ANALISIS PROSES BERPIKIR MATEMATIS DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 12 MAKASSAR

Haerul Syam, Aulia Yunus

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir matematis siswa tipe climber, camper, dan quitter dalam memecahkan masalah matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian  adalah 3 orang siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 12 Makassar dengan tipe AQ climber, camper, dan quitter. Teknik pemilihan subjek dalam penelitian ini, dengan memberikan angket ARP kepada seluruh siswa kelas VIII untuk memilih 3 siswa  yang mewakili masing-masing tipe AQ. Instrumen dalam penelitian ini yaitu angket ARP, tes pemecahan masalah, dan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa proses berpikir matematis yang dilakukan siswa climber yaitu mampu mengenali dan mengidentifikasi masalah dengan baik, kemudian  menyusun cara dan metode penyelesaian yang diperlukan, serta mengevaluasi kembali hasil yang telah diperoleh, siswa dengan tipe ini adalah tipe siswa yang memiliki motivasi dan dorongan yang tinggi dalam dirinya dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi. Adapun siswa tipe camper pada proses berpikir matematisnya, melakukan tahap awal dalam penyelesaian yaitu mengendifikasi informasi pada masalah yang diberi, kemudian menentukan teori dan metode yang akan digunakan, namun kurang teliti dalam mengevaluasi hasil yang telah diperoleh. Sedangkan siswa tipe quitter dalam proses berpikir matematisnya, tidak mampu mengidentifikasi masalah terlebih dahulu untuk dapat menentukan metode pemecahan yang akan digunakan, sehingga tidak ada proses evaluasi hasil yang dapat dilakukan.


Keywords


Adversity Quotient, proses berpikir matematis, pemecahan masalah

Full Text:

PDF

References


Arios. L. R (2011). Tipe penelitian kualitatif. (Online). (https://www.kompasiana.com/ephineogi.blogspot.com/5508efa58133115e1cb1e202/berbagai-tipe-penelitian-kualitatif-masihkah-diperlukan , diakses 20 mei 2020).

Bernadet. M. Konsep berfikir. (Online). (https://dosenpsikologi.com/konsep-berfikir-dalam-psikologi , diakses 26 mei 2020).

Dewiyanti, U. (2017). Berpikir matematis dalam kehidupan sehari-hari. (Online). (http://student-activity.binus.ac.id/himmat/2017/06/berpikir-matematis-dalam-kehidupan-sehari-hari , diakses 20 mei 2020)

Fajri, M. (2017). Kemampuan berpikir matematis dalam konteks pembelajaran abad 21 di sekolah dasar. Lemma, 3(2).

Fatmahanik, U. (2018). Pola Berfikir Reflektif Ditinjau Dari Adversity Quotient. Kodifikasia, 12(2), 275-287.

Layyina, U. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Matematis Berdasarkan Tipe Kepribadian pada Model 4K dengan Asesmen Proyek Bagi Siswa Kelas VII. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 704-713).

Masfingatin, T. (2013). Proses berpikir siswa sekolah menengah pertama dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari adversity quotient. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 2(1).

Nuraini, N., Nursangaji, A., & Hamdani, H. (2018). Proses berpikir siswa dalam pemecahan masalah matematika pada materi perbandingan ditinjau dari adversity quotient. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 7(3).

Nurrahmah, F. (2015). Profil proses berpikir kreatif siswa kelas X menurut Wallas dalam memecahkan masalah pada materi pokok gerak lurus ditinjau dari jenis kelamin dan prestasi belajar Fisika (studi deskriptif analitis siswa kelas X MAN 1 Sragen tahun ajaran 2014/2015) (Doctoral dissertation, UIN Walisongo).

Purnamasari, L. D. (2019). Analisis proses berpikir dalam pemecahan masalah matematika polya berdasarkan tipe kepribadian pada sub materi himpunan siswa kelas vii smp negeri 1 berbah tahun ajaran 2018/2019.

Sabri1 (Hanya kesadaran yang bisa dididik (Gattegno dalam Hewitt, 2009))" Berpikir Matematis untuk Pemahaman pada Tingkat Kesadaran"

Sugiono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta

Widodo, S. A. (2012, November). Proses Berpikir Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Dimensi Teacher. In Makalah Dipresentasikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika dengan tema “Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa” pada tanggal (Vol. 10).

Widyastuti, R. (2015). Proses berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan teori Polya ditinjau dari adversity quotient tipe climber. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 183-194.

Widyastuti, R., Usodo, B., & Riyadi, R. (2013). Proses Berpikir Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah-langkah Polya Ditinjau Dari Adversity Quotient. Jurnal Pembelajaran Matematika, 1(3).

Yanti, A. P., & Syazali, M. (2016). Analisis proses berpikir siswa dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan langkah-langkah Bransford dan Stein ditinjau dari Adversity Quotient. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 63-74.




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v15i1.10954

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter


INDEXED BY: