ANALISIS PEMAHAMAN MAHASISWA TERHADAP KONSEP LIMIT FUNGSI DI SATU TITIK (STUDI KASUS PADA MAHASISWA JURUSAN MATEMATIKA FMIPA UNM)
Abstract
Konsep limit fungsi merupakan konsep dasar untuk membangun beberapa konsep kalkulus lainnya, misalnya turunan dan integral. Konsep limit fungsi di satu titik perlu dipahami oleh mahasiswa agar konsep yang didasarkan pada konsep limit juga dapat dipahami. Namun beberapa mahasiswa yang telah belajar konsep limit fungsi di satu titik belum memahami dengan benar konsep limit fungsi di satu titik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemahaman mahasiswa terhadap konsep limit fungsi di satu titik. Pemahaman yang dimaksud dalam penelitian ini adalah pemahaman instrumental (mampu menuliskan konsep limit fungsi di satu titik tetapi tidak mampu menjelaskan dengan tepat) dan pemahaman relasional (mampu menuliskan dan menjelaskan konsep limit fungsi di satu titik dengan tepat). Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah tiga orang mahasiswa Jurusan Matematika yaitu seorang berkemampuan tinggi yang selanjutnya disebut subjek tinggi (ST), berkemampuan sedang yang selanjutnya disebut subjek sedang (SS), dan berkemampuan rendah yang selanjutnya disebut subjek rendah (SR). Fokus penelitian adalah mendeskripsikan pemahaman mahasiswa terhadap konsep limit fungsi di satu titik yang meliputi pemahaman instrumental dan pemahaman relasional. Untuk mengungkap data penelitian, dilakukan wawancara berbasis tugas kepada subjek penelitian. Data penelitian divalidasi dengan melakukan triangulasi waktu yaitu melakukan wawancara dalam waktu cukup lama dengan wawancara sebelumnya. Data penelitian dianalisis dengan (a) menelaah data subjek dan membandingkan data wawancara untuk memperoleh data yang valid, (b) melakukan reduksi data dengan membuat abstraksi, (c) mengklasifikasi dan mengidentifikasi data untuk menarik kesimpulan dari data. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) pemahaman subjek tinggi (ST): (a) pemahaman terhadap 15ε"> dan 15δ"> termasuk pemahaman relasional, (b) pemahaman terhadap kalimat berkuantor termasuk pemahaman instrumental, sedangkan pemahaman terhadap kalimat implikasi termasuk pemahaman relasional,
(c) pemahaman terhadap nilai mutlak sebagai jarak termasuk pemahaman relasional, (d) pemahaman fungsi dan grafik fungsi termasuk pemahaman relasional,
(e) pemahaman dalam menginplementasikan definisi formal limit fungsi untuk membuktikan kebenaran nilai limit termasuk pemahaman relasional; (2) pemahaman subjek sedang (SS): (a) pemahaman terhadap 15ε"> dan 15δ"> termasuk pemahaman relasional, (b) pemahaman terhadap kalimat berkuantor dan kalimat implikasi termasuk pemahaman relasional, (c) pemahaman terhadap nilai mutlak sebagai jarak termasuk pemahaman relasional, (d) pemahaman fungsi dan grafik fungsi termasuk pemahaman instrumental, (e) pemahaman dalam menginplementasikan definisi formal limit fungsi untuk membuktikan kebenaran nilai limit termasuk pemahaman instrumental; (3) pemahaman subjek rendah (SR): (a) pemahaman terhadap makna 15ε"> dan 15δ"> termasuk pemahaman instrumental, sedangkan pemahaman terhadap kaitan keduanya termasuk pemahaman relasional, (b) pemahaman terhadap kalimat berkuantor termasuk pemahaman instrumental, sedangkan pemahaman terhadap kalimat implikasi termasuk pemahaman relasional, (c) pemahaman terhadap nilai mutlak sebagai jarak termasuk pemahaman instrumental, (d) pemahaman fungsi dan grafik fungsi termasuk pemahaman relasional, (e) pemahaman dalam menginplementasikan definisi formal limit fungsi untuk membuktikan kebenaran nilai limit termasuk pemahaman instrumental
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Zainal. 2011. http://www.masbied.com/2011/09/02/definisi-pemahaman-menurut-para-ahli/. Diakes 14 November 2011.
Akib, Irwan. 2001. “Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Memahami Konsep-Konsep dalam Struktur Aljabar”. Jurnal Pendidikan Matematika dan Ma-tematika. Makassar: Jurusan Matematika FMIPA UNM.
Apostol, Tom. 1966. Calculus Volume 1 Second Edition. California.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Ak-sara.
Badriyah. 2011. http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2137417-pengertian-pemahaman-siswa/ . Diakses, 18 November 2011.
Badudu. 1996. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Bartle, R. G. 1999. Introduction to Real Analysis Third Edition. New York.
Dosen-dosen Jurusan Matematika. 2004. Kalkulus I. Surabaya: Jurusan Matemat-ika FMIPA ITS.
Minggi, Ilham. 2010. Profil Intuisi Mahasiswa dalam Memahami Konsep Limit Fungsi Berdasarkan Perbedaan Gender. Disertasi Tidak diterbitkan. Sura-baya: PPs Unesa.
Purcell. 1999. Kalkulus dan Geometri Analitis Jilid I Edisis Kelima. Jakarta: Er-langga.
Rahman, Abdul. 2002. “Pembentukan, Pemahaman, dan Pengajaran Konsep Ma-tematika”. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. Makassar: FMIPA UNM Ma-kassar.
Russefendi. 2006. Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.
Santrock, John W. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Skemp, R. 1987. The Psychology of Learning Mathematics. Expanded American Edition. New Jersey: Lawrence Elbaum Associates. Publishers.
Skemp, R. 2005. Relational Understanding and Instrumental Understanding. http://www.blog.republicofmath.com/archives/654. Diakses, 18 November 2011.
Soedjadi, R. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia, Konstatasi Keadaan Masa Kini Menuju Harapan Masa Depan. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Sudirman. 2010. Profil Kesalahan Siswa dalam Menjawab Soal Limit Fungsi dan Alternatif Mengatasinya pada Siswa Kelas XI-IA SMA Negeri 15 Makas-sar. Tesis. Tidak diterbitkn. Makassar: PPs UNM.
Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suradi. 2001. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika. Makassar: Jurusan Matematika FMIPA UNM.
Suradi, dkk. 1994. Penelitian Studi Eksplorasi Penguasaan Konsep Pecahan di Sekolah Dasar. Laporan Hasil. Ujung Pandang: Lembaga Penelitian Insti-tut Keguruan dan Ilmu Pengetahuan.
Syamri, La Ode. 2010. http://id.shvoong.com/writing-and-speaking/2035426-pengertian-konsep/. Diakses, 18 November 2011.
Winkel, W. S. 2004. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi
DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v6i1.7239
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View SIGMA Stats
INDEXED BY:
SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.