PENGEMBANGAN ASESMEN PROYEK PADA POKOK BAHASAN STATISTIKA UNTUK SISWA KELAS VII SMP NEGERI 8 MAKASSAR

Nirfayanti Nirfayanti

Abstract


Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian proyek pada proses dan hasil belajar matematika pokok bahasan statistika di kelas VII SMP berdasarkan kurikulum 2013 yang valid, reliabel, objektif dan praktis untuk digunakan. Instrumen penilaian proyek pokok bahasan statistika diujicobakan pada siswa kelas VII SMP Negeri 8 Makassar tahun akademik 2013/2014. Proses pengembangan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan yang diadaptasi dari Plomp, terdiri atas fase investigasi awal, desain, realisasi, serta tes, evaluasi, dan revisi. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, dan angket respon guru. Hasil penelitian baik secara teoritik maupun empirik menunjukkan bahwa perangkat penilaian yang dikembangkan memenuhi kriteria: (1) valid menurut penilaian pakar dan secara empirik butir instrumen adalah valid, (2) secara rasional instrumen penilaian reliabel dan secara empirik memiliki reliabilitas internal instrumen yang tinggi, (3) objektif, siswa memperoleh hasil penilaian yang relatif sama dari dua penilai sehingga rubrik telah memberikan penilaian yang objektif, dan (4) praktis,  guru memberikan respons positif terhadap perangkat penilaian proyek dan model pembelajaran berbasis proyek sebagian besar terlaksana. Hasil penelitian dan pengembangan instrumen penilaian proyek pokok bahasan statistika sebagaimana hasil uji coba tersebut diatas, menunjukkan bahwa instrumen yang dikembangkan tersebut telah memenuhi kriteria validitas, reliabilitas, objektivitas dan kepraktisan, sebagai alat evaluasi yang dapat digunakan lebih lanjut oleh para guru Matematika di Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Keywords


Asesmen Alternatif; Asesmen Proyek; Pembelajaran Berbasis Proyek

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Dasar-dasar Evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Balitbang Depdiknas. 2006. Panduan Penilaian Berbasis Kelas. Jakarta: Depdiknas.

Hisyam, Darwis, M., & Ruslan. 2011. Pengembangan Model Pembelajaran Ma-tematika yang Berbasis Kinerja Mahasiswa. Penelitian Hibah Bersaing DIKTI. Tidak diterbitkan. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Mansyur. 2011. Pengembangan Model Assessment for Learning pada Pembelaja-ran Matematika Di SMP. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 15 (1), 71 – 91.

Mertayasa, Dewa Made. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matemat-ika Berorientasi Masalah Realistik untuk Model Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ma-tematika Siswa Kelas VIII. PPs Universitas Pendidikan Ganesha

Muslich, Masnur. 2007. KTSP: Dasar Pemahaman dan Pengembangan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Mustamin, St Hasmiah. 2010. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Asesmen Kinerja. Lentera Pendidikan Vol. 13 No. 1, Juni 2010. Makassar: Universitas Negeri Makassar

Nurdin. 2007. Model Pembelajaran Matematika yang Menumbuhkan Kemampuan Metakognitif untuk Menguasai Bahan Ajar. Disertasi tidak diterbitkan. Su-rabaya: UNESA

Prawiradilaga, Dewi Salma. 2007. Prinsip Disain Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Rahayu, Dwi Shinta. 2011. Pengembangan Perangkat Penilaian Proyek Berbahasa Inggris Pada Materi Skala (Online),(http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/ mathedunesa/article/view/244/pdf, Diakses pada 10 Oktober 2013)

Rochmad. 2012. Pengembangan Model Pembelajaran: Mengacu Pada Plomp (Online), (http://blog.unnes.ac.id/rochmad/files/2011/03/Model-pengembangan-plomp-Rochmad-Unnes.pdf, Diakses pada 16 Oktober 2013).

Ruslan. 2005. Prinsip Dasar Evaluasi. Disampaikan pada Diklat Guru Sekolah Da-sar Mata Pelajaran Matematika. Makassar : Lembaga Penjamin Mutu Pen-didikan.

Setyosari, Punaji. 2010. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakar-ta: Kencana

Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Wardhani, Sri. 2010. Teknik Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Ma-tematika Di SMP/MTs. Yogyakarta: Depdiknas.




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v7i1.7209

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter


INDEXED BY: