PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR

Purnamawati Purnamawati

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIIa SMP Nasional Makassar pada semester genap tahun pelajaran 2011/2012 dengan jumlah siswa 34 orang. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 10 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data adalah menggunakan lembar observasi dan tes dalam bentuk uraian pada setiap akhir siklus sesuai dengan materi yang diajarkan. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa, secara kualitatif terjadi beberapa perubahan. siswa menunjukan  sikap antusias untuk mengikuti pelajaran, keberanian menyampaikan pendapat, tanggapan, bertanya mengenai materi yang belum dimengerti menjadi meningkat. Sedangkan secara kuantitatif, terjadi peningkatan skor rata-rata hasil belajar siswa Kelas VIIa SMP Nasional Makassar yaitu dari kategori rendah dengan skor rata-rata 57,24 setelah pelaksanaan tindakan Siklus I menjadi kategori sedang dengan skor rata-rata 74,82 setelah pelaksanaan Siklus II. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya pembelajaran Kooperatif tipe Snowball Throwing pada siswa Kelas VIIa SMP Nasional Makassar dalam proses pembelajaran, maka hasil belajar matematika siswa dapat meningkat.

Keywords


Hasil belajar; Pembelajaran Kooperatif; Snowball Throwing

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (Edisi Revisi V). Jakarta: PT Rineka Cipta.

Aunurrahman. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Ibrahim, dkk.2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : Unesa.

Kunandar. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Rajawali Pers.

Miles, MB. & Huberman, A.M.1992. Analisis Data Kualitatif. Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta : Universitas Indonesia Press

Moleong, Lexy. J. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya Offset

Nurhadi, Burhan, Y., & Agus G.S. 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya Dalam KBK. Malang: UM Press

Soedarsono, FX. 1996. Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas Bagian Kedua Rencana, Desain dan Implementasi. Yogyakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Soedjadi, R. 1999. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Konstatasi Keadaan Masa Kini Menuju Harapan Masa Depan. Jakarta : Depdiknas.

Sudjana.1996. Metoda Statistika Edisi Keenam. Bandung: Penerbit Tarsito.

Suherman, Turmudi, dan Suryadi. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer (revisi). Bandung: JICA.

Suprijono Agus. 2009. Cooperative Learning: Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Trianto, 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif- Progresif. Jakarta: kencana Prenada Media Group




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v7i1.7206

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter


INDEXED BY: