PENERAPAN STRATEGI MATHEMATICAL HABITS OF MIND (MHM) DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA PADA MATERI LINGKARAN

Melisa Wantania, Wilda Syam Tonra

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada materi keliling lingkaran setelah diterapkannya strategi Mathematical Habits of Mind (MHM) dan bagaimana peningkatan hasil pretest dan posttest. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Kota Ternate. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes kemampuan berpikir kreatif. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif yaitu Pedoman Acuan Patokan (PAP) berdasarkan kategori kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Kemudian data hasil tes dideskripsikan dengan membandingkan hasil pekerjaan siswa pada pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VIII setelah diterapkan strategi pembelajaran Mathematical Habits of Mind (MHM) diperoleh 15% kualifikasi baik sekali, 40% baik, 35% cukup, dan 10% kurang. Perbedaan hasil tes pada pretest dan posttest menunjukkan intrepretasi yang tinggi sehingga dapat disimpulkan bahwa strategi Mathematical Habits of Mind (MHM) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif.

Kata Kunci: Strategi Mathematical Habits of Mind; Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v12i2.4371

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 SIGMA : JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA



Web Analytics View SIGMA Stats

Flag Counter


INDEXED BY:

      

 

 

SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.