HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR IPA

Authors

  • Andi Marliah Bakri Unismuh

DOI:

https://doi.org/10.26618/sigma.v7i2.7217

Keywords:

Hubungan, Minat Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui seberapa besar Hubungan Antara Minat Belajar dan Hasil Belajar IPA. Penelitian dilaksanakan di SDN 122 Pangbuluran Desa Salukanan Kecamatan Baraka Kabupaten Enrekang, dengan memilih 34 orang siswa sebagai sampel yang terdiri dari 3 kelas, sedangkan pengumpulan data menggunakan teknik kuisioner, dokumentasi, dan wawancara. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hubungan antara minat belajar (X), berpengaruh signifikan tehadap hasil belajar IPA (Y) yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 2,74. Sedangkan untuk uji signifikan uji r diperoleh bahwa rhitung yang diperoleh adalah lebih besar dari rtabel  (2,74 > 0,329).

References

Ali, M. 1993. Guru dan Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo

Arikunto,Suharsim. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Asrori, Mohammad, 2007. Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima

Bundu,Patta. 2006. Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah Dalam Pem-belajaran Sains Di Sekolah Dasar. Jakarta : Depdiknas.Dikti.Direktorat ketenagaan

Gie, Liang. 1998. Cara Belajar yang Efisien. Yogyakarta: Liberti.

Gagne.1988.bimbingan dan penyuluhandi sekolah .jakarta:andi offset.

Hadiat, dkk. 1996. Alam Sekitar 6 . Jakarta: Bumi Aksara.

Hardjana. 1994. Kiat Sukses di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Kanisius.

Hartono. (2005:14). Teori Belajar Dan Pmbelajaran. Jakarta: Perpustakaan Nasion-al.

Kartono, Kartini. 2004. Bimbingan Belajar di SMU dan Perguruan Tinggi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Lukman, dkk. 1997. Pelajaran IPA kelas VI. Jakarta: Erlangga.

Nasution, Noehi, dkk. 2000. Pendidikan IPA di SD. Jakarta : Depdikbut. Direktorat Dikti.

Nurkacana.1993:230 Teori Belajar Dan Pmbelajaran. Jakarta: Perpustakaan Na-sional.

Sardiman (2007:95). Teori Belajar Dan Pmbelajaran. Jakarta: Perpustakaan Na-sional.

Semiawan, dkk. 1986. Pendidikan Keterampilan Proses. Jakarta: Gramedia.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Bina Aksara.

Sudarnoto. 1994. Tuntunan Metodologi Belajar. Jakarta: Grasindo.

Sumatowa, Usman. 1999. Bagaimana pembelajaran IPA di SD. Jakarta: Dirjen Dikti.

Syah, Muhibin. 1977. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007 tentang standar Proses

Pusat Kurikulum.2006. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Puskur

Downloads

Published

2015-12-01

Issue

Section

Articles