EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMK Swasta Teruna Padangsidimpuan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen (one group Pretest post test design). Populasi peneliti ini terdiri dari 7 kelas yang berjumlah 156 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik cluster random sampling dan kelas yang dipilih adalah X TKJ yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan data analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian gambaran penggunaan model pembelajaran TSTS berada pada kategori sangat baik dengan perolehan nilai rata-rata 3,50. Gambaran kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebelum menggunakan model pembelajaran TSTS berada pada kategori kurang dengan perolehan nilai rata-rata 48,83, sedangkan sesudah menggunakan model pembelajaran berada pada kategori baik dengan memperoleh nilai rata-rata 79,16. Hasil tersebut yang disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajan TSTS dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Harahap, Muhammad Syahril.2018 Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dengan Penggunaan Bahan Ajar RME (Realistic Mathematic Education), JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, Volume 3, Nomor 2, P. 56
Istarani. 2014. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan. Media Persada.
Mawaddah, Siti, dkk.2015. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis SiswaPada Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model PembelajaranGeneratif (Generatif Learning) di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 3, Nomor 2.
Nurjannah, Rezki.2019. Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Tsts(Two Stay Two Stray) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di SMA Swasta Abdi Utama Sibuhuan.Jurnal Mathedu (mathematic education journal). Vo;.2.No2
Rangkuti, Ahmad Nizar.2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Citapustaka media
Romadhon, Syahru dan Yulia Pratiwi Siregar. 2019. Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal). Volume 2, Nomor 2, 87.
Roslian. 2017. Pengaruh Pembelajaran Konstektual dalam Kemampuan Pemecahan Masalah Belajar siswa SMA Negeri Padangsidimpuan. Jurnal Education and Development STKIP Tapanuli Selatan.Volume 4 Nomor 3;2527-4295.
Sahrudin, Asep. 2016. Implementasi Model Pembelajaran Means Ends Analysis Untuk Meningkatakan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Mahasiswa. Jurnal Pendidikan UNSIKA. Volume 4 Nomor 1;17-25.
Sugiyono, 2014.MetodePenelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.
Shoimin, Aris.2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-Ruzz Media.
Trianto, 2013. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Wardoyo, Cipto, Aulia Herdiani, Nurdian Susilowati, Muhammad Syahril Harahap. 2020. Professionalism And Professionalization Of Early Stage Teachers In Higher Education, Emerald Publishing Limited .
DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v12i2.4265
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 SIGMA : JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
View SIGMA Stats
INDEXED BY:
SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.