PERANCANGAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL KEMP PADA TOPIK BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP

Agustan Agustan

Abstract


Untuk menciptakan pembelajaran yang baik dibutuhkan rancangan pembelajaran efektif yang memperhatikan unsur teknik, pendekatan dan metode-metode yang dapat memotivasi peserta didik aktif di kelas. Rancangan pembelajaran harus dimulai dengan memastikan bahwa suatu rancangan pembelajaran cocok dengan rencana pelaksanaan pembelajaran. Oleh karena itu, seorang guru harus tahu perkiraan-perkiraan akan kebutuhan belajar yang dibutuhkan siswa yang dijadikan sebagai informasi awal untuk menyusun persiapan pembelajaran. Kegiatan perancangan ini dilakukan dengan memilih sekolah sebagai sumber informasi dalam menyusun rancangan pembelajaran matematika kelas VIII SMP. Sekolah yang dipilih adalah SMPN 6 Watampone yang bertempat di Kabupaten Bone. Pemilihan ini didasarkan pada aspek efisiensi waktu dan keinginan guru matematika sekolah tersebut untuk bekerjasama dengan penulis. Perancang mengikuti urutan logis perancangan dalam model yang disarankan oleh Jerrold E. Kemp, yaitu dimulai dari (1) mengidentifikasi masalah pengajaran (instructional problems), (2) menganalisis karakteristik siswa (learner characteristics), (3) mengidentifikasi isi materi pelajaran (subject content) dan menganalisis komponen tugas (task); (4) menyusun tujuan pengajaran (instructional objectives); (5) mengurutkan materi pelajaran (sequence content) dalam tiap satuan pengajaran; (6) merancang strategi belajar mengajar (instructional strategies); (7) merencanakan metode penyampaian materi (instructional delivery) dalam pembelajaran dan pengajaran; (8) mengembangkan instrumen evaluasi (evaluation) untuk menilai pencapaian tujuan; (9) memilih media (resources) yang mendukung aktivitas pembelajaran.

Keywords


Rancanganpembelajaran; Model Kemp

Full Text:

PDF

References


Chislett, V & Chapman, A. 2005. VAK Learning Styles Self-Assessment Ques-tionnaire.

Johnson, D. W. & Johnson, R. T. 2002. Meaningful Assessment: A Manageable and Cooperative Process. Boston: Allyn & Bacon, A Pearson Education Company.

Kemp, J. E., Morrison, G. R., & Ross, S. M. 1994. Designing Effective Instruc-tion. New York: Macmillan College Publishing Company.

Nurkancana, Wayan. 1993. Pemahaman Individu. Surabaya: Penerbit Usaha Na-sional.

Rahaju, E.B. dkk. 2008. Contextual Teaching and Learning Matematika Sekolah Menengah Pertama Kelas VIII, Edisi 4. Jakarta: Pusat Perbukuan, Depar-temen Pendidikan Nasional




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v7i2.7216

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter


INDEXED BY: