ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI PELUANG BERDASARKAN TAHAPAN POLYA

Jumratul Aini, Marhadi Saputro

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi peluang berdasarkan tahapan polya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 16 Pontianak. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu teknik pengukuran dan teknik komunikasi langsung. Adapun teknik pengukuran dalam penelitian ini menggunakan tes berupa soal cerita dan untuk teknik komunikasi langsung melalui wawancara yang dilakukan setelah siswa mengerjakan soal. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa meliputi: kesalahan dalam membuat rencana, kesalahan dalam melaksanakan rencana dan kesalahan memeriksa kembali. Tahapan polya terdiri dari empat indikator yaitu: memahami masalah, membuat rencana, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali.


Keywords


kesalahan siswa; peluang; tahapan polya

Full Text:

PDF

References


Argarini, D. F. (2018). Analisis Pemecahan Masalah Berbasis Polya pada Materi Perkalian Vektor Ditinjau dari Gaya Belajar. Matematika Dan Pembelajaran, 6(1), 91. https://doi.org/10.33477/mp.v6i1.448

As’ari, A. R., Mohammmad, T., Valentino, E., Taufik, I., & Zainul, I. (2017). Matematika Kelas VIII SMP/MTs Semester II. 186.

Azis, A. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Pembelajaran Matematika Kelas VIII. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 5(1), 64–72. https://doi.org/10.31219/osf.io/7fpjz

Febriani, D. E., & Mukhni. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Analisis Kesalahan Newman Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 7 Padang. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 7(4), 24–29.

Febryana, E., Sudiana, R., & Pamungkas, A. S. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bertipe HOTS Berdasarkan Teori Newman. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 7(1), 15–27. https://doi.org/10.35706/sjme.v7i1.6586

Herlambang. (2013). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas vii SMP negeri 1 Kepahiang Tentang Bangun datar Ditinjau Dari Teori Van Hiele. Tesis Program Sarjana Pendidikan Matematika FKIP Universitas Bengkulu, h. 14. repository.unib.ac.id › I,II,III,2-13-her.FI.pdf

Johansyah. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Langkah-Langkah Polya.

Katon, K. S., & Arigiyati, T. A. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Menurut Polya Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 577–578.

Minarti, & Kusrini. (2012). Analisis Tingkat Kemampuan Siswa dalam Memecahkan Masalah Bentuk Soal Cerita Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. FMIPA Universitas Negeri Surabaya, 1, 1–8.

Putri. (2020). Jurnal Pendidikan Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 77–88.

Rahardjo, M., & Waluyati, A. (2011). Pembelajaran Soal Cerita pada Operasi Hitung Campuran di SD. Modul Matematika SD Program Bermutu, 85.

Rofi’ah, N., Ansori, H., & Mawaddah, S. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Langkah Penyelesaian Polya. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 120. https://doi.org/10.20527/edumat.v7i2.7379

Soegiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Supriyanto. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaiakan Soal Cerita Tentang Perbandingan. PREMIERE : Journal of Islamic Elementary Education, 1(2), 74–91. https://doi.org/10.51675/jp.v1i2.81




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v15i1.11417

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter


INDEXED BY: