PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW MATERI STATISTIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Aditya Sholihut, Aning Wida Yanti

Abstract


Penggunaan metode pembelajaran konvensional yang terlalu monoton menyebabkan siswa kurang mampu dalam memahami suatu pembelajaran secara mendalam. Akibatnya, siswa memiliki hasil belajar yang masih tergolong rendah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Peterongan Jombang mengalami peningkatan setelah diterapkannya metode pembelajaran kooperatif Jigsaw dan memabandingkan dengan kelas yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Untuk memperoleh data digunakan pedoman wawancara, observasi, dan tes. Instrumen yang dibuat oleh peneliti yakni berupa lembar tes pemahaman siswa, untuk mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang telah disampaikan. Selain itu, peneliti juga menyusun pedoman wawancara untuk mendapatkan informasi terkait pembelajaran dan kurikulum yang dipakai di SMP Negeri 3 Peterongan Jombang. Hasil penerapan metode jigsaw terbukti meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMPN 3 Peterongan. Penggunaan metode kooperatif jigsaw terbukti meningkatkan hasil belajar siswa dibuktikan dengan adanya peningkatan rata-rata nilai siswa sebesar 20%.


Keywords


pembelajaran kooperatif; metode Jigsaw; hasil belajar; metode konvensional

References


Aprilia, A., & Nur Fitriana, D. (2022). Mindset Awal Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika Yang Sulit Dan Menakutkan. Managing Environments for Leisure and Recreation, 1(2), 373–377. https://doi.org/10.4324/9780203457306-42

Arrasyid, H., Wapa, A., & Pratiw, D. M. D. (2022). Pengaruh model pembelajaran kooperstif tipe jigsaw terhadap hasil belajar matematika di kelas IV SD gugus V Tegaldlimo. Consilium: Education and Counseling Journal, 2(1), 153. https://doi.org/10.36841/consilium.v2i1.1612

Davoudi, A. H. M., & Mahinpo, B. (2022). Kagan cooperative learning model: The bridge to foreign language learning in the third millennium. Theory and Practice in Language Studies, 2(6), 1134–1140. https://doi.org/10.4304/tpls.2.6.1134-1140

Dhenis Indera Wira Pratama Putra, -. (2022). Pengaruh Latihan Beban Menggunakan Set Sistem Dan Piramid Sistem Terhadap Peningkatan Daya Tahan Otot Tungkai Atlet Dayung Rowing Kabupaten Bandung Barat. https://repository.upi.edu

Elida, N. (2012). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Pembelajaran Think-Talk-Write (Ttw). Infinity Journal, 1(2), 178. https://doi.org/10.22460/infinity.v1i2.17

Ermayanti Astuti. (2023). Pelatihan Pengenalan dan Penerapan Aplikasi Komputer Microsoft Excel pada SMU Swasta Dharmawangsa Medan. Ners Media, 2(1), 29. https://doi.org/10.55123/abdikan.v2i1.1660

Fadillah, F., & Munandar, D. R. (2021). Analisis kemampuan literasi statistis dalam pembelajaran matematika di masa pandemi. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(5), 1157–1168. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.1157-1168

Magdalena, I., Fauziah, S., Sari, P. W., & Berliana, N. (2020). Analisis Faktor Siswa Tidak Memperhatikan Penjelasan Guru. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 283–295.

Maswadah, M., & Seham, M. (2021). Interval Estimation for Burr Type-XII Model Based on the Generalized Order Statistics. International Journal of Probability and Statistics, 10(1), 17–25. https://doi.org/10.5923/j.ijps.20211001.03

Nurhadi, N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XII IPA 3 SMA Negeri 3 Bengkalis. Journal of Natural Science and Integration, 2(1), 76. https://doi.org/10.24014/jnsi.v2i1.7115

Oktiviani, F. N., Waluya, S. B., & Zaenuri, Z. (2021). Kemampuan Literasi Statistik dalam Pembelajaran Berbasis Proyek yang Dimodifikasi. IJoIS: Indonesian Journal of Islamic Studies, 2(2), 235–247. https://doi.org/10.59525/ijois.v2i2.44

Setyobudi, Susilo, D. A., & Suwanti, V. (2021). Pengembangan media pembelajaran dalam format excel pada materi membaca dan melukis grafik fungsi kuadrat. Rainstek: Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 3(4), 272–281. https://doi.org/10.21067/JTST.V3I4.5814

Siregar Aisyah, N., Harahap Royani, N., & Harahap Sari, H. (2023). Hubungan Antara Pretest dan Posttest dengan Hasil Belajar Siswa Kelas VII B Di MTS Alwashliyah Pantai Cirebon. Edunomika, 07(01), 2–3. https://doi.org/10.29040/jie.v7i1.8307

Ummah, M. S. (2019). Efektivitas Penggunaan Metode Pembelajaran Jigsaw Berbasis Wifi Ad Hoc dalam Pembelajaran Sistem Basis Data Kelas XI Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (Studi Kasus SMKN 1 Tengaran). Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. https://dx.doi.org/10.1016

Wiryana, R., & Alim, J. A. (2023). Problems of Learning Mathematics in. Kiprah Pendidikan, 2, 271–277. https://doi.org/https://doi.org/10.33578/kpd.v2i3.187




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v17i1.16749

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View SIGMA Stats

Flag Counter


INDEXED BY:

      

 

 

SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.