EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL BERBASIS BUDAYA BUGIS-MAKASSAR SISWA KELAS VIII SMP
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abbas, Irwan. 2013. Pappaseng: Kearifan Lokal Manusia Bugis Yang Terlupakan. Susiohumaniora, Volume 15 No. 3.
Akib, Irwan. 2008. Model Pembelajaran Matematika Berbasis Budaya Bugis Makassar. Disertasi. Tidak diterbitkan. Surabaya: Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.
Bahri, Syamsul. 2015. Efektivitas metode The Learning Cell Dalam Pembelajaran Matemtika pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Sungguminasa Kabupaten Gowa. Skipsi. Tidak diterbitkan. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar
Darmapoetra, Juma. 2017. SukuBugis; PewarisKeberanianLeluhur. Makassar: Arus Timur.
Hidayanto, Erry,. dkk. 2016. Penggunaan Media Bungkus Rokok Untuk Memahamkan Konsep Barisan Dan Deret Melalui Pendekatan RME. Jurnal Pembelajaran Matematika, Tahun III, Nomor 1.
Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Lestari, Karunia Eka. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung. PT RefikaAditama
Ma’rup. 2012. Pembelajaran Matematika Berbasis Budaya Bugis-Makassar Di Kelas V Sd Negeri No. 141 Pakka Kabupaten Sinjai. Jurnal Keguruan dan Ilmu pendidikan FKIP Unismuh Makassar, Volume 1 No. 2.
Nurnaningsih. 2015. Rekontruksi Falsafah Bugis dalam Pembinaan Karakter: kajian naskah Paaseng Toriolo Tellumpoccoe. JurnalLekturKeagamaan, Vol. 13, No. 2.
Qamar, Nurul,. Dkk. 2017. Menguak Nilai Kearifan Lokal Bugis Makassar. Makassar: SIGN
Rahmawati. 2015. Integrasi Nilai Budaya Siri’ dan Passe/Pacce Masyarakat Bugis-Makassar Dalam Pembelajaran IPA.Jurnal Pendidikan Nusantara Indonesia,Vol. 1, No. 1.
RahmiAlimin, Besse. 2017. Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Berbasis Budaya Bugis-Makassar pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Barombong Kabupaten Gowa. Skipsi. Tidak diterbitkan. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar
Rusli, Muh. 2015. Impelementasi Nilai Siri’ Napacce dalam Agama Di Tanah Rantau: Potres Suku Bugis-Makassar Di Kota Gorontalo. Jurnal al-Asas, Vol. 111, No. 2.
Rusman. 2016. Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT RajagrafindoPersada
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumantri, Mohamad Syarif. 2016. Strategi Pembelajaran. Jakarta: PT Raja grafindo Persada
Supardi. 2015. SekolahEfek tif. Jakarta: PT Raja GrafindoPersada
Suprihaningrum, Jamil. 2017. Strategi Pembelajara. Jogjakarta: Ar-rus Media
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning: Teori &Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
Syarif, Erman., Sumarni., Fatchan, Ach., &Astina, I Komang. (2016). Integritas Nilai Budaya Etnis Bugis Makassar dalam Proses Pembelajaran sebagai Salah SatuS trategi Menghadapi Era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Jurnal Teori dan Praktis Pembelajaran IPS, Vol. 1.
Trianto. 2014 . Model PembelajaranTerpadu. Jakarta: PT BumiAksara
Umar, Nur Fadhilah. 2017. Pengembangan Model Kepribadian Konselor Efektif Berbasis Budaya Siri’ Na Pacce. Jurnal Penelitian Pendidikan Insani, Volume 20 Nomor 1.
DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v12i2.4370
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 SIGMA : JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
View SIGMA Stats
INDEXED BY:
SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.