PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Abdul Rahman, Junita Trisari

Abstract


Masalah utama dalam penelitian ini yaitu bagaimana menerapkan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran  matematika siswa kelas VIIB SMP Negeri 1 Gantarangkeke Kabupaten Bantaeng. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran  matematika siswa kelas VIIB SMP Negeri 1 Gantarangkeke Kabupaten Bantaeng. Jenis penelitian ini adalah penelitian tidakan kelas yang terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIB SMP Negeri 1 Gantarangkeke Kabupaten Bantaeng pada semester ganjil tahun pelajaran 2011/2012 dengan jumlah siswa 16 orang yang terdiri dari 5 perempuan dan 11 laki-laki. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus pertama persentase keaktifan siswa yang meliputi, siswa yang hadir pada saat pembelajaran 83,33%, siswa yang serius pada saat pembelajaran 41,67%, siswa yang mencatat hal-hal penting 52,08%, siswa yang bertanya tentang materi yang belum dimengerti dalam diskusi 29,16%, siswa yang aktif pada saat diskusi 50%, siswa yang membantu temannya mengerjakan LKS 29,16%,  siswa yang melakukan kegiatan lain 27,08%, dan siswa yang mengerjakan tugas 68,75%. Pada siklus kedua persentase keaktifan siswa yang meliputi, siswa yang hadir pada saat pembelajaran 97,92%, siswa yang serius pada saat pembelajaran 75%, siswa yang mencatat hal-hal penting 81,25%, siswa yang bertanya tentang materi yang belum dimengerti dalam diskusi 45,83%, siswa yang aktif pada saat diskusi 75%, siswa yang membantu temannya mengerjakan LKS 56,25%,  siswa yang melakukan kegiatan lain 22,92%, dan siswa yang mengerjakan tugas 91,67%. Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulakn keaktifan siswa kelas VIIB SMP Negeri 1 Gantarangkeke Kabupaten Bantaeng melalui pembelajaran kooperatif tipe jigsaw mengalami peningkatan.


Keywords


Pembelajaran kooperatif; Tipe Jigsaw; Keaktifan Siswa

Full Text:

PDF

References


Ardhana. 2009. Indikator Keaktifan Siswa, (Online), (ardhana 12. Word-press.com//…/html, diakses 11 september 2012).

Avianti, Nuniek. 2008. Mudah belajar matematika untuk kelas VIII SMP/MTS. Jakarta: Pusat perbukuan departemen pendidikan nasional.

Depdiknas. 2005. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Depdiknas.

Dimyati, dkk. 2009. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Fathurrohman Pupuh,M. Sobry Sutikno.2007. Strategi Belajar Mengajar melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islami. Bandung:PT Refika Aditama

Hermawan. 2007. Pengertian Keaktifan Belajar, (Online), (http:// www.scribd.com/doc/57177a5/9/pengertian keaktifan belaja,html, diakses 11 september 2012)

Ibrahim, dkk. 2005. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA-UNIVERSITY PRESS kampus UNESA.

Isjoni. 2010. Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengem-bangan Profesi Guru. Jakarta: CV Usaha Makmur.

Ma’mur Asmani, Jamal. 2011. Tips Pintar Penelitian Tindakan Kelas. Jogjakarta: Laksana.

Ratumanan, Tanwey Gerson. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Surabaya: UNESA.

Rohani, Ahmad. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Samad, Ardani Mohammad. 2011. Peningkatan Hasil Belajar Pokok Bahasan Sis-tem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Siswa Kelas Viii6 Smp Negeri 1 Makassar. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidi-kan. Jakarta: Kencana Prenata Media.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 2009. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Trianto. 2010. Mendasain Model Pembelajaran Inovatif – Progresif. Jakarta: Kencana.




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v7i1.7207

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter


INDEXED BY: