EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA TARIAN PIRING GELAS DI ACARA PERNIKAHAN MASYARAKAT DESA SUNGAI BAUNG KABUPATEN MUSI RAWAS UTARA

Jelita Jelita, Michrun Nisa Ramli, Rima Meslita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi konsep matematika yang terdapat dalam Tari Piring Gelas, menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode etnografi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dan dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data diperoleh melalui perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, serta triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tari Piring Gelas di Desa Sungai Baung, Kabupaten Musi Rawas Utara, mengandung berbagai konsep matematika seperti geometri dua dimensi (segitiga, sudut siku-siku, sudut lancip, sudut tumpul, persegi panjang, lingkaran) dan transformasi geometri (dilatasi dan refleksi). Temuan ini dapat diimplementasikan dalam pembelajaran matematika untuk membantu siswa memahami konsep abstrak melalui konteks budaya.


Keywords


Etnomatematika; Geometri; Tarian Piring Gelas

References


Anggreaena, Ginanto, Felicia, Andiarti, Herutami, Alhapip, Iswoyo, Hartini, M. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, 123.

Daimah, U. S. (2023). Pembelajaran Matematika pada Kurikulum Merdeka dalam Mempersiapkan Peserta Didik di Era Society 5.0. Sepren: Journal of Mathematics Education and Applied, 4(02), 131–139. https://doi.org/10.36655/sepren.v4i02.888

Fianingrum, F., Novaliyosi, N., & Nindiasari, H. (2023). Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Matematika. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4507

Fitri, I. (2024). Eksplorasi Etnomatematika dalam Kebudayaan Tujuh Likoran di Kabupaten Sambas. Math Educa: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(1), 1–12.

Fouze, A. Q., & Amit, M. (2018). Ethnomathematics: A bridge between cultural traditions and modern society. International Journal of Engineering Pedagogy, 8(4), 53–63.

Halilintar, M. D., Wijayanto, H., & Noviantoro, H. T. (2019). The Music of Glass Plate Dance in Silampari Studio of Musi Rawas Regency (The Melodic Element Analysis), 78–83. https://www.atlantis-press.com/proceedings/iconarc-18/125911166

Hayu, E., Saragih, S., & Kartini, K. (2023). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Etnomatematika Menggunakan Model Problem Based Learning pada Materi Segiempat dan Segitiga SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 3006–3017. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2633

Kemendikbud. (2020). Kurikulum Merdeka Belajar: Pengembangan kurikulum baru. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Lubis, A. P., Sirait, C. D., Mailani, E., Purba, L. C. M., Ketaren, M. A., & Maharaja, S. (2024). Efektivitas Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika untuk Penguatan Nilai Budaya. https://journal.arimsi.or.id/index.php/Algoritma/article/view/242/420

Lubis, S. I., Mujib, A., & Siregar, H. (2018). Eksplorasi Etnomatematika pada Alat Musik Gordang Sambilan. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v1i2.246

Muslimahayati, M., & Wardani, A. K. (2019). Implementasi Etnomatematika Masyarakat Suku Anak Dalam (SAD) Kabupaten Batanghari Provinsi Jambi pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Elemen, 5(2), 108–124. https://doi.org/10.29408/jel.v5i2.957

Nursila, R., Saputri, S. N., & Zulkarnain, Z. (2023). Eksplorasi Etnomatematika Materi Geometri pada Motif Kain Songket Melayu Pontianak. Al-’Adad: Jurnal Tadris Matematika, 2(1), 41–50. https://doi.org/10.24260/add.v2i1.1594

Rosmana, P. S., Iskandar, S., Ayuni, F., Hafizha, F. Z., Fireli, P., & Devi, R. (2023). Kesiapan Sekolah dalam Proses Penerapan Kurikulum Merdeka di SD. Innovative: Journal of Social Science Research, 3(2), 3161–3172.

Serepinah, M., & Nurhasanah, N. S. (2023). Kajian Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal Tradisional Ditinjau dari Perspektif Pendidikan Multikultural. https://doi.org/10.24246/j.js.2023.v13.i2.p148-157

Wike, W., & Lestari, W. (2021). Pewarisan Tari Piring Gelas Musi Rawas bagi Penanaman Nilai Pendidikan Karakter di Era Pandemi COVID-19. Jurnal Sitakara, 6(2), 132–143.




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v17i1.17697

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View SIGMA Stats

Flag Counter


INDEXED BY:

      

 

 

SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.