Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (Classroom-Action-Research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui strategi Gallery 0f Learning pada siswa kalas VIIc SMP Negeri 3 Mangarabombang Kabupaten Takalar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIc SMP Negeri 3 Mangarabombang Kabupaten Takalar Semester Ganjil, Tahun Pelajaran 2011/2012, sebanyak 27 orang siswa (18 laki-laki dan 9 perempuan). Penelitian ini dilaksanakan dua siklus. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar matematika, dan lembar observasi . Data kualitatif dan data kuantitatif yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil yang diperoleh setelah diadakan tindakan berupa penerapan strategi Gallery of Learning yaitu siklus I diperoleh skor rata-rata 57,59 dengan standar deviasi 16.05 dengan skor ideal 100, berada pada kategori rendah. Mengalami peningkatan pada siklus II skor rata-rata menjadi 80,04 dengan standar deviasi 15,42 dengan skor ideal 100, berada pada kategori tinggi. Hasil observasi dan tanggapan siswa menunjukkan adanya perubahan aktivitas siswa antara lain siswa menjadi lebih aktif dalam proses belajar, perhatian siswa dalam pembahasan materi pelajaran meningkat, motivasi siswa untuk belajar meningkat sehingga semangat siswa mengalami peningkatan dalam menyelesaikan tugas yang diberikan, keberanian siswa bertanya materi pelajaran yang belum dimengerti dan menjawab pertanyaan lisan guru mengalami peningkatan, siswa yang percaya diri mengerjakan soal di papan tulis mengalami peningkatan, dan siswa yang aktif pada saat kerja kelompok mengalami peningkatan. Hal ini menunjukkan bahwa semangat, keberanian dan rasa percaya diri siswa mengalami peningkatan selama proses pembelajaran berlangsung setelah diterapkan strategi Gallery of Learning. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan strategi Gallery of Learning terjadi peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VIIc SMP Negeri 3 Mangarabombang Kabupaten Takalar.
Keywords
Hasil Belajar; Strategi; Gallery of Learning
References
Arikunto, Suharsimi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Ayudiah, Fitri. 2007/2008. Kesiapan Guru Negeri Di Kabupaten Brebes Utara Dalam Melaksanakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ). (diakses dari internet). http: //www.digilib,unes.Ac.Id / gsdi /colled /
skripsi / indes /assoc / HASHOib/9390bb4. Dir / doc. Pdf. ( 8/10/2011).
Dalyono, M. 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Asdi Mahasatya.
Mulyasa, E. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Silberman, Mel. 2002. Active Lerning. Nuansa Bandung
Slameto, 2003. belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta. Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. 1990. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Syah, Muhibbin. 2004. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.