MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN PEMBERIAN TUGAS BENTUK SUPERITEM
DOI:
https://doi.org/10.26618/sigma.v4i2.7232Keywords:
Hasil Belajar, Pemberian Tugas, SuperitemAbstract
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika Siswa Kelas IXB SMPN 3 Mangarabombang Kabupaten Takalar melalui model pembelajaran langsung dengan pemberian tugas bentuk Superitem. Subjek penelitian ini adalah Siswa Kelas IXB Tahun pelajaran 2011/ 2012 sebanyak 37 siswa yang terdiri dari 20 orang perempuan dan 17 orang laki- laki. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Skor rata- rata hasil belajar siswa sebelum dilakukan tindakan yaitu 57, 00 dengan siswa yang tuntas belajar secara individu sebanyak 14 orang dengan ketuntasan klasikal 37, 83%. (2) Siklus I skor rata- rata siswa yaitu 58,24% dari skor ideal 100, dengan siswa yang tuntas belajar secara individu sebanyak 22 orang dengan ketuntasan klasikal 61,11%.(3) Siklus II skor rata- rata siswa yaitu 71,10 dari skor ideal 100, dengan siswa yang tuntas belajar secara individu 34 orang sedangkan ketuntasan klasikal 91,89%. Penerapan model pengajaran langsung dengan pemberian tugas bentuk Superitem dapat meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran materi Statistika. Hal ini diindikasikan dari terjadinya peningkatan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran serta secara kuantitatif terpenuhinya semua kriteria yang telah ditetapkan. Siswa menunjukkan respon positif terhadap penerapan model pengajaran langsung dengan pemberian tugas Superitem pada materi Statistika. Hal ini dilihat dari hasil angket siswa yang memberikan respon positif terhadap aspek- aspek yang ditanyakan. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah terjadi peningkatan hasil belajar matematika Siswa Kelas IXB SMP Negeri 3 Mangarabombang Kab. Takalar, setelah dilakukan model pengajaran langsung dengan pemberian.
References
Atherton,JS. 2010.http://www.learningandteaching. info/learning/solo.htm&prev.
Aqib, Zainal. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: YRAMA WIDYA
Dimyati & Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: RINEKA CIPTA
Firdaus,Ahmad.2009.http://madfirdaus.wordpress.com/2009/11/17/tugas-matematika-bentuk-superitem/.Html.
Herdian.2009.http//herdy07.wordpress.com.Model Pembelajaran Superitem/.htm.
Mulyani S & Johar Permana. 1999. Strategi Belajar Mengajar. Depdikbud
Purwanto, Ngalim. 1984. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA
Sri Anita W. 2008. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: UT
Subarkah, Muhammad. 2010.http://barka_ha55@yahoo.co.id. Macam-macam Mo-del Pembelajaran/.Html.
Suyadi. 2010. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Jogjakarta: DIVA PRESS
Trianto. 2007. Model- model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: PRESTASI PUSTAKA
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by the SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika.
Universitas Muhammadiyah Makassar as the publisher of SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika hold the copyright regarding all the published articles in this journal.Universitas Muhammadiyah Makassar has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded ON THIS FORM.