: Gramedia.

Saifullah. 2004. Mencerdaskan Anak (Mengoptimalkan Kecerdasan Intelektual, Emosi dan Spiritual Anak). Jombang : Lintas Media.

Suhendri, Huri. 2010. Pengaruh Kecerdasan Matematis-Logis dan Rasa Percaya Diri terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Faktor, Edisi November –Desember, 14-28.

Upu & Awi, 2009. Menjelajahi Penalaran Matematis dan Komunikasi pada Siswa Kelas VIII SMP Pesantren Immim Putra Makassar dengan Model Pem-belajaran Jigsaw. (http://blog.unm.ac.id/hamzahupu/)

Wardhani, Sri. 2008. Paket Fasilitasi Pemberdayaan KKG/MGMP Matematika.




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v6i1.7240

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter


INDEXED BY: