HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR IPA
DOI:
https://doi.org/10.26618/sigma.v7i2.7217Keywords:
Hubungan, Minat Belajar, Hasil BelajarAbstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui seberapa besar Hubungan Antara Minat Belajar dan Hasil Belajar IPA. Penelitian dilaksanakan di SDN 122 Pangbuluran Desa Salukanan Kecamatan Baraka Kabupaten Enrekang, dengan memilih 34 orang siswa sebagai sampel yang terdiri dari 3 kelas, sedangkan pengumpulan data menggunakan teknik kuisioner, dokumentasi, dan wawancara. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hubungan antara minat belajar (X), berpengaruh signifikan tehadap hasil belajar IPA (Y) yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 2,74. Sedangkan untuk uji signifikan uji r diperoleh bahwa rhitung yang diperoleh adalah lebih besar dari rtabel (2,74 > 0,329).
References
Ali, M. 1993. Guru dan Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo
Arikunto,Suharsim. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Asrori, Mohammad, 2007. Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima
Bundu,Patta. 2006. Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah Dalam Pem-belajaran Sains Di Sekolah Dasar. Jakarta : Depdiknas.Dikti.Direktorat ketenagaan
Gie, Liang. 1998. Cara Belajar yang Efisien. Yogyakarta: Liberti.
Gagne.1988.bimbingan dan penyuluhandi sekolah .jakarta:andi offset.
Hadiat, dkk. 1996. Alam Sekitar 6 . Jakarta: Bumi Aksara.
Hardjana. 1994. Kiat Sukses di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Kanisius.
Hartono. (2005:14). Teori Belajar Dan Pmbelajaran. Jakarta: Perpustakaan Nasion-al.
Kartono, Kartini. 2004. Bimbingan Belajar di SMU dan Perguruan Tinggi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Lukman, dkk. 1997. Pelajaran IPA kelas VI. Jakarta: Erlangga.
Nasution, Noehi, dkk. 2000. Pendidikan IPA di SD. Jakarta : Depdikbut. Direktorat Dikti.
Nurkacana.1993:230 Teori Belajar Dan Pmbelajaran. Jakarta: Perpustakaan Na-sional.
Sardiman (2007:95). Teori Belajar Dan Pmbelajaran. Jakarta: Perpustakaan Na-sional.
Semiawan, dkk. 1986. Pendidikan Keterampilan Proses. Jakarta: Gramedia.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Bina Aksara.
Sudarnoto. 1994. Tuntunan Metodologi Belajar. Jakarta: Grasindo.
Sumatowa, Usman. 1999. Bagaimana pembelajaran IPA di SD. Jakarta: Dirjen Dikti.
Syah, Muhibin. 1977. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007 tentang standar Proses
Pusat Kurikulum.2006. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Puskur
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by the SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika.
Universitas Muhammadiyah Makassar as the publisher of SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika hold the copyright regarding all the published articles in this journal.Universitas Muhammadiyah Makassar has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded ON THIS FORM.