EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA NAGEKEO DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.26618/sigma.v17i1.17548Keywords:
eksplorasi etnomatematika, pembelajaran matematika, budaya NagekeoAbstract
Eksplorasi Etnomatematika Nagekeo dalam pembelajaran matematika mempunyai hubungan yang sangat erat kaitannya dengan kebudayaan. Matematika tercermin dalam budaya karena banyaknya aktivitas manusia yang berhubungan dengan prinsip-prinsip matematika dalam keseharian. Setiap budaya memiliki cara unik dalam menerapkan konsep matematika. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui kebudayaan Nagekeo dengan konsep yang begitu menarik yang ditemukan pada Po,o Kose (Nasi Bambu), dan Te,e (Tikar). Penelitian ini dilakukan di Boawae, Kabupaten Nagekeo, NTT, dengan menggunakan metode penelitian deskriptif yang melakukan dengan beberapa tahapan seperti sumber informasi yang di dapatkan oleh peneliti melalui meliputi data, wawancara, dokumentasi, serta referensi dari berbagai sember, dan subjek dalam penelitian ini merupakan masyarakat Nagekeo yang memiliki keahlian pada bidangnya (Po,o Kose dan Te,e). Hasil penelitian menggungkapkan bahwa dalam pembuatan Po,o Kose dan Te,e eksplorasi matematika menggabungkan bangun ruang dalam bentuk tabung dan bangun datar dalam bentuk persegi, sehingga membentuk sebuah hasil karya sesuai denga apa yang diharapkan oleh para masyarakat pada umumnya. Dengan adanya penelitian ini peneliti melihat jelas bahwa budaya bisa di jadikan sebagai cara terbaik untuk meningkatkan potensi belajar siswa pada bidang pendidikan matematika.
References
Abi, A. M. (2017). Integrasi Etnomatematika dalam Kurikulum Matematika Sekolah. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 1(1), 1-6. https://doi.org/10.26737/jpmi.v1i1.75.
Aditya, Dedy Yusuf (2017). Eksplorasi Unsur Matematika Dalam Kebudayaan Masyarakat Jawa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(3), 253-261.
Arikunto. (2014). Prosedur Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Bela, M. E., & Wewe, M. (2024). Integrating ethnomathematics into a transformation geometry module to enhance self-efficacy, 15(02), 547–557. https://doi.org/10.24042/ajpm.v15i2.24564
Bito, G. S., Dole, F. B., & Limana, H. D. (2020). Ethnomathematics: Primary School Mathematics Contents on Lio Traditional House at Waka Village in Ende NTT. Musamus Journal of Primary Education, 3(2), 125-133.
Dominikus. 2016. Etnomatematika Adonara dan Kaitannya dengan Matematika Sekolah. Malang: Disertasi Universitas Negeri Malang.
Ekowati, D. W. (2017). Ethnomatematika dalam Pembelajaran Matematika (Pembelajaran Bilangan dengan Media Batik Madura, Tari Khas Trenggal dan Tari Khas Madura). Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD. Universitas Muhammadiyah Malang.
Huda, N. (2018). Etnomatematika Pada Bentuk Jajanan Pasar di Daerah Istimewa Yogyakarta. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika. Vol. 2(2), Hal. 217-232.
Manapa, I. Y. H. (2021). Etnomatematika: Kekayaan Budaya Kabupaten Alor sebagai Sumber Media Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Numeracy, 8(1), 1-24.
Marina, M., & Izzati, N. (2019). Eksplorasi Etnomatematika pada Corak Alat Musik Kesenian Marawis sebagai Sumber Belajar Matematika. Jurnal Gantang, 4(1), 39–48. https://doi.org/10.31629/jg.v4i1.10 27.
Muhtadi, D., Sukirwan, Warsito, & Prahmana, R. C. I. (2017). Sundanese Ethnomathematics: Mathematical Activities in Estimating, Measuring, and Making Patterns. Journal on mathematics education, 8(2), 185-198. https://doi.org/10.22342/jme.8.2.40455.185- 198.
Ngao, P., Bela, M.E., Wangge, M.C.T., Bhoke, W., (2025). Penerapan Model Pembelajaran Calistung Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa di SMP Negeri 2 Mauponggo, Sigma: Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 16, No.2, 557-570
Nur, A. S., Waluya, S. B., Rochmad, R., & Wardono, W. (2020). Contextual Learning with Ethnomathematics in Enhancing the Problem Solving Based on Thinking Levels. JRA Math Edu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education, 5(3), 331- 344.
Nuryadi, N. (2020). Pendidikan Matematika Berbasis Etnomatematika di Era 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 5-12. Yogyakarta: Universitas Mercubuana.
Putra, R. Y., Wijayanto, Z., & Widodo, S. A. (2020). Etnomatematika: Masjid Soko Tunggal Dalam Pembelajaran Geometri 2D. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 4(1), 10-22. https://doi.org/10.26740/jrpipm.v4 n1.p10-22.
Riski, Y., Tito, V., & Krister, P. (2020). Kajian Etnomatematika Anyaman Bambu Yogyakarta Di Desa Wisata Kerajinan Bambu Brajan Dan Implementasinya Pada Pembelajaran Topik Geometri. Seminar Nasional Pendidikan Matematika,143–152. Retrieved from https://conference.unikal.ac.id/index.php/sandika/sandika1/paper/view/334.
Rizqi, N. R., Putri, J. H., & Hasibuan, I. S. (2022). Eksplorasi Etnomatematika Istana Maimun di Sumatera Utara. Jurnal Eduscience, 9(1), 101-109
Rohmaini, L., Netriwati, N., Komarudin, K., Nendra, F., & Qiftiyah, M. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Berbantuan Wingeom Berdasarkan Langkah Borg and Gall. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 176- 186. https://doi.org/10.25157/teorema.v 5i2.3649.
Rosa, M., & Gavarrete, M. E. (2017). An ethnomathematics overview: An introduction. Ethnomathematics and its diverse approaches for mathematics education, 3-19.
Simbolon, R. (2024). Literature Study: Integration of Ethnomathematics in Mathematics Learning in Schools. JMEA: Journal of Mathematics Education and Application, 3(2), 70-76.
Sumartono, S. (2022). Kajian etnomatematika pada motif kain tenun Nusa Tenggara Timur untuk pembelajaran Tingkat dasar. SIBATIK JOURNAL: jurnal ilmiah bidang social, ekonomi, budaya, teknologi dan Pendidikan, 2(1), 281-288. https://doi.org/10.54443/sibatik.v2i1.5467(1).
Sutarto, S., Ahyansyah, A., Mawaddah, S., & Hastuti, I. D. (2021). Etnomatematika: Eksplorasi Kebudayaan Mbojo Sebagai Sumber Belajar Matematika. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan PembelajaranMatematika),7(1), 33–42. https://doi.org/10.29100/jp2m.v7i1.
Wewe, M., & Kau, H. (2019). Etnomatika Bajawa: Kajian simbol budaya Bajawa dalam pembelajaran matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 2(2), 65. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.3551652
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
With the receipt of the article by the SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika.
Universitas Muhammadiyah Makassar as the publisher of SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika hold the copyright regarding all the published articles in this journal.Universitas Muhammadiyah Makassar has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded ON THIS FORM.