PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA

Fathrul Arriah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penerapan metode pembelajaran Mind Mapping terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa kelas VII SMP Nasional Makassar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen quasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Nasional Makassar. Sampel dalam penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas VII-F sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-H sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Intrument yang digunakan pada penelitian ini berupa tes essay kemampuan berfikir kreatif yang sudah divalidasi. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh penerapan metode pembelajaran Mind Mapping terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa kelas VII SMP Nasional Makassar.

Keywords


Pengaruh, Berpikir Kreatif Matematika, Pendekatan. Metode Mind Mapping

Full Text:

PDF

References


Arends, R.I. (2001). Learning To Teach. New York:Mc Graw Hill Companies, Inc.

Arikunto, Suharsimi. (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Dalman. (2014). Menulis Karya Ilmiah. PT. RajaGrafindo Persada : Jakarta

Gunawan. (2015). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Berbasis Mind Map Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Pada Pokok Bahasan Turunan Kelas Xi Sma Muhammadiyah Kedawung Cirebon: Skripsi. Institut Agama Islam Negeri (Iain) Syekh Nurjati Cirebon

Herdian. (2010). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. (Online). Tersedia: https://herdy07.wordpress.com/2010/05/27/kemampuan-berfikir-kreatif-siswa/ . (Di akses pada tanggal 13Mei 2018).

Indah Permatasari. (2014). Pengaruh Metode Improve terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa. Skripsi. Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, UIN Syarif Hidayatullah: Jakarta

Jayanti Putri Purwaningrum. (2016). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Melalui Discovery Learning Berbasis Scientific Approach. Jurnal Refleksi Edukatika, Universitas Maria Kudus.

Miftahul Huda. (2017). Model – Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar

Mulyanah. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Metode Mind Mapping Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Artikel, Universitas Lampung

Munandar, Utami. (2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta:PT. Rineka Cipta.

Nadya. (2007). Pengaruh Mind Mapping Training terhadap Berfikir Kreatif Siswa SMU Muhammadiyah 4 Jakarta. Skripsi. Fakultas Psikologi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah: Jakarta.

Nurul Rafiqah Nsution. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa. Jurnal. Mahasiswa PPS Jurusan Pendidikan Matematika, Unimed

Rahma Faelasofi. (2015). Metode Pembelajaran Mind Mapping untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal. Pendidikan Matematika, STKIP Muhammadiyah Pringsewu.

Rijal Darusman. (2015). Penerapan Metode Mind Mapping (Peta Pikiran) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa Smp. Jurnal Ilmiah, Program Studi Matematika Stkip Siliwangi, Bandung.

Rukaesih dan Ucu Cahyana (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan. Pt. Raja Grafindo Persada: Jakarta

Sugiyono, (2016).Statistika untuk Penelitian. Alfabeta: Bandung

Sugiyono, (2017).Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung

Suparlan Suhartono. (2009). Filsafat Pendidikan. Penerbit: Universitas Negeri Makassar

Suhel Madyono. (2016). Mengenal Pembelajaran Model Mind Mapping. Jurnal, Universitas Negeri Malang

Putra, T.T., Irwan., Vionanda, D. (2012). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dengan Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 1, No.1, pp 22-26.




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v11i2.3519

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 SIGMA : JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA



Flag Counter


INDEXED BY: