PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI TRIGONOMETRI MELALUI PENUGASAN DOSEN SEKOLAH DENGAN MENERAPKAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS)

Andi Alim Syahri, Toto Wiharjo

Abstract


Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika pada peserta didik kelas XI IPA1 SMA Negeri 1 Gowa melalui pembelajaran Think  Pair  Share (TPS) pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 dengan jumlah peserta didik 35 orang. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dengan 2 siklus, siklus I terdiri 4 pertemuan dan siklus II terdiri dari 4 pertemuan. Teknik pengumpulan data adalah menggunakan lembar observasi, angket respons peserta didik dan tes hasil belajar peserta didik dalam bentuk uraian pada setiap akhir siklus sesuai dengan materi yang diajarkan. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa, secara kualitatif terjadi beberapa perubahan. peserta didik menunjukan  sikap antusias untuk mengikuti pelajaran,  keberanian menyampaikan pendapat, tanggapan , bertanya mengenai materi yang belum dimengerti menjadi meningkat. Adapun secara kuantitatif, terjadi peningkatan skor rata-rata hasil belajar peserta didik Kelas VIII SMP Pesantren Putri Yatama Mandiri yaitu dari kategori sedang dengan skor rata-rata 71,66 dengan Deviasi Standar 6,562 setelah pelaksanaan tindakan Siklus I menjadi kategori tinggi dengan skor rata-rata 82,86 dengan Deviasi Standar 7,781 setelah pelaksanaan Siklus II. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya pembelajaran kooperatif Think  Pair  Share (TPS) pada peserta didik kelas XI IPA1 SMA Negeri 1 Gowa dalam proses pembelajaran, maka hasil belajar matematika, kehadiran, kesiapan dan keaktifan peserta didik dapat meningkat.

Keywords


Kualitas pembelajaran, pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS), dan penugasan dosen sekolah

Full Text:

PDF

References


Chalil,Achjar. 2014. Kualitas pembelajaran. (online),(http.//.www.duniapelajar.com /2014/07/30/pengertian-kualitas-pembelajaran-menurut-para-ahli,diakses 25 September 2019).

Emzir.2012. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pres.

Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Muslich, Mansur. 2009. Melaksanakan PTK itu Mudah (Class Room Action Research). Jakarta:Bumi Aksara.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperatif Learning: Teori & Aplikasi PAIKEM. Surabaya: Pustaka Pelajar.

Suyanto & Asep Jihad. 2013. Menjadi Guru Profesional; Meningkatan Kualifikasi dan Kualiatas Guru di Era Global. Jakarta: Esensi, Divisi Penerbit Erlangga.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif; Konsep Landasan Dan Implementasi Pada Kurikulum Satuan Tingkat pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v11i2.3517

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 SIGMA : JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA



Flag Counter


INDEXED BY: