Strategi Pengelolaan Dana Desa Dalam Mewujudkan Sustanaible Development Goals Di Desa Somba Palioi Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba

Abdi Abdi, Musfira Basri, Muhammad Isa Ansyari

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui rencana strategi dilakukan Kantor Desa Somba Palioi Kabupaten Bulukumba mengelola dana desa dalam mewujudkan sustainable development goals, serta hasil telah dicapai dari rencana strategi tersebut. Metode digunakan pada penelitian ini deskriptif kualitatif. Tekhnik pengumpulan data yaitu wawancara, studi dokumentasi, dan observasi.  Hasil penelitian menunjukkan, strategi digunakan dalam pengelolaan dana desa sudah cukup baik dengan menekankan strategi yang baik dan terarah sesuai aturan. Pemerintah desa telah mensosialisaikan  program SDGs namun masih banyak masyarakat  belum paham mengenai SDGs, terdapat beberapa masalah dalam pengelolaan dana desa mewujudkan sustainable development goals yaitu pemerintah telah mensosialisasikan program SDGs desa namun masih banyak masyarakat tidak paham program SDGs. Warga masyarakat hanya mengetahui program bantuan seperti BLT, BPNT, dan PKH, masih ada beberapa masyarakat belum paham mengenai program SDGs, kemudian masih terdapat pula masyarakat yang belum tersentuh dana desa. Kesimpulannya strategi dalam pengelolaan dana desa dalam mewujudkan sustainable development goals mengurangi angka kemiskinan yang dilakukan oleh Kantor Desa Somba Palioi Kabupaten Bulukmba menunjukkan hasil cukup baik karena dapat mengurangi angka kemiskinan dari tahun ke tahun meskipun belum maksimal karena masih ada beberapa masyarakat yang tidak tersentuh dari dana desa itu.

Kata kunci: Manajemen strategi, Sustainable Development Goals.

Full Text:

PDF PDF

References


Budio, S. 2019. Strategi Manajemen Sekolah.Jurnal Menata Volume2, No. 2

Danasari, N. W., & Meirinawati. (2021). Manajemen Strategi Pariwisata dalam Ketahanan Perekonomian pada Masa Pandemi Covid-19 oleh Dinas Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Mojokerto (Studi pada Ubalan Waterpark). 43–58.

Hadiwijoyo, S. sakti, & Anisa, F. diah. (2019). Perencanaan pembangunan (Y. Sri Hayati (ed.); PT RAJAGRA).

Ir. Gusmeri, M. T. D. (2019). Analisis Pengaruh Dana Desa Terhadap Penanggulangan Kemiskinan Di Kecamatan Ulee Kareng Kota Banda Aceh.

Ishartono, S. T. R. (2016). Sustainable Development Goals (SDGs). 6, 159–167.

Kartika, S. E. A. (2020). Analisis Implementasi Program dalam Menunjang Sustainable Development Goals (SDGs) dan Bina Lingkungan (PKBL) dalam Menunjang Sustainable Development Goals (SDGs).

Musri, A. O. (2020). Pelaksanaan Program Sustainable Development. UIN Suska Riau.

Nazarudin, H. (2018). Manajemen Strategik. CV. Amanah.

Nurhikma. (2020). Strategi Pengelolaan Objek Wisata Pantai Lamangkia (Studi Kasus Dinas Pariwisata Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Takalar).

Partini H. (2018). Evaluasi Pengelolaan Dana Desa (DD) dalam Meningkatkan Pembangunan Fisik Desa Balangtanaya Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar.

Patiung, M. (2019). Analisis Permasalahan, Isu Strategi dan Kebijakan Pembangunan SDGs Kabupaten Mojokerto. 19(1), 33–52.

Pratama, N. B., Purnomo, E. P., & Agustiyara, A. (2020). Sustainable Development Goals (SDGs) dan Pengentasan Kemiskinan Di Daerah Istimewa Yogyakarta. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 6(2), 64–74.

Rosana, M. (2018). Kebijakan Pembangunan Berkelanjutan Yang Berwawasan Lingkungan Di Indonesia. 1(1), 148–163.

Situmeang, D. E., Hawa, M. M., & Ismail, K. (2020). Pembangunan Berkelanjutan SDGs 2030 Goals 4 Ensure Inclusive And Equitable Quality Education And Promote Lifelong Learning Opportunities For All.

Sri Moertiningsih Adioetomo, D. (2010). Pembangunan Berkelanjutan Peran dan Konstribusi Emil Salim (Iwan J. Aziz (ed.)). KPG (Kepustakaan Populer Gramedia).

Tampila, G. (2019). Perencanaan Pengelolaan Dana Desa Dalam Pelaksanaan Pembangunan Fisik di DesaKuma Kecamatan Essang Selatan Kabupaten Kepulauan Talaud. 3(3), 1–10.

Taufiqurokhman. (2016). Manajemen Strategi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Prof. Dr. Moestopo Beragama.

Zaini, I. F. (2021). Kebijakan Sustainable Development Goals (SDGS) dalam Penanggulangan Kemiskinan Masyarakat Desa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.