PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN GAYA HIDUP YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN INDIHOME SEBAGAI PENYEDIA JASA INTERNET PADA KOTA MAKASSAR

Amalia Haqqi, Moh Aris Pasigai, Moh Aris Pasigai, Nasrullah Nasrullah, Nasrullah Nasrullah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan gaya hidup mempengaruhi konsumen dalam menggunakan indihome sebagai penyedia jasa internet pada kota Makassar. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan pelanggan Indihome yang berdomisili di wilayah kecamatan panakukkang kota Makassar. Sampel yang digunakan sebanyak 67 orang dipilih berdasarkan teknik random sampling. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian kuantitatif dan Instrumen penelitian yang digunakan adalah Kuisioner dan Dokumentasi. Pengolahan data penelitian adalah menggunakan statistik deskriptif  sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Regresi dengan taraf signifikansi 0,05. Melalui pengolahan data diperoleh hasil sebagai berikut : Hasil koefisien korelasi sebesar 0.775 dan koefisien determinasi sebesar 0.600 yang  berarti bahwa kualitas produk dan gaya hidup mempunyai pengaruh sebesar 60%. Kualitas produk dan Gaya hidup mempengaruhi konsumen dalam menggunakan indihome sebagai penyedia jasa internet pada kota Makassar dengan nilai F hitung sebesar 5.229 dan signifikans sebesar  0.000. Hasil uji t variabel kualitas produk sebesar 2.583 sedangkan hasil uji t variabel gaya hidup sebesar 2.127 sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel kualitas produk lebih mempengaruhi konsumen dalam menggunakan indihome sebagai penyedia jasa internet pada kota Makassar.


Full Text:

PDF

References


Danang Sunyoto. 2012. Konsep Dasar Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Yogyakarta: CAPS

Daryanto. 2013. Sari Kuliah Manajemen Pemasaran. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera

Deliyanti Oentoro. 2012. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: LakBang PRESSindo

Fandy Tjiptono. 2012. Service Manajemen, Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: CV Andi Offset

Kotler. 2012.Manajemen Pemasaran Edisi Kesebelas. Jakarta: Indeks

Kotler. 2012. Manajemen Pemasaran Edisi Ketiga Belas. Jakarta: Erlangga

Kotler, P & G. Amstrong. 2012. Principles of Marketing. New Jersey: Pearson Education Limited

Sangadji. 2013. Perilaku Konsumen, Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Andi Publisher

Sofjan. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Suharsimi. 2013. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Widiyono dan Mukhaer Pakanna. 2013. Pengantar bisnis, Respon Terhadap DInamika Global. Jakarta: Mitra Wacana Media

Yamit. 2013. Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Yogyakarta: Ekonisia

Hapsari. 2012. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Produk Telkom Speedy di Wilayah Kota Semarang. Vol. 1, No 2. (http://mahasiswa.dinus.ac.id/ diakses 21 Maret 2018)

Susanto, A. 2013. Pengaruh Gaya Hidup Remaja Terhadap Meningkatnya Perilaku Melanggar Norma Di Masyarakat. Vol. 7, No 2. (http://ejournal.upi.edu/index.php/ diakses 21 Maret 2018)

Yuliana. 2012. Pengaruh Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian Pakaian batik Tulis Danar Hadi. Jurnal Manajemen Surabaya. (https://ojs.unud.ac.id/index.php/ diakses 21 Maret 2018)




DOI: https://doi.org/10.26618/profitability.v2i1.1960

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal ilmu Manajemen Profitability is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter