EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA PERMAINAN CONGKLAK DENGAN APLIKASI DIGITAL MANCALA

Sekar Tyas Maulia Putri, Andhika Ayu Wulandari

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengembangan studi sebelumnya yang menunjukkan bahwa congklak merupakan salah satu permainan tradisional yang mengandung banyak konsep matematika. Namun, di era digital saat ini, telah banyak tersedia media digital yang lebih modern dan menarik untuk digunakan dalam pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi unsur-unsur matematika yang terdapat dalam aplikasi digital Mancala, yang merupakan versi digital dari permainan congklak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan etnografi. Pengumpulan data dilakukan melalui eksplorasi langsung terhadap fitur-fitur dalam aplikasi Mancala, termasuk alat permainan dan cara bermainnya. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis domain, tanpa pembatasan pada jenis konsep matematika yang dieksplorasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat berbagai konsep matematika dalam aplikasi digital Mancala, antara lain: bangun datar, peluang, arah busur, serta operasi penjumlahan dan pengurangan. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa aplikasi digital Mancala memiliki potensi sebagai salah satu media pembelajaran matematika yang kontekstual dan menarik, terutama dalam mengenalkan konsep-konsep dasar secara interaktif dan berbasis budaya.


Keywords


congklak; Mancala; konsep matematika; media pembelajaran; etnografi

References


Afriansyah, A., Baehaqi Arif, D., & Nugraha Putra, A. (2024). Kolaborasi Budaya dan Pembelajaran: Inovasi COLAKTRA (Congklak Nusantara) sebagai Media Pembelajaran PKn Berbasis Permainan Tradisional. Jurnal El-Hamra: Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 9(3), 270–276. https://doi.org/https://doi.org/10.62630/elhamra.v9i3.180

Agustino, V. D., & Susanto, H. A. (2025). Eksplorasi Etnomatematika: Integrasi Matematika pada Kesenian Musik Ngesti Swara di Desa Jatisobo. Edumatica:Jurnal Pendidikan Matematika, 14(3), 260–270. https://doi.org/https://doi.org/10.22437/edumatica.v14i3.37548

Andriono, R. (2021). Analisis Peran Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2), 184–190. https://doi.org/10.24176/anargya.v4i2.6370

Anjelia, R. F., & Fransiska, R. (2023). Pengaruh Permainan Mancala Terhaadap Kemampuan Konsep Bilangan Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-kanak Harapan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 22841–22850. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.10216

As’Ad, Firmansyah, & Fridiyanto. (2021). MENGELOLA PENDIDIKAN MULTIKULTURAL: Studi Etnografi di SMA Sultan Iskandar Muda Kota Medan. 10(2), 59–72. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30821/hijri.v10i2.11265

Asih, S., Wahyuni, B., Afghohani, A., Wulandari, A. A., Keguruan, F., Pendidikan, I., Veteran, U., & Nusantara, B. (2024). Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika ETNOMATEMATIKA: EKSPLORASI GEOMETRIS PADA DESAIN BANGUNAN MASJID AGUNG SURAKARTA. PROXIMAL: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(2), 873–882. https://doi.org/10.30605/proximal.v5i2.4207

Astutiningtyas, E. L., Wulandari, A. A., & Dan Farahsanti, I. (2017). Etnomatematika dan Pemecahan Masalah Kombinatorik. JMEN: Jurnal Math Educator Nusantara, 3(2), 111–118. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/jmen.v3i2.907

Budianti, Y., Pulungan, E. N., & Nuraini, I. (2021). Pengaruh Permainan Congklak dan Gatheng Terhadap Kecerdasan Logika Matematika Anak Usia Dini di RA Khairu Ummah. Jurnal Raudhah, 9(1), 93–108. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v9i1.945

Dilla AT, St. H., Ashari, N., Muliana, S., & Tadzkirah. (2024). Pengembangan Permainan Congklak dalam Meningkatkan Kemampuan Numerasi pada Anak Usia 4-5 Tahun. Aulad: Journal on Early Chilhood, 7(3), 860–872. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/aulad.v7i3.816

Fatimah, S., Idawati, I., Astuti, M., Mahmudah, I., & Baiti, M. (2021). EFFECT OF COGKLAK GAME METHOD TO STUDENT’S MATHEMATICS LEARNING OUTCOME AT STATE ELEMENTARY SCHOOL. JIP (Jurnal Ilmiah PGMI), 7(2), 60–66. https://doi.org/10.19109/jip.v7i2.11089

Gamela Reza, A., Zulhendri, Z., & Astuti, A. (2024). Eksplorasi Etnomatematika Permainan Congklak untuk Operasi Bilangan Bulat pada Masyarakat Batu-belah. Journal of Education Research, 5(3), 3496–3506. https://doi.org/https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1253

Hasanah, L. N., Mulyani, S., & Aziz, N. (2024). PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN CONGKLAK DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Jurnal Al-Qalam, 25(01). https://doi.org/https://doi.org/10.32699/al-qalam.v25i1.7474

Indah Restiani, D., Raya Tengah No, J., Rebo, P., & Timur, J. (2025). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pemahaman Siswa tentang Materi Peluang. JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN KEBUDAYAN DAN AGAMA, 3(2), 1–8. https://doi.org/10.59024/jipa.v3i2.1112

Kencanawaty, G., Febriyanti, C., & Irawan, A. (2020). Kontribusi Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika Tingkat Sekolah Dasar. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(2), 255–262. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i2.1107

Khadijah, Oktafianti, N., Salsabila, P., Ramita, & Nurjanah, S. (2023). Permainan Congklak untuk Mengembangkan Kognitif dan Motorik AUD di TK Al-Kausar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 1999–2004. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11257

Khaerani, Arismunandar, & Tolla, I. (2024). PERAN ETNOMATEMATIKA DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN MATEMATIKA: TINJAUAN LITERATUR. Indonesian Journal Of Intellectual Publication, 5, 20–26. https://doi.org/https://doi.org/10.51577/ijipublication.v5i1.579

Kholifah, N., Aqsalita, W., Putri, M. B., & Ernawati, D. (2023). Upaya meningkatkan pemahaman matematis siswa kelas III SD melalui media Corner Box berbasis kearifan lokal. Jurnal Teknologi Komunikasi Pendidikan, 15(1), 57–63. https://doi.org/https://doi.org/10.51169/

Luthfi, I., Nisa’, A., & Malasari, P. N. (2024). Implementasi Etnomatematika Berbasis Alat Kesenian Rebana untuk Memfasilitasi Kemampuan Matematis Siswa: Systematic Literature Review. SQUARE: Journal of Mathematics and Mathematics Education, 6(2), 63–71. https://doi.org/10.21580/square.2024.6.2.21968

Matulessy, A., & Muhid, A. (2022). Efektivitas permainan tradisional congklak untuk meningkatkan kemampuan matematika siswa: literature review. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 13(1), 165–178. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/aks.v13i1.8834

Muhammad, I. (2023). Penelitian Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika (1995-2023). EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 427–438. https://doi.org/https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i1.276

Muslihatun, A., Cahyaningtyas, L., Narendra La Hasaleh Khaimuddin, R., Nizar Fijatullah, R., Uswatun Nisa, E., & Christina Kartika Sari, dan. (2019). PEMANFAATAN PERMAINAN TRADISIONAL UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN: CONGKLAK BILANGAN SEBAGAI INOVASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 15(1), 14–22. https://doi.org/https://doi.org/10.20414/transformasi.v15i1.915

Nataliya, P. (2015). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PADA SISWA SEKOLAH DASAR. JIPT: Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 03(02), 343–358. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jipt.v3i2.3536

Okta Marinka, D., Febriani, P., & nyoman Wirne, I. (2018). Efektifitas Etnomatematika dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa. In Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia (Vol. 03, Issue 02). https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jpmr.v3i2.7521

Rahmasari, F., Azka Salma, F., & Sutriyani, W. (2024). Efektivitas Penggunaan Media Congklak Terhadap Hasil Belajar Materi Penjumlahan dan Pengurangan Siswa Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR, 11(1), 21–30. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v11i1.69192

Rahmasari, F., Sutriyani, W., & Muhaimin, M. (2023). Efektivitas permainan tradisional congklak terhadap hasil belajar matematika SD. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 508–518. https://doi.org/10.33654/math.v9i3.2466

Rissa Putri Intari Dewi, P., Made Winda Wijayanti, N., & Dewa Putu Juwana, I. (2022). EFEKTIVITAS PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL ASSEMBLR EDU PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMK NEGERI 4 DENPASAR. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Widya Mahadi, 2(2), 98–109. https://doi.org/10.5281/zenodo.6606066

Rosanti, A., Tahir, M., & Maulyda, M. A. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Penjumlahan dan Pengurangan Pada Kelas II di SDN 3 Pringgajurang. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1490–1495. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.812

Sahrunayanti, S., Dema, M., & Wahyuningsih, W. (2023). Pemanfaatan Media Permainan Congklak dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa. Jurnal Penelitian Inovatif, 3(2), 433–446. https://doi.org/10.54082/jupin.182

Sesrita, A., Edwita, & Yarmi, G. (2023). DAMPAK PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 1502–1512. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.10887

Simbolon, S., Sapri, S., & Sapri, S. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas IV Materi Bangun Datar di Sekolah Dasar. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(2), 2510–2515. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2081

Sitepu, E. N. (2021). Media Pembelajaran Berbasis Digital. Jurnal Mahesa Center, 1(1), 242–248. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.195

Telaumbanua, A., Gulo, D., Lahagu, L. A., Gulo, C. K., & Gulo, E. K. K. (2022). Pengaruh Penerapan Teori Belajar Sibernetik Terhadap Kemampuan Mahasiswa Mengelola Pembelajaran Berbasis Digital. Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 1(2), 60–69. https://doi.org/10.56854/pak.v1i2.105

Yasri, B., Iriani Syarief, Y., Ridwan Lubis, A., Bai Adoe, C., Aulia, A., Safitri, T., Nadya, K., & Anggia, K. (2024). KEARIFAN LOKAL DAN DINAMIKA SOSIAL BUDAYA DI KAMPUNG NAGA DENGAN PENDEKATAN ETNOGRAFI LOCAL WISDOM AND SOCIO-CULTURAL DYNAMICS IN KAMPUNG NAGA WITH AN ETHNOGRAPHIC APPROACH. JURNAL DIMENSI, 13, 524–536. https://doi.org/https://doi.org/10.33373/dms.v13i2.6367




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v17i1.17536

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View SIGMA Stats

Flag Counter


INDEXED BY:

      

 

 

SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.