EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA PERMAINAN CONGKLAK DENGAN APLIKASI DIGITAL MANCALA
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengembangan studi sebelumnya yang menunjukkan bahwa congklak merupakan salah satu permainan tradisional yang mengandung banyak konsep matematika. Namun, di era digital saat ini, telah banyak tersedia media digital yang lebih modern dan menarik untuk digunakan dalam pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi unsur-unsur matematika yang terdapat dalam aplikasi digital Mancala, yang merupakan versi digital dari permainan congklak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan etnografi. Pengumpulan data dilakukan melalui eksplorasi langsung terhadap fitur-fitur dalam aplikasi Mancala, termasuk alat permainan dan cara bermainnya. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis domain, tanpa pembatasan pada jenis konsep matematika yang dieksplorasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat berbagai konsep matematika dalam aplikasi digital Mancala, antara lain: bangun datar, peluang, arah busur, serta operasi penjumlahan dan pengurangan. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa aplikasi digital Mancala memiliki potensi sebagai salah satu media pembelajaran matematika yang kontekstual dan menarik, terutama dalam mengenalkan konsep-konsep dasar secara interaktif dan berbasis budaya.
Keywords
Full Text:
PDF (BAHASA INDONESIA)References
Afriansyah, A., Baehaqi Arif, D., & Nugraha Putra, A. (2024). Kolaborasi Budaya dan Pembelajaran: Inovasi COLAKTRA (Congklak Nusantara) sebagai Media Pembelajaran PKn Berbasis Permainan Tradisional. Jurnal El-Hamra: Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 9(3), 270–276. https://doi.org/https://doi.org/10.62630/elhamra.v9i3.180
Agustino, V. D., & Susanto, H. A. (2025). Eksplorasi Etnomatematika: Integrasi Matematika pada Kesenian Musik Ngesti Swara di Desa Jatisobo. Edumatica:Jurnal Pendidikan Matematika, 14(3), 260–270. https://doi.org/https://doi.org/10.22437/edumatica.v14i3.37548
Andriono, R. (2021). Analisis Peran Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2), 184–190. https://doi.org/10.24176/anargya.v4i2.6370
Anjelia, R. F., & Fransiska, R. (2023). Pengaruh Permainan Mancala Terhaadap Kemampuan Konsep Bilangan Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-kanak Harapan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 22841–22850. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.10216
As’Ad, Firmansyah, & Fridiyanto. (2021). MENGELOLA PENDIDIKAN MULTIKULTURAL: Studi Etnografi di SMA Sultan Iskandar Muda Kota Medan. 10(2), 59–72. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30821/hijri.v10i2.11265
Asih, S., Wahyuni, B., Afghohani, A., Wulandari, A. A., Keguruan, F., Pendidikan, I., Veteran, U., & Nusantara, B. (2024). Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika ETNOMATEMATIKA: EKSPLORASI GEOMETRIS PADA DESAIN BANGUNAN MASJID AGUNG SURAKARTA. PROXIMAL: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(2), 873–882. https://doi.org/10.30605/proximal.v5i2.4207
Astutiningtyas, E. L., Wulandari, A. A., & Dan Farahsanti, I. (2017). Etnomatematika dan Pemecahan Masalah Kombinatorik. JMEN: Jurnal Math Educator Nusantara, 3(2), 111–118. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/jmen.v3i2.907
Budianti, Y., Pulungan, E. N., & Nuraini, I. (2021). Pengaruh Permainan Congklak dan Gatheng Terhadap Kecerdasan Logika Matematika Anak Usia Dini di RA Khairu Ummah. Jurnal Raudhah, 9(1), 93–108. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v9i1.945
Dilla AT, St. H., Ashari, N., Muliana, S., & Tadzkirah. (2024). Pengembangan Permainan Congklak dalam Meningkatkan Kemampuan Numerasi pada Anak Usia 4-5 Tahun. Aulad: Journal on Early Chilhood, 7(3), 860–872. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/aulad.v7i3.816
Fatimah, S., Idawati, I., Astuti, M., Mahmudah, I., & Baiti, M. (2021). EFFECT OF COGKLAK GAME METHOD TO STUDENT’S MATHEMATICS LEARNING OUTCOME AT STATE ELEMENTARY SCHOOL. JIP (Jurnal Ilmiah PGMI), 7(2), 60–66. https://doi.org/10.19109/jip.v7i2.11089
Gamela Reza, A., Zulhendri, Z., & Astuti, A. (2024). Eksplorasi Etnomatematika Permainan Congklak untuk Operasi Bilangan Bulat pada Masyarakat Batu-belah. Journal of Education Research, 5(3), 3496–3506. https://doi.org/https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1253
Hasanah, L. N., Mulyani, S., & Aziz, N. (2024). PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN CONGKLAK DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Jurnal Al-Qalam, 25(01). https://doi.org/https://doi.org/10.32699/al-qalam.v25i1.7474
Indah Restiani, D., Raya Tengah No, J., Rebo, P., & Timur, J. (2025). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pemahaman Siswa tentang Materi Peluang. JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN KEBUDAYAN DAN AGAMA, 3(2), 1–8. https://doi.org/10.59024/jipa.v3i2.1112
Kencanawaty, G., Febriyanti, C., & Irawan, A. (2020). Kontribusi Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika Tingkat Sekolah Dasar. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(2), 255–262. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i2.1107
Khadijah, Oktafianti, N., Salsabila, P., Ramita, & Nurjanah, S. (2023). Permainan Congklak untuk Mengembangkan Kognitif dan Motorik AUD di TK Al-Kausar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 1999–2004. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11257
Khaerani, Arismunandar, & Tolla, I. (2024). PERAN ETNOMATEMATIKA DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN MATEMATIKA: TINJAUAN LITERATUR. Indonesian Journal Of Intellectual Publication, 5, 20–26. https://doi.org/https://doi.org/10.51577/ijipublication.v5i1.579
Kholifah, N., Aqsalita, W., Putri, M. B., & Ernawati, D. (2023). Upaya meningkatkan pemahaman matematis siswa kelas III SD melalui media Corner Box berbasis kearifan lokal. Jurnal Teknologi Komunikasi Pendidikan, 15(1), 57–63. https://doi.org/https://doi.org/10.51169/
Luthfi, I., Nisa’, A., & Malasari, P. N. (2024). Implementasi Etnomatematika Berbasis Alat Kesenian Rebana untuk Memfasilitasi Kemampuan Matematis Siswa: Systematic Literature Review. SQUARE: Journal of Mathematics and Mathematics Education, 6(2), 63–71. https://doi.org/10.21580/square.2024.6.2.21968
Matulessy, A., & Muhid, A. (2022). Efektivitas permainan tradisional congklak untuk meningkatkan kemampuan matematika siswa: literature review. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 13(1), 165–178. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/aks.v13i1.8834
Muhammad, I. (2023). Penelitian Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika (1995-2023). EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 427–438. https://doi.org/https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i1.276
Muslihatun, A., Cahyaningtyas, L., Narendra La Hasaleh Khaimuddin, R., Nizar Fijatullah, R., Uswatun Nisa, E., & Christina Kartika Sari, dan. (2019). PEMANFAATAN PERMAINAN TRADISIONAL UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN: CONGKLAK BILANGAN SEBAGAI INOVASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 15(1), 14–22. https://doi.org/https://doi.org/10.20414/transformasi.v15i1.915
Nataliya, P. (2015). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PADA SISWA SEKOLAH DASAR. JIPT: Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 03(02), 343–358. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jipt.v3i2.3536
Okta Marinka, D., Febriani, P., & nyoman Wirne, I. (2018). Efektifitas Etnomatematika dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa. In Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia (Vol. 03, Issue 02). https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jpmr.v3i2.7521
Rahmasari, F., Azka Salma, F., & Sutriyani, W. (2024). Efektivitas Penggunaan Media Congklak Terhadap Hasil Belajar Materi Penjumlahan dan Pengurangan Siswa Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR, 11(1), 21–30. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v11i1.69192
Rahmasari, F., Sutriyani, W., & Muhaimin, M. (2023). Efektivitas permainan tradisional congklak terhadap hasil belajar matematika SD. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 508–518. https://doi.org/10.33654/math.v9i3.2466
Rissa Putri Intari Dewi, P., Made Winda Wijayanti, N., & Dewa Putu Juwana, I. (2022). EFEKTIVITAS PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL ASSEMBLR EDU PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMK NEGERI 4 DENPASAR. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Widya Mahadi, 2(2), 98–109. https://doi.org/10.5281/zenodo.6606066
Rosanti, A., Tahir, M., & Maulyda, M. A. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Penjumlahan dan Pengurangan Pada Kelas II di SDN 3 Pringgajurang. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1490–1495. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.812
Sahrunayanti, S., Dema, M., & Wahyuningsih, W. (2023). Pemanfaatan Media Permainan Congklak dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa. Jurnal Penelitian Inovatif, 3(2), 433–446. https://doi.org/10.54082/jupin.182
Sesrita, A., Edwita, & Yarmi, G. (2023). DAMPAK PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 1502–1512. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.10887
Simbolon, S., Sapri, S., & Sapri, S. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas IV Materi Bangun Datar di Sekolah Dasar. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(2), 2510–2515. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2081
Sitepu, E. N. (2021). Media Pembelajaran Berbasis Digital. Jurnal Mahesa Center, 1(1), 242–248. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.195
Telaumbanua, A., Gulo, D., Lahagu, L. A., Gulo, C. K., & Gulo, E. K. K. (2022). Pengaruh Penerapan Teori Belajar Sibernetik Terhadap Kemampuan Mahasiswa Mengelola Pembelajaran Berbasis Digital. Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 1(2), 60–69. https://doi.org/10.56854/pak.v1i2.105
Yasri, B., Iriani Syarief, Y., Ridwan Lubis, A., Bai Adoe, C., Aulia, A., Safitri, T., Nadya, K., & Anggia, K. (2024). KEARIFAN LOKAL DAN DINAMIKA SOSIAL BUDAYA DI KAMPUNG NAGA DENGAN PENDEKATAN ETNOGRAFI LOCAL WISDOM AND SOCIO-CULTURAL DYNAMICS IN KAMPUNG NAGA WITH AN ETHNOGRAPHIC APPROACH. JURNAL DIMENSI, 13, 524–536. https://doi.org/https://doi.org/10.33373/dms.v13i2.6367
DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v17i1.17536
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXED BY:
SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.