PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW MATERI STATISTIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
DOI:
https://doi.org/10.26618/sigma.v17i1.16749Keywords:
pembelajaran kooperatif, metode Jigsaw, hasil belajar, metode konvensionalAbstract
Penggunaan metode pembelajaran konvensional yang terlalu monoton menyebabkan siswa kurang mampu dalam memahami suatu pembelajaran secara mendalam. Akibatnya, siswa memiliki hasil belajar yang masih tergolong rendah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Peterongan Jombang mengalami peningkatan setelah diterapkannya metode pembelajaran kooperatif Jigsaw dan memabandingkan dengan kelas yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Untuk memperoleh data digunakan pedoman wawancara, observasi, dan tes. Instrumen yang dibuat oleh peneliti yakni berupa lembar tes pemahaman siswa, untuk mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang telah disampaikan. Selain itu, peneliti juga menyusun pedoman wawancara untuk mendapatkan informasi terkait pembelajaran dan kurikulum yang dipakai di SMP Negeri 3 Peterongan Jombang. Hasil penerapan metode jigsaw terbukti meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMPN 3 Peterongan. Penggunaan metode kooperatif jigsaw terbukti meningkatkan hasil belajar siswa dibuktikan dengan adanya peningkatan rata-rata nilai siswa sebesar 20%.
References
Aprilia, A., & Nur Fitriana, D. (2022). Mindset Awal Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika Yang Sulit Dan Menakutkan. Managing Environments for Leisure and Recreation, 1(2), 373–377. https://doi.org/10.4324/9780203457306-42
Arrasyid, H., Wapa, A., & Pratiw, D. M. D. (2022). Pengaruh model pembelajaran kooperstif tipe jigsaw terhadap hasil belajar matematika di kelas IV SD gugus V Tegaldlimo. Consilium: Education and Counseling Journal, 2(1), 153. https://doi.org/10.36841/consilium.v2i1.1612
Davoudi, A. H. M., & Mahinpo, B. (2022). Kagan cooperative learning model: The bridge to foreign language learning in the third millennium. Theory and Practice in Language Studies, 2(6), 1134–1140. https://doi.org/10.4304/tpls.2.6.1134-1140
Dhenis Indera Wira Pratama Putra, -. (2022). Pengaruh Latihan Beban Menggunakan Set Sistem Dan Piramid Sistem Terhadap Peningkatan Daya Tahan Otot Tungkai Atlet Dayung Rowing Kabupaten Bandung Barat. https://repository.upi.edu
Elida, N. (2012). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Pembelajaran Think-Talk-Write (Ttw). Infinity Journal, 1(2), 178. https://doi.org/10.22460/infinity.v1i2.17
Ermayanti Astuti. (2023). Pelatihan Pengenalan dan Penerapan Aplikasi Komputer Microsoft Excel pada SMU Swasta Dharmawangsa Medan. Ners Media, 2(1), 29. https://doi.org/10.55123/abdikan.v2i1.1660
Fadillah, F., & Munandar, D. R. (2021). Analisis kemampuan literasi statistis dalam pembelajaran matematika di masa pandemi. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(5), 1157–1168. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.1157-1168
Magdalena, I., Fauziah, S., Sari, P. W., & Berliana, N. (2020). Analisis Faktor Siswa Tidak Memperhatikan Penjelasan Guru. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 283–295.
Maswadah, M., & Seham, M. (2021). Interval Estimation for Burr Type-XII Model Based on the Generalized Order Statistics. International Journal of Probability and Statistics, 10(1), 17–25. https://doi.org/10.5923/j.ijps.20211001.03
Nurhadi, N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XII IPA 3 SMA Negeri 3 Bengkalis. Journal of Natural Science and Integration, 2(1), 76. https://doi.org/10.24014/jnsi.v2i1.7115
Oktiviani, F. N., Waluya, S. B., & Zaenuri, Z. (2021). Kemampuan Literasi Statistik dalam Pembelajaran Berbasis Proyek yang Dimodifikasi. IJoIS: Indonesian Journal of Islamic Studies, 2(2), 235–247. https://doi.org/10.59525/ijois.v2i2.44
Setyobudi, Susilo, D. A., & Suwanti, V. (2021). Pengembangan media pembelajaran dalam format excel pada materi membaca dan melukis grafik fungsi kuadrat. Rainstek: Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 3(4), 272–281. https://doi.org/10.21067/JTST.V3I4.5814
Siregar Aisyah, N., Harahap Royani, N., & Harahap Sari, H. (2023). Hubungan Antara Pretest dan Posttest dengan Hasil Belajar Siswa Kelas VII B Di MTS Alwashliyah Pantai Cirebon. Edunomika, 07(01), 2–3. https://doi.org/10.29040/jie.v7i1.8307
Ummah, M. S. (2019). Efektivitas Penggunaan Metode Pembelajaran Jigsaw Berbasis Wifi Ad Hoc dalam Pembelajaran Sistem Basis Data Kelas XI Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (Studi Kasus SMKN 1 Tengaran). Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. https://dx.doi.org/10.1016
Wiryana, R., & Alim, J. A. (2023). Problems of Learning Mathematics in. Kiprah Pendidikan, 2, 271–277. https://doi.org/https://doi.org/10.33578/kpd.v2i3.187
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
With the receipt of the article by the SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika.
Universitas Muhammadiyah Makassar as the publisher of SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika hold the copyright regarding all the published articles in this journal.Universitas Muhammadiyah Makassar has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded ON THIS FORM.