PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBANTUAN SOFTWARE MAPLE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.26618/sigma.v11i2.3518Keywords:
Model blended learning, Software Maple, Keterampilan berpikir tingkat tinggiAbstract
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa program studi agroteknologi universitas cokroaminoto palopo dengan menerapkan pembelajaran blended learning berbantuan software maple. Satuan eksperimen pada penelitian ini adalah kelas 1D program studi agroteknologi universitas cokroaminoto palopo yang berjumlah 32 mahasiswa semester ganjil tahun akademik 2019/2020. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling yaitu penentuan sampel berdaskan pertimbangan tertentu. Pertimbangan peneliti dalam hal ini adalah mahasiswa dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi yang rendah. Instrumen yang digunakan adalah tes kemapuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa. Analisis yang digunakan adalah analisis statistika deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) skor kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa sebelum penerapan pembelajaran yaitu 52,94 dan skor kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa setelah penerapan pembelajaran yaitu 87,84, (2) kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa pada pembelajaran blended learning berbantuan software maple mengalami peningkatan (gain ternormalisasi), dan (3) pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa setelah penerapan pembelajaran blended learning berbantuan software maple.References
Aisyah, Nyimas, Zulkardi dan Lewy. 2009. Pengembangan Soal Untuk Mengukur Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi Pokok Bahasan Barisan dan Deret Bilangan di Kelas IX Akselerasi SMP Xaverius Palembang. http://eprints.unsri.ac.id/820/1/2_Lew y_14-28.pdf.
Arends, Richard I. 2008. Learning to Teach. New York: Mc GrawHill Company.
Fatwa, A., & Djuniadi, D. (2016, May). Strategi Blended Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pokok Bahasan Persamaan dan Fungsi Kuadrat Mata Pelajaran Matematika. In Prosiding Seminar Nasional IPTEK Terapan (SENIT) 2016 Pengembangan Sumber Daya Lokal Berbasis IPTEK (Vol. 1, No. 1).
Hamzah. 2012. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Husamah. 2014. Pembelajaran Bauran (Blended Learning). Jakarta: Prestasi Pustaka.
Krathwol, David R. 2002. A Revision of Bloom’s Taxonomy : An Overview. www.unco.edu/cetl/sir/stating_outcome/docume nts/Krathwohl.pdf.
Nishitani,Izumi. 2009. High Level Mathematical Thinking: Experiment With High School and Under Graduate Students Using Various Approaches and Strategies. https://gair.media.gunma_u.ac.jp/dspace/bitstrea m/10087/513/1/30_Nishitani.pdf.
Thompson, Tony. 2008. An Analysis of Higher Order Thinking on Algebra I End-of Course Tests. www.cimt.plymouth.ac.uk/journal/thompson.pdf
Tularam, Gureduo Anand. 1994. Higher Order Thinking and Mathematics. http://www.merga.net.au/documents/RP_Tulara m_1994.pdf
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by the SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika.
Universitas Muhammadiyah Makassar as the publisher of SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika hold the copyright regarding all the published articles in this journal.Universitas Muhammadiyah Makassar has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded ON THIS FORM.