ANALISIS KEMAMPUAN NUMERASI PESERTA DIDIK BERDASARKAN PERBEDAAN JENIS PENGETAHUAN METAKOGNISI DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA

Nadhila Alya Rahmah, Sarwo Edy, Fatimatul Khikmiyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat kemampuan numerasi peserta didik berdasarkan jenis pengetahuan metakognisi dengan mengacu pada indikator kemampuan numerasi dan disesuaikan dengan tahapan proses penyelesaian masalah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di SMAN 1 Cerme Gresik kelas X MIPA-5 dengan melibatkan tiga peserta didik sebagai subjek penelitian, yang masing-masing satu peserta didik mewakili jenis pengetahuan metakognisinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh tiga jenis pengetahuan, pada peserta didik yang mengacu pada tiga indikator kemampuan numerasi yakni : (I1) Kemampuan menganalsis informasi yang disajikan dalam berbagai bentuk yang meliputi : gambar, grafik, tabel, bagan, diagram; (I2) Kemampuan menggunakan simbol atau berbagai macam angka yang terkait dengan matematika dasarndalam mneyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari ; (I3) Kemampuan menafsirkan hasil analisis untuk mengambil keputusan yang tepat. Dengan ini peserta didik dengan jenis pengetahuan deklaratif mampu menguasai dua indikator I1 dan I3, namun kurang menguasai pada satu indikator I2; peserta didik dengan jenis pengetahuan prosedural mampu menguasai semua indikator kemampuan numerasi I1, I2, I3 ; peserta didik dengan jenis pengetahuan kondisional cukup mampu menguasai hanya satu indikator saja I1, sedangkan untuk kedua indikator tergolong tidak mampu menguasai I2, I3.

Keywords


kemampuan numerasi; pengetahuan metakognisi; menyelesaikan masalah matematika

Full Text:

PDF

References


Ekowati, D. W., &dkk (2019). Literasi Numerasi di SD Muhammadiyah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 93-103.

Flavelll, J. H. (1979). Meltacognition and Cognitivel Monitoring: A Nelw Arela of Cognitive-Developmental Inquiry. America Psychologist, 34(10), 906-911.

Hadi, S., & Radiyatul, R. (2014). Metode Pemecahan Masalah menurut Polya Untuk Mengembangkan Kemampuan Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematis Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1).

Hartatik, S. (2020). Kemampuan Numerasi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Education and Human Development Journal (EHDJ), 5(1), 32-42.

Khoirudin, M., Anjani, T & Sutoyo, S (2022). Analisis Kemampuan Numerasi Peserta Didik dalam Penyelesaian Soal Matematika Pada Materi Operasi Hitung Pecahan Kelas V SD Negeri Kebondalem. Daharmas Education Journal (DE_Journal), 3(2), 190-199.

Maulidina, A. P., & dkk (2019). Profil Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar Berkemampuan Tinggi Dalam Memecahkan Masalah Matematika. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 3(2).

Numerasi, T. G. L (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Jakarta : Kemendikbud.

Rokhim, D. A., dkk (2021). Analisis Kesiapan Peserta Didik dan Guru Pada Asesmen Nasional (Asesmen Kompetensi Minimum, Survey Karakter, dan Survey Lingkungan Belajar) . Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 4(1), 61-71.

Suprayitno, T. (2019). Pendidikan di Indonesia : belajar dari hasil PISA 2018.

Welilin Han, M., & dkk. (2017). Matelri Pelndukung Litelrasi Numelrasi. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v15i1.11440

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter


INDEXED BY: