PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBANTUAN SOFTWARE MAPLE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI MAHASISWA

Shindy Ekawati, Made Ristia Kartika

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa program studi agroteknologi universitas cokroaminoto palopo dengan menerapkan pembelajaran blended learning berbantuan software maple. Satuan eksperimen pada penelitian ini adalah kelas 1D program studi agroteknologi universitas cokroaminoto palopo yang berjumlah 32 mahasiswa semester ganjil tahun akademik 2019/2020. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling yaitu penentuan sampel berdaskan pertimbangan tertentu. Pertimbangan peneliti dalam hal ini adalah mahasiswa dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi yang rendah. Instrumen yang digunakan adalah tes kemapuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa. Analisis yang digunakan adalah analisis statistika deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) skor kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa sebelum penerapan pembelajaran yaitu 52,94 dan skor kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa setelah penerapan pembelajaran yaitu 87,84, (2) kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa pada pembelajaran blended learning berbantuan software maple mengalami peningkatan (gain ternormalisasi), dan (3) pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa setelah penerapan pembelajaran blended learning berbantuan software maple.

Keywords


Model blended learning, Software Maple, Keterampilan berpikir tingkat tinggi

Full Text:

PDF

References


Aisyah, Nyimas, Zulkardi dan Lewy. 2009. Pengembangan Soal Untuk Mengukur Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi Pokok Bahasan Barisan dan Deret Bilangan di Kelas IX Akselerasi SMP Xaverius Palembang. http://eprints.unsri.ac.id/820/1/2_Lew y_14-28.pdf.

Arends, Richard I. 2008. Learning to Teach. New York: Mc GrawHill Company.

Fatwa, A., & Djuniadi, D. (2016, May). Strategi Blended Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pokok Bahasan Persamaan dan Fungsi Kuadrat Mata Pelajaran Matematika. In Prosiding Seminar Nasional IPTEK Terapan (SENIT) 2016 Pengembangan Sumber Daya Lokal Berbasis IPTEK (Vol. 1, No. 1).

Hamzah. 2012. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Husamah. 2014. Pembelajaran Bauran (Blended Learning). Jakarta: Prestasi Pustaka.

Krathwol, David R. 2002. A Revision of Bloom’s Taxonomy : An Overview. www.unco.edu/cetl/sir/stating_outcome/docume nts/Krathwohl.pdf.

Nishitani,Izumi. 2009. High Level Mathematical Thinking: Experiment With High School and Under Graduate Students Using Various Approaches and Strategies. https://gair.media.gunma_u.ac.jp/dspace/bitstrea m/10087/513/1/30_Nishitani.pdf.

Thompson, Tony. 2008. An Analysis of Higher Order Thinking on Algebra I End-of Course Tests. www.cimt.plymouth.ac.uk/journal/thompson.pdf

Tularam, Gureduo Anand. 1994. Higher Order Thinking and Mathematics. http://www.merga.net.au/documents/RP_Tulara m_1994.pdf




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v11i2.3518

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 SIGMA : JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA



Flag Counter


INDEXED BY: