PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW MATERI STATISTIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Abstract
Penggunaan metode pembelajaran konvensional yang monoton sering kali menghambat pemahaman siswa secara mendalam terhadap materi, sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Peterongan Jombang setelah diterapkan metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, serta membandingkannya dengan kelas yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan pendekatan campuran (mix-method) deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan tes. Instrumen yang digunakan mencakup lembar tes pemahaman siswa untuk mengukur tingkat penguasaan materi, serta pedoman wawancara untuk memperoleh informasi tentang praktik pembelajaran dan kurikulum yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Jigsaw efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa, ditunjukkan oleh peningkatan rata-rata nilai siswa sebesar 20% dibandingkan dengan kelas yang menggunakan metode konvensional.
Keywords
References
Aprilia, A., & Nur Fitriana, D. (2022). Mindset awal siswa terhadap pembelajaran matematika yang sulit dan menakutkan. Managing Environments for Leisure and Recreation, 1(2), 373–377. https://doi.org/10.4324/9780203457306-42
Arrasyid, H., Wapa, A., & Pratiw, D. M. D. (2022). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar matematika di kelas IV SD gugus V Tegaldlimo. Consilium: Education and Counseling Journal, 2(1), 153. https://doi.org/10.36841/consilium.v2i1.1612
Creswell, J. W. (2017). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research (5th ed.). Pearson Education.
Davoudi, A. H. M., & Mahinpo, B. (2022). Kagan cooperative learning model: The bridge to foreign language learning in the third millennium. Theory and Practice in Language Studies, 2(6), 1134–1140. https://doi.org/10.4304/tpls.2.6.1134-1140
Elida, N. (2012). Meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa sekolah menengah pertama melalui pembelajaran Think-Talk-Write (TTW). Infinity Journal, 1(2), 178. https://doi.org/10.22460/infinity.v1i2.17
Ermayanti Astuti. (2023). Pelatihan pengenalan dan penerapan aplikasi komputer Microsoft Excel pada SMU Swasta Dharmawangsa Medan. Ners Media, 2(1), 29. https://doi.org/10.55123/abdikan.v2i1.1660
Fadillah, F., & Munandar, D. R. (2021). Analisis kemampuan literasi statistis dalam pembelajaran matematika di masa pandemi. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(5), 1157–1168. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.1157-1168
Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2015). How to design and evaluate research in education (9th ed.). McGraw-Hill Education.
Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (2019). Cooperation and the use of technology in cooperative learning. Journal of Education and Training Studies, 7(6), 1–9. https://doi.org/10.11114/jets.v7i6.4202
Kosasih, A. (2021). Peran teknologi digital dalam penguatan kompetensi abad 21 pada pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 21(1), 25–34.
Magdalena, I., Fauziah, S., Sari, P. W., & Berliana, N. (2020). Analisis faktor siswa tidak memperhatikan penjelasan guru. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(2), 283–295. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara
Maswadah, M., & Seham, M. (2021). Interval estimation for Burr Type-XII model based on the generalized order statistics. International Journal of Probability and Statistics, 10(1), 17–25. https://doi.org/10.5923/j.ijps.20211001.03
Nurhadi, N. (2019). Penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe Jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas XII IPA 3 SMA Negeri 3 Bengkalis. Journal of Natural Science and Integration, 2(1), 76. https://doi.org/10.24014/jnsi.v2i1.7115
Oktiviani, F. N., Waluya, S. B., & Zaenuri, Z. (2021). Kemampuan literasi statistik dalam pembelajaran berbasis proyek yang dimodifikasi. IJoIS: Indonesian Journal of Islamic Studies, 2(2), 235–247. https://doi.org/10.59525/ijois.v2i2.44
Setyobudi, Susilo, D. A., & Suwanti, V. (2021). Pengembangan media pembelajaran dalam format Excel pada materi membaca dan melukis grafik fungsi kuadrat. Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi, 3(4), 272–281. https://doi.org/10.21067/JTST.V3I4.5814
Siregar Aisyah, N., Harahap Royani, N., & Harahap Sari, H. (2023). Hubungan antara pretest dan posttest dengan hasil belajar siswa kelas VII B di MTS Alwashliyah Pantai Cirebon. Edunomika, 7(1), 2–3. https://doi.org/10.29040/jie.v7i1.8307
Sugiyono. (2020). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D (2nd ed.). Alfabeta.
Trilling, B., & Fadel, C. (2015). 21st century skills: Learning for life in our times. Jossey-Bass.
Ummah, M. S. (2019). Efektivitas penggunaan metode pembelajaran Jigsaw berbasis Wifi Ad Hoc dalam pembelajaran sistem basis data kelas XI jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (Studi Kasus SMKN 1 Tengaran). Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. https://dx.doi.org/10.1016
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes. Harvard University Press.
Wiryana, R., & Alim, J. A. (2023). Problems of learning mathematics in. Kiprah Pendidikan, 2, 271–277. https://doi.org/10.33578/kpd.v2i3.187
DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v17i1.16749
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXED BY:
SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.