HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR IPA

Andi Marliah Bakri

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui seberapa besar Hubungan Antara Minat Belajar dan Hasil Belajar IPA. Penelitian dilaksanakan di SDN 122 Pangbuluran Desa Salukanan Kecamatan Baraka Kabupaten Enrekang, dengan memilih 34 orang siswa sebagai sampel yang terdiri dari 3 kelas, sedangkan pengumpulan data menggunakan teknik kuisioner, dokumentasi, dan wawancara. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hubungan antara minat belajar (X), berpengaruh signifikan tehadap hasil belajar IPA (Y) yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 2,74. Sedangkan untuk uji signifikan uji r diperoleh bahwa rhitung yang diperoleh adalah lebih besar dari rtabel  (2,74 > 0,329).


Keywords


Hubungan; Minat Belajar; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Ali, M. 1993. Guru dan Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo

Arikunto,Suharsim. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Asrori, Mohammad, 2007. Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima

Bundu,Patta. 2006. Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah Dalam Pem-belajaran Sains Di Sekolah Dasar. Jakarta : Depdiknas.Dikti.Direktorat ketenagaan

Gie, Liang. 1998. Cara Belajar yang Efisien. Yogyakarta: Liberti.

Gagne.1988.bimbingan dan penyuluhandi sekolah .jakarta:andi offset.

Hadiat, dkk. 1996. Alam Sekitar 6 . Jakarta: Bumi Aksara.

Hardjana. 1994. Kiat Sukses di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Kanisius.

Hartono. (2005:14). Teori Belajar Dan Pmbelajaran. Jakarta: Perpustakaan Nasion-al.

Kartono, Kartini. 2004. Bimbingan Belajar di SMU dan Perguruan Tinggi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Lukman, dkk. 1997. Pelajaran IPA kelas VI. Jakarta: Erlangga.

Nasution, Noehi, dkk. 2000. Pendidikan IPA di SD. Jakarta : Depdikbut. Direktorat Dikti.

Nurkacana.1993:230 Teori Belajar Dan Pmbelajaran. Jakarta: Perpustakaan Na-sional.

Sardiman (2007:95). Teori Belajar Dan Pmbelajaran. Jakarta: Perpustakaan Na-sional.

Semiawan, dkk. 1986. Pendidikan Keterampilan Proses. Jakarta: Gramedia.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Bina Aksara.

Sudarnoto. 1994. Tuntunan Metodologi Belajar. Jakarta: Grasindo.

Sumatowa, Usman. 1999. Bagaimana pembelajaran IPA di SD. Jakarta: Dirjen Dikti.

Syah, Muhibin. 1977. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007 tentang standar Proses

Pusat Kurikulum.2006. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Puskur




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v7i2.7217

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter


INDEXED BY: