MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN PEMBERIAN TUGAS BENTUK SUPERITEM

Khaeruddin Khaeruddin, Rostina Megawati

Abstract


Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika Siswa Kelas IXB SMPN 3 Mangarabombang Kabupaten Takalar melalui model pembelajaran langsung dengan pemberian tugas bentuk Superitem. Subjek penelitian ini adalah Siswa Kelas IXB Tahun pelajaran 2011/ 2012 sebanyak 37 siswa yang terdiri dari 20 orang perempuan dan 17 orang laki- laki. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa  : (1) Skor rata- rata hasil belajar siswa sebelum dilakukan tindakan yaitu 57, 00 dengan siswa yang tuntas belajar secara individu sebanyak 14 orang dengan ketuntasan klasikal 37, 83%. (2) Siklus I skor rata- rata siswa yaitu  58,24% dari skor ideal 100, dengan siswa yang tuntas belajar secara individu sebanyak 22 orang dengan ketuntasan klasikal 61,11%.(3) Siklus II skor rata- rata siswa yaitu 71,10 dari skor ideal 100, dengan siswa yang tuntas belajar secara individu 34 orang sedangkan ketuntasan klasikal 91,89%. Penerapan model pengajaran langsung dengan pemberian tugas bentuk Superitem dapat meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran materi Statistika. Hal ini diindikasikan dari terjadinya peningkatan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran serta secara kuantitatif terpenuhinya semua kriteria yang telah ditetapkan. Siswa menunjukkan respon positif terhadap penerapan model pengajaran langsung dengan pemberian tugas Superitem pada materi Statistika. Hal ini dilihat dari hasil angket siswa yang memberikan respon positif terhadap aspek- aspek yang ditanyakan. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah terjadi peningkatan hasil belajar matematika Siswa Kelas IXB SMP Negeri 3 Mangarabombang Kab. Takalar, setelah dilakukan model pengajaran langsung dengan pemberian.


Keywords


Hasil Belajar; Pemberian Tugas; Superitem

Full Text:

PDF

References


Atherton,JS. 2010.http://www.learningandteaching. info/learning/solo.htm&prev.

Aqib, Zainal. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: YRAMA WIDYA

Dimyati & Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: RINEKA CIPTA

Firdaus,Ahmad.2009.http://madfirdaus.wordpress.com/2009/11/17/tugas-matematika-bentuk-superitem/.Html.

Herdian.2009.http//herdy07.wordpress.com.Model Pembelajaran Superitem/.htm.

Mulyani S & Johar Permana. 1999. Strategi Belajar Mengajar. Depdikbud

Purwanto, Ngalim. 1984. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA

Sri Anita W. 2008. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: UT

Subarkah, Muhammad. 2010.http://barka_ha55@yahoo.co.id. Macam-macam Mo-del Pembelajaran/.Html.

Suyadi. 2010. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Jogjakarta: DIVA PRESS

Trianto. 2007. Model- model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: PRESTASI PUSTAKA




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v4i2.7232

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View SIGMA Stats

Flag Counter


INDEXED BY:

      

 

 

SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.